• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Hati-Hati! Infeksi Kutil Kelamin Pada Remaja Juga Terjadi

Hati-Hati! Infeksi Kutil Kelamin Pada Remaja Juga Terjadi
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

Kutil kelamin pada remaja saat ini juga bisa terjangkit secara umum, dimana sebagian besar remaja dengan usia produktif mungkin akan jauh lebih rentan untuk mendapatkan sebuah infeksi. Penyakit kutil kelamin pada remaja adalah infeksi menular di sekitar alat kelamin yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ini adalah salah satu PMS yang paling umum, yang mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria disegala usia.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan ginekologis maupun andrologis untuk menentukan ada tidaknya infeksi virus kutil kelamin pada seseorang. Mereka ditularkan melalui kontak kulit (secara langsung) dengan orang yang telah positif terinfeksi HPV. Cara untuk mencegah kondisi ini, penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman dan terlindungi dengan pasangan terbatas (monogami).

Gejala Kutil Kelamin Pada Remaja

Kutil ini disebabkan oleh virus yang disebut HPV, dimana virus menggabungkan dirinya ke dalam DNA sel untuk berkembang dan menyebarkan infeksinya keseluruh bagian tubuh seseorang. Selain menyebabkan adanya resiko munculnya kutil kelamin pada remaja, seseorang yang telah melakukan kontak seksual secara aktif juga cenderung untuk mendapatkan kondisi infeksi menular lain atau kanker serviks yang disebabkan oleh adanya infeksi HPV.

Gejala kutil kelamin mungkin akan lebih dirasakan seperti:

o Munculnya benjolan daging tumbuh pada area alat kelamin atau sekitarnya

o Tidak menimbulkan rasa sakit

o Berbentuk seperti kembang kol atau jengger ayam

o Tumbuh secara satuan

Baca Juga: Kutil Kelamin Pada Wanita Bisa Berisiko Kanker Serviks

chat

Bahaya Kutil Kelamin Pada Remaja

Kutil kelamin pada remaja umumnya akan lebih mengembangkan kondisi yang cukup kompleks atau lebih dirasakan pada jangka panjang. Apa saja jenis bahaya atau risiko yang dapat terjadi jika kutil kelamin menginfeksi remaja?

o Daya tahan tubuh yang rentan

Usia remaja saat ini mungkin tidak memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang baik, sehingga jika terjadi sebuah infeksi, maka tentunya dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya secara keseluruhan dan memudahkan adanya berbagai infeksi lain untuk berkembang.

o Infeksi HIV atau kanker serviks

Remaja yang terkena infeksi HPV tentunya akan lebih rentan untuk mengembangkan infeksi lain didalam tubuhnya akibat daya tahan tubuh yang menurun. Sehingga kemungkinan lain untuk infeksi tentu bisa terjadi bahkan hingga infeksi menular lain seperti HIV. Sedangkan untuk remaja wanita, sebagian besar dalam jangka panjang akan memiliki kemungkinan terhadap kondisi abnormal seperti kanker serviks.

o Kerusakan Sistem Jangka Panjang

Seseorang yang mengalami infeksi seperti kutil kelamin pada remaja atau sejak dirinya berusia dini tentunya ini juga akan lebih berpengaruh pada keseluruhan sistem didalam tubuhnya. Bahkan mungkin ketika dirinya sudah melakukan pengobatan, hal ini terjadi karena virus yang ada didalam tubuh orang tersebut masih memiliki kemungkinan berkembang dalam jangka panjang. Yang artinya juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk memiliki gejala berulang atau kambuhan selama masa hidupnya.

Pastikan Pengobatan Anda Dilakukan Sedini Mungkin

Jika Anda memiki keluhan atau gejala yang mengarah pada kondisi seperti tumbuhnya sebuah daging atau benjolan abnormal pada area genital. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan atau konsultasikan dengan tenaga medis terkait guna pengobatan dan pemeriksaan yang lebih tepat untuk kondisi kesehatan Anda nantinya.

Perlu Anda ketahui jika virus HPV penyebab kutil kelamin pada remaja juga bisa ditularkan tanpa adanya kontak maupun penetrasi seksual. Sehingga Anda juga harus bisa memiliki beberapa tindakan perlindungan atau pencegahan yang lebih tepat untuk diterapkan. Jangan biarkan keluhan Anda menjadi berbahaya dengan menunda sebuah pemeriksaa, karena bahaya juga bisa berlangsung tanpa dapat Anda sadari.

Konsultasikan Keluhan Anda Pada Kami!

Klinik Utama Gracia adalah klinik khusus kesehatan organ reproduksi baik pria maupun wanita yang hadir sebagai solusi terbaik, dengan segala keunggulannya untuk Anda yag membutuhkan pelayanan kesehatan secara efektif bagi setiap keluhan genital pria dan wanita. Cari tahu lebih banyak tentang keluhan Anda dengan melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan kami sekarang.

Anda dapat melakukan konsultasi awal secara gratis dengan klik link chat dokter kami atau lakukan teledokter langsung di 081336361555 . Ini adalah bagian dari akses kemudahnan Anda untuk mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan, chat atau telepon Anda akan dilayani langsung dengan dokter atau tenaga medis profesional kami.

Baca Juga: Hati-Hati! Fatalnya Dampak Kutil Kelamin Pada Pria

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan