• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Hindari 3 Penyebab Sifilis Ini!

Hindari 3 Penyebab Sifilis Ini!
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Salah satu jenis penyakit menular seksual yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah sifilis. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan raja singa ini bila dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya komplikasi serius yang bahkan dapat mengancam nyawa penderitanya. Untuk itu, ketahui penyebab sifilis dan juga gejala yang akan terjadi bila Anda mengalami penyakit menular seksual ini.

Penyebab Sifilis

Infeksi bakteri bernama Treponema pallidum menjadi penyebab utama yang dapat membuat seseorang mengalami sifilis atau raja singa. Namun berikut ini adalah beberapa faktor pemicu seseorang dapat tertular penyakit menular seksual ini, yaitu:

1. Berhubungan Seksual

Penularan bakteri Treponema pallidum akan sangat mudah terjadi saat melakukan kontak seksual. Segala hal yang termasuk dalam kontak seksual seperti seks vaginal, oral ataupun anal dapat memungkinkan seseorang tertular penyakit ini. Resiko tertular akan semakin meningkat jika seseorang berganti-ganti pasangan seksual, dan melakukan hubungan seksual tanpa kondom. Walaupun kondom tidak 100 persen efektif dalam mencegah penularan penyakit menular seksual, namun penggunaannya bisa menurun sedikit resiko tertular tersebut.

2. Cairan Tubuh

Media penularan sifilis juga bisa melalui cairan tubuh, seperti darah. Sifilis bisa saja menular melalui jarum suntik pada pengguna narkoba ataupun seseorang yang melakukan tato atau tindik. Penggunaan jarum suntik secara bergantian bisa saja menjadi media penularan penyakit tertentu, salah satunya adalah sifilis. Agar terhindar dari kemungkinan ini, maka Anda harus memastikan bahwa jarum suntik yang digunakan adalah yang masih steril. Anda juga harus menghindari kontak langsung dengan luka atau sariawan orang lain yang mungkin merupakan penderita sifilis.

3. Plasenta

Sifilis juga bisa menular melalui wanita hamil pada bayi yang dikandungnya, yang disebut dengan sifilis kongenital. Bayi nantinya bisa mendapatkan dampak buruk seperti gangguan organ dan bisa juga mengalami kematian.

Walaupun mudah menular, namun bakteri ini tidak akan bisa menular bila sudah berada di luar tubuh. Jadi tidak akan terjadi penularan bila memakai toilet, peralatan makanan, pakaian, kamar mandi, ataupun kolam renang yang sama dengan yang digunakan penderita.

chat

Gejala Sifilis

Gejala yang terjadi pada penderita sifilis umumnya berbeda, dan menjadi tanda tahapan yang penyakit tersebut alami, seperti:

1. Tahap Primer

Di tahap pertama yang biasanya terjadi setelah 3 minggu bakteri terpapar, akan terjadi gejala seperti munculnya luka di alat kelamin ataupun mulut. Luka akan bertahan selama 1 hingga 2 bulan, dan bisa sembuh sendiri walau tidak dilakukan pengobatan.

2. Tahap Sekunder

Penderita akan mengalami kemunculan ruam merah di telapak tangan dan kaki, demam, radang tenggorokan, kutil kelamin, dan nafsu makan yang menurun. Gejala ini akan terjadi hingga 1 sampai 3 bulan. Pada tahap primer dan sekunder ini, bakteri sangat mudah menular bila dilakukan kontak seksual.

3. Tahap Laten

Di tahap ini, penderita tidak mengalami gejala, namun bakteri masih berada di tubuh penderita. Di saat ini lah biasanya sifilis tidak diketahui sehingga tidak tertangani, akhirnya sifilis memasuki tahap yang lebih membahayakan.

4. Tahap Tersier

Penderita kemungkinan akan mengalami kerusakan organ bila sifilis sudah memasuki tahap ini. Bahkan sifilis juga bisa menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa karena komplikasi kerusakan organ yang terjadi.

Dengan mengetahui gejala dan juga penyebab sifilis di atas, maka diharapkan Anda lebih mewaspadai keberadaan penyakit menular seksual satu ini. Bila dirasakan adanya gejala yang terjadi, tak perlu ragu untuk memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan