• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Hati-Hati Pada Ciri Ciri Penyakit Raja Singa

Hati-Hati Pada Ciri Ciri Penyakit Raja Singa
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Raja singa atau sipilis merupakan penyakit menular seksual yang terjadi karena infeksi bakteri Treponema pallidum. Bagi pria dan wanita yang sudah aktif secara seksual sangat memungkinkan tertular penyakit ini, terlebih pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan seksual, ataupun penderita HIV. Karena penyakit ini terbilang berbahaya, maka Anda harus mengetahui ciri ciri penyakit raja singa.

Ciri ciri penyakit raja singa akan berbeda tergantung pada tahapan atau fase yang dilalui oleh penyakit tersebut. Umumnya jika raja singa tidak ditangani di tahap awal, maka dapat berkembang dan menjadi lebih parah. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

1. Tahap Primer

Gejala umumnya muncul setelah 10 hari sampai 3 bulan setelah bakteri pertama kali menginfeksi, dimana akan muncul luka pada area tempat bakteri masuk ke dalam tubuh, misalnya pada alat kelamin, lidah, mulut, bibir ataupun anus. Luka ini tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

2. Tahap Sekunder

Setelah 6 hingga 12 bulan dari kemunculan luka, maka gejala lain yang akan timbul yaitu adanya ruam pada bagian tubuh manapun, walaupun lebih sering ditemukan pada telapak kaki atau tangan. Selain itu juga akan disertai gejala demam, merasa mudah lelah, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, dan juga kutil kelamin. Pada tahap primer dan sekunder ini, ketika gejala mulai hilang, bukan berarti sipilis juga sudah sembuh. Karena sebenarnya sipilis masih sangat bisa menular pada orang lain, bahkan bisa berkembang menjadi lebih parah bila tidak juga ditangani.

chat

3. Tahap Laten

Setelah tahap sekunder, dan pengobatan juga tidak dilakukan, maka sipilis akan masuk pada tahap laten. Di tahap ini tidak ada gejala yang terjadi, sehingga keberadaan raja singa atau sipilis seringkali terabaikan. Mendeteksi penyakit sipilis pada tahap laten hanya bisa dilakukan melalui pemeriksaan darah.

4. Tahap Tersier

Pengabaian, ataupun keterlambatan melakukan pengobatan, akan membuat sipilis dapat berkembang hingga tahap tersier, walaupun jarang kasus dimana sipilis mencapai tahap ini, namun tetap harus diwaspadai. Pada tahap ini, raja singa dapat membuat kerusakan pada organ lain seperti mata, otak, saraf, pembuluh darah dan juga jantung. bukan tak mungkin, komplikasi dari kerusakan organ ini dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, agar kemungkinan berbahaya ini dapat dihindari, maka sebaiknya segera periksakan diri Anda jika mengalami ciri ciri penyakit raja singa. Pengobatan yang dilakukan sejak dini akan lebih baik, karena penyakit ini bisa segera ditangani sehingga tidak membahayakan nyawa penderita.

Periksakan diri Anda ke Klinik Utama Gracia agar permasalahan Anda dapat segera ditangani dengan tepat. Anda juga dapat terlebih dulu berkonsultasi pada staf kami melalui layanan chatting online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan