• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Hati-Hati, Bahaya Penyakit Sipilis Mengintai Anda

Hati-Hati, Bahaya Penyakit Sipilis Mengintai Anda
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )



Sipilis adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Bahaya penyakit sipilis dapat membawa berbagai komplikasi yang menyebabkan berbagai gejala yang dapat menghambat kehidupan sehari-hari seseorang. Dan dikenal sebagai peniru ulung karena dapat meniru gejala penyakit medis lainnya.

Dengan kita mengetahui bahaya penyakit sipilis maka dapat melindungi diri dari bahaya penyakit sipilis yang serius. Sipilis adalah infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit yang pecah didaerah sekitar alat kelamin seperti vagina, penis atau anus. Dan dapat menyebar melalui kontak dengan luka sipilis dan diteruskan saat berciuman atau berhubungan seks tanpa kondom. Sebelum penyakitnya bertambah semakin parah dan menimbulkan bahaya penyakit sipilis yang lainnya. Sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk di tindak lanjuti.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis

Sipilis disebabkan oleh bakteri (mikroorganisme) yang dikenal sebagai Treponema Pallidum dan melalui kontak seksual dengan orang yang sudah terinfeksi. Infeksi ini terkadang didapat dari ciuman yang termasuk infeksi oral, atau dari ibu yang terinfeksi dapat menularkan sipilis ke janin didalam rahimnya dan disebut dengan sipilis kongenital.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Raja Singa

Berbagai Gejala Yang Ditimbulkan Penyakit Sipilis

Gejala penyakit sipilis ada beberapa tahapan, diantaranya:

• Sipilis Primer

Sipilis yang pada awalnya dapat menyebabkan luka atau bisul disekitar area genital, mulut atau tenggorokan sekitar 10-90 hari (antara 21 hari) setelah infeksi. Luka-luka ini disebut chancre yang dapat berupa ukuran atau bentuk apapun. Tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berdarah dan dapat terasa seperti tekstur yang keras dikulit. Terkadang luka-luka ini bersifat internal dan disebut tahap utama sipilis. Jika tidak segera ditangani, lukanya biasanya hilang setelah beberapa minggu, namun infeksi sipilis tetap didalam tubuh dan orang tersebut masih bisa menularkannya.

• Sipilis Sekunder

Sekitar 2 sampai 6 bulan setelah terinfeksi, tahap sekunder baru terjadi. Gejalanya kemungkinan termasuk penyakit seperti flu, ruam pada telapak tangan dan telapak kaki, kelenjar yang membengkak, mirip kutil yang seperti gumpalan disekitar area tubuh yang basah dan rambut rontok. Beberapa orang juga mengalami sakit kepala, kelelahan dan adanya rasa nyeri di tulang, otot dan sendi. Gejala-gejalanya bisa menghilang namun masih bisa menularkannya.

• Sipilis Laten

Orang tersebut tidak memiliki tanda atau gejala akan tetapi bisa menularkannya ke orang lain. Satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa terkena atau menderita sipilis laten dengan melakukan tes darah.

• Sipilis Tersier

Orang tersebut tidak bisa menularkannya. Satu-satunya cara agar mengetahui bahwa mengidap sipilis tersier adalah dengan melakukan tes darah. Dan jika penyakitnya tidak segera ditangani akan menimbulkan bahaya penyakit sipilis yang lebih serius lagi.

chat

Bahaya Penyakit Sipilis Yang Tidak Ditangani

Selama tahap sipilis tersier, luka kecil dan lunak dapat terjadi pada tulang, kulit, jaringan sistem saraf atau arteri jantung atau otak. Karena pada luka ini dapat mengkomplikasi kesehatan lainnya, individu ini sangat rentan terhadap serangan jantung, kelumpuhan, kebutaan, stroke, mati rasa dan demensia. Sipilis tersier bisa mematikan. Sementara pengobatan dengan antibiotik dapat mengurangi infeksi sipilis bahkan selama tahap tersier, namun tidak dapat mengembalikan kerusakan secara permanen yang terjadi pada tubuh dengan kompliaksi yang berhubungan dengan penyakit sipilis. Komplikasi atau bahaya penyakit sipilis kemungkinan termasuk:

• Masalah kardiovaskular (aortitis dan aneurisma).
• Luka destruktif kulit dan tulang (gummas).
• Neurosifilis.
• Syphilitic myelopathy atau komplikasi yang melibatkan kelemahan otot dan sensasi abnormal.
• Meningitis sipilis.

Selain itu, sipilis sekunder yang tidak ditangani selama kehamilan dapat menyebarkan penyakit ke bayi yang sedang berkembang dan disebut sipilis kongenital.

Pengobatan Penyakit Sipilis

Biasanya menggunakan antibiotik atau salah satu pengobatan untuk sipilis yang sangat efektif. Selain itu, usakahan tidak melakukan hubungan seksual selama 2 minggu setelah perawatan dan menjauhkan diri dari kontak seksual dengan pasangan baru sampai semua luka sembuh sepenuhnya.

Pasangan seksual Anda yang kemungkinan memiliki infeksi juga harus melakukan pemeriksaan diri dan kemungkinan juga harus melakukan perawatan juga. Selain itu harus melakukan tes darah lanjutan untuk memastikan bahwa infeksi merespons perawatan. Penyakit sipilis bisa diobati lebih awal jika sudah adanya diagnosis, dan sangat penting untuk mengobati semua pasangan seksual Anda yang didiagnosis penyakit sipilis.

Untuk menghindari segala bahaya penyakit sipilis maka segera lakukan pengobatan penyakit sipilis dan Anda tidak perlu khawatir serta bingung lagi. Klinik Utama Gracia solusinya. Klinik yang menangani berbagai masalah penyakit kelamin. Selain itu ditangani oleh dokter spesialis yang sudah ahli dan berpengalaman didalam bidangnya. Didukung dengan perawatan medis terbaru yang sudah canggih dan modern.

Klinik Utama Gracia adalah rekomendasi dari semua masyarakat yang ingin melakukan pengobatan penyakit kelamin. Karena sudah terbukti banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lain seputar penyakit kelamin, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan