• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Hati-Hati Dengan 7 Penyebab Ambeien yang Sering Terjadi

Hati-Hati Dengan 7 Penyebab Ambeien yang Sering Terjadi
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Kondisi ketika seseorang menderita ambeien cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, ketika anda ambeien anda akan merasakan ketidaknyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas yang anda jalani. Seperti ketika duduk, maka akan sangat menganggu anda. Ambeien yang sudah terjadi, mungkin akan sedikit sulit untuk disembuhkan, namun anda bisa melakukannya dengan melakukan beberapa hal. Penyebab ambeien secara pasti hingga saat ini pun belum diketahui.

Apa itu Ambeien?

Mungkin anda sering bertanya apa itu ambeien, mengapa ambeien bisa terjadi pada tubuh anda. Ambeien secara medis sendiri, dikenal dengan terjadinya pembengkakan pada bagian rektum. Rektum sendiri berada didalam anus. Sangat sulit memang mencegah timbulnya ambeien jika anda sudah mengalami tanda-tanda pada ambeien itu sendiri.

Pembengkakan pada bagian anus tersebut akan membesar dan keluar dari anus ketika ambeien sudah semakin parah. Maka sebaiknya memang anda melakukan pemeriksaan dokter sejak pertama kali mengalami ambeien. Hal ini mencegah kondisi ambeien yang lebih parah.

Meskipun ambeien terkadang bukanlah kondisi yang serius, tetapi jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi tubuh anda. Sehingga anda pun harus sering melakukan pemeriksaan kondisi ambeien anda, apakah ambeien tersebut masih bisa anda sembuhkan dan pembengkakan bisa kempis kembali.

chat

 

Penyebab Ambeien

Seperti sudah dijelaskan, bahwa penyebab pasti terjadinya ambeien belum diketahui. Namun ada beberapa dugaan yang menjadi pemicu munculnya ambeien dan kondisi ini menjadi kondisi yang sering terjadi. Berikut beberapa penyebab ambeien yang sering terjadi.

Terlalu Sering Duduk

Mungkin anda sebagai seorang pegawai yang selalu duduk di depan komputer setiap harinya, duduk terlalu lama tidak cukup baik untuk kesehatan anda, hal tersebut pun menjadi pemicu ambeien. Usahakan anda setiap jam bangun dari bangku anda, untuk sekedar memberikan peregangan sejenak demi menghindari terjadinya ambeien.

Sering Mengangkat Berat

Ambeien juga disebabkan oleh seringnya mengangkat berat.  Jika anda merupakan orang yang sering mengangkat berat, maka tekanan dari atas tersebut dapat menyebabkan anda mengalami pembengkakan pada bagian anus, dan menyebabkan ambeien pada tubuh anda. Hindari terlalu sering dalam mengangkat berat, agar anda bisa terhindar dari ambeien.

Diare

Diare adalah kondisi terlalu sering melakukan buang air besar (BAB) namun feses yang dikeluarkan lebih sedikit dan lebih cair. Karena terlalu sering dalam melakukan bab, maka penderita diare akan mengalami ambeien, karena seringnya mengejan.

Obesitas

Obesitas akan menyebabkan bagian panggul mengalami tekanan, sehingga menyebabkan melemahnya pembuluh darah pada bagian rektum. Selain itu, umumnya para penderita obesitas sering kurang asupan serat, dan jarang melakukan olahraga sehingga membuat mereka mengalami ambeien.

Kurang Konsumsi Serat

Makanan yang memiliki cukup banyak serat cukup mudah ditemukan. Jika anda jarang mengkonsumsi serat, maka anda akan lebih mudah terserang ambeien. Penyebab ambeien yang paling sering terjadi adalah kurang mengkonsumsi makanan berserat. Akibat dari kurang serat, menyebabkan anda mengalami kesulitan dalam mengeluarkan kotoran dari anus dan membuat bagian anus akan mengejan lebih keras.

 

Kehamilan

Wanita hamil lebih mudah terserang ambeien. Faktor kehamilan hampir sama dengan faktor obesitas. Disebabkan oleh adanya tekanan berlebih pada area panggul dan rektum, sehingga pembuluh darah tertekan dan membengkak akibat dari tekanan tersebut.

Usia

Faktor terakhir yang menjadi penyebab ambeien yang paling umum dan sering terjadi adalah usia. Seiring bertambahnya usia, maka menyebabkan otot dan pembuluh darah di seluruh tubuh menjadi melemah, termasuk pembuluh darah dibagian rektum dan anus, yang menimbulkan terjadinya pembengkakan.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan