• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Hal Sepele Ini Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Hal Sepele Ini Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kencing
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Infeksi saluran kencing merupakan salah satu gangguan pada saluran kencing, dimana gangguan ini terjadi karena infeksi urethra yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada urethra. Kondisi ini lebih sering menyerang wanita, dibandingkan pria. Penyebab infeksi saluran kencing pun cukup beragam. Untuk itu kita akan mengulas satu per satu. Sehingga anda dapat terhindar dari ISK.

Tentunya ketika anda mengalami ISK, anda akan merasakan hal-hal yang tidak nyaman. Ketidaknyaman tersebut dikarenakan saat kita kencing. Tentunya hal ini ingin segera kita selasaikan, dan kita dapat beraktivitas secara normal kembali. Memang ISK tidak ada yang tahu kapan akan terjadi.

Pasti anda juga selalu bertanya-tanya, apa sih yang menyebabkan seorang mengalami ISK. Ada beberapa hal yang menyebabkan infeksi saluran kencing yang sering terjadi. Tentunya anda harus menghindari penyebab ISK ini, sehingga anda bisa terhindar dari ISK.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Bakteri

Salah satu infeksi pada saluran kencing biasanya disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan seorang mengalami ISK adalah Eschericia Coli. Bakteri tersebut biasa hidup didalam saluran pencernaan, dan jika dalam jumlah yang cukup banyak, maka bakteri akan menyebabkan infeksi pada saluran kencing anda.

Kurang Menjaga Kebersihan

Hal lain yang menyebabkan seorang mengalami ISK dikarenakan kurang menjaga kebersihan organ kelamin. Karena bakteri senang hidup di tempat-tempat kotor, termasuk hidup di area kelamin yang kotor. Biasanya bakteri menyerang organ saluran kencing, karena saat anda kurang bersih ketika mencebok. Sehingga bakteri masuk kedalam urethra dan menyebabkan infeksi.

chat

Kurang Minum

Maksudnya minum, bukan minum dalam segala jenis cairan tetapi meminum air putih. Konsumsilah cukup banyak air putih. Karena kurang meminum air putih dapat menyebabkan bakteri menumpuk didalam saluran kencing dan menyebabkan infeksi pada saluran kencing. Perbanyaklah meminum air putih, karena dengan mengkonsumsi air putih dapat mengeluarkan bakteri dari dalam tubuh.

Terdapat beberapa orang yang beresiko terkena infeksi saluran kencing. Terutama mereka yang mengalami penyebab infeksi saluran kencing karena komplikasi dari penyakit lainnya, seperti beberapa penyakit ini:

- Diabetes
- Kehamilan
- Penderita batu ginjal
- Kelainan struktur kemih
- Wanita menopause
- Seorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah

Orang-orang tersebutlah yang lebih beresiko terkena ISK. Maka hindari ISK. Mungkin anda juga bertanya-tanya apa saja gejala yang biasa muncul dan terjadi pada penderita ISK. Ada beberapa gejala yang sering muncul.

Gejala ISK

Nyeri Saat Kencing

Saat anda mengalami ISK, biasanya anda akan mengalami rasa nyeri atau sakit ketika buang air kecil. Rasa sakit selalu terjadi ketika anda kencing, dan membuat anda malas untuk kembali buang air kecil karena rasa sakit.

Sering Kencing

Ketika anda sedang menderita ISK, maka anda akan selalu buang air kecil. Bahkan dalam satu jam anda bisa buang air kecil lebih dari tiga kali. Hal ini tentunya akan melelahkan anda, apa lagi anda harus bolak-balik ke kamar mandi.

Gejala lain yang sering muncul bagi penderita ISK adalah sering ingin kencing ketika malam hari. Bahkan menyebabkan anda harus terbangun dari tidur anda hanya untuk buang air kecil, sehingga sangat melelahkan.

Kencing keluar darah

Jika ISK sudah semakin parah, terkadang penderitanya mengalami kencing disertai darah. Karena itu jika air urine anda sudah bercampur darah, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar ISK anda dapat diatasi sesegera mungkin.

Jika anda sudah mengetahui penyebab infeksi saluran kencing, maka segeralah untuk melakukan pengobatan sejak dini. Karena anda bisa terhindar dari ISK yang semakin parah. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ke Klinik Utama Gracia untuk mengobati ISK.

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan