• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Guys, Ternyata Ini 4 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis Pada Wanita

Guys, Ternyata Ini 4 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Penyakit kelamin yang sering menular tidak hanya HIV dan AIDS saja. Terdapat satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi menular dan cukup sering menyerang yakni sifilis. Sifilis atau dikenal juga dengan penyakit raja singa dapat menyerang pria dan wanita, kita akan bahas ciri-ciri penyakit sifilis pada wanita.

Mengapa harus wanita? Karena wanita lebih rentan tertular penyakit raja singa dibandingkan pria. Penyakit sifilis pada wanita merupakan penyakit yang dapat hidup cukup lama di dalam tubuh, bahkan virus penyebab sifilis dapat hidup di dalam tubuh selama seumur hidup.

Sifilis adalah penyakit yang tertular dari hubungan seks, baik itu seks kelamin, seks anal, dan seks oral menyebabkan seseorang tertular penyakit raja singa. Sifilis disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Bakteri tersebut hanya dapat menular melalui pajanan tubuh, termasuk dari jarum suntik dan jarum untuk tattoo.

Sifilis tidak dapat menular melalui pemakaian pakaian yang sama dari penderita sifilis, berenang satu kolam dengan penderita sifilis, menggunakan alat makan yang sama, maupun menggunakan toilet yang sama. Karena bakteri treponema tidak dapat hidup di luar tubuh manusia.

Ciri-Ciri Penyakit Sifilis Pada Wanita

Seperti sudah dijelaskan di awal, bahwa penyakit sifilis dapat hidup seumur hidup di dalam tubuh, jika sejak awal tertular hingga bertahun-tahun penyakit raja singa tersebut tidak di obati. Penyakit sifilis memiliki empat tahap, mulai dari tahap primer, sekunder, tersier, dan tahap laten.

Tanda-tanda dari setiap tahapan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pada tahap mana ia tertular. Namun di tahap awal, penyakit sifilis jarang menunjukan gejalanya pada wanita. Berikut kita akan bahas ciri-ciri penyakit sifilis pada wanita sesuai dengan tahapannya.

Penyakit Sifilis Tahap Awal

Gejala awal sifilis akan muncul sekitar 10 hari hingga tiga bulan setelah tertular treponema. Gejala yang umum akan muncul pada vagina anda. Apabila pernah melakukan hubungan seks dengan penderita seks kelamin, maka akan muncul lesi atau luka pada vagina.

Selain pada vagina, luka juga dapat muncul pada mulut maupun anus. Hal itu dapat terjadi apabila seseorang pernah melakukan seks oral maupun seks anal pada penderita sifilis dan akan tertular kepada dirinya.

chat

Luka atau lesi memiliki bentuk seperti gigitan serangga, dan sering diabaikan oleh penderitanya. Hal tersebut karena luka yang muncul tidak menimbulkan rasa sakit. Luka atau lesi tersebut akan hilang sendiri tanpa diobati sekitar 1-2 bulan setelah terpapar.

Penyakit Sifilis Tahap Kedua

Ciri-Ciri penyakit sifilis pada wanita di tahap kedua, akan muncul berbagai ruam atau luka pada bagian tubuh tertentu. Umumnya pada tahap kedua ini, luka akan muncul pada telapak tangan maupun pada telapak kaki. Luka juga akan muncul dibagian punggung dan dada.

Biasanya pada wanita, akan muncul semacam kutil pada vagina, serta pertumbuhan kutil pada anus. Gejala lain yang muncul pada tahap kedua ini lebih sering mirip dengan flu. Dimana anda akan mengalami demam, mudah lelah, sakit kepala, demam, serta sendi-sendi terasa sakit.

Jika anda telah memasuki tahap kedua, dan belum juga melakukan pengobatan maka sifilis akan masuk ke tahap laten atau tahap ketiga.

Penyakit Sifilis Pada Tahap Ketiga

Meskipun bakteri masih berada di dalam tubuh, tetapi pada tahap ketiga ini sifilis tidak menunjukan gejala apapun pada penderitanya. Sehingga terkadang banyak penderita yang merasa bahwa sifilis yang sudah ada di tubuhnya sudah hilang dan tidak ada lagi. Padahal, bakteri sifilis pada tahap ini sedang mempersiapkan diri untuk menyerang organ tubuh lainnya, apabila tidak juga di obati.

Penyakit Sifilis Pada Tahap Keempat

Penyakit sifilis pada tahap keempat ini merupakan tahap yang paling berbahaya bagi setiap penderitanya. Karena dapat menyebabkan kematian pada penderitanya jika tidak juga terobati. Selain kematian, bakteri akan menyerang organ penting seperti limfa, hati, jantung, otak, dan juga mata.

Segeralah melakukan pengobatan, ketika anda menemukan luka yang tak biasa pada vagina. Sehingga penanganan lebih awal dapat dilakukan. Dan anda bisa terhindar dari penyakit sifilis pada wanita yang lebih parah. Ciri-ciri penyakit sifilis pada wanita yang disebutkan di atas dapat anda jadikan informasi berharga untuk anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan