• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Gonorrhea Adalah Salah Satu Penyakit Menular Seksual

Gonorrhea Adalah Salah Satu Penyakit Menular Seksual
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Gonorrhea adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan karena bakteri Neisseria gonorrhoeae. Nama lain dari gonorrhea adalah kencing nanah. Nama ini diberikan karena gejala yang dialami oleh penderitanya yaitu keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin yang terinfeksi. Penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan bisa menginfeksi vagina, penis, leher rahim, saluran kencing dan saluran sperma, dubur, mata dan juga tenggorokan.

Gejala Gonorrhea

Gejala gonorrhea pada pria dan wanita akan berbeda. Biasanya gejala ini akan muncul setelah 14 hari dari pertama Anda terinfeksi. Namun adapula penderita yang tidak mengalami gejala.

1. Gejala Pada Pria

Sebagian besar pria tidak mengalami gejala apapun ketika terinfeksi gonorrhea. Namun biasanya gejala yang mungkin muncul seperti rasa panas seperti terbakar saat buang air kecil. Adapula gejala lain seperti sering buang air kecil, keluar cairan berwarna putih, kuning, krem atau kehijauan dari penis, terjadi bengkak dan kemerahan pada bukaan penis, terjadi bengkak dan nyeri di testis, dan juga sakit yang terus menerus pada tenggorokan.

2. Gejala Pada Wanita

Gejala pada wanita kadang sulit diidentifikasi, karena kemiripan gejala dengan infeksi lain, seperti infeksi jamur vagina. Gejala yang umumnya muncul seperti keluarnya cairan berair, berbentuk krim, dan berwarna kehijauan pada vagina, nyeri dan panas ketika buang air kecil, sering buang air kecil, ada bercak darah ketika sedang tidak haid, nyeri saat berhubungan seksual, nyeri di perut bagian bawah dan panggul, terjadi bengkak di vulva, terasa panas atau terbakar pada tenggorokan biasanya setelah melakukan oral seks, dan juga demam.

chat

Pengobatan Gonorrhea

Pengobatan gonorrhea adalah dengan memeriksakan kondisi yang Anda alami ke dokter. Pertama-tama dokter akan melakukan diagnosis berdasar hasil tes yang dilakukan dengan mengambil sampel cairan yang berasal dari urethtra pria atau serviks wanita. Dokter juga akan memeriksa area anus dan tenggorokan untuk memastikan apakah terjadi infeksi pada area tersebut. Kemudian tes diperiksa di lab. Bila hasil menunjukkan positif, maka dokter akan segera memberi perawatan.

Perawatan akan dilakukan dengan memberi antibiotik yang bisa diminum ataupun disuntikkan. Antibiotik yang disuntik akan diberikan satu kali, selanjutnya akan diberikan antibiotik yang diminum. Antibiotik ini harus dihabiskan sesuai pemberian dokter, walaupun kondisi Anda sudah membaik.

Pengobatan juga harus dilakukan bersama pasangan, walaupun pasangan tidak menunjukkan gejala apapun. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan infeksi.
Jika gonorrhea tidak diobati, maka bisa terjadi radang panggul, dan merusak tuba fallopi pada wanita. Gonorrhea juga bisa menyebabkan ketidaksuburan serta meningkatnya resiko terjadinya kehamilan ektopik.

Sementara pada pria, yang mungkin menjadi komplikasi gonorrhea adalah terjadinya epididimis yang bisa menjadi penyebab infertilitas. Gonorrhea juga bisa membuat terjadinya masalah di prostat, serta membuat luka pada urethtra sehingga Anda akan kesulitan buang air kecil.

Mencegah Penularan Gonorrhea

Untuk mencegah tertularnya gonorrhea, maka Anda disarankan untuk menggunakan pengaman ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu lebih baik tidak bergonta-ganti pasangan seksual, karena bisa menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual lain, bukan hanya gonorrhea.

Jika Anda merasakan adanya gejala gonorrhea pada tubuh Anda, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter. Semakin cepat dilakukan pengobatan atau penanganan yang tepat, maka akan semakin cepat dan mudah Anda untuk sembuh. Konsultasikan kondisi Anda pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang sudah tersedia pada halaman ini. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan