• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Girl, Ternyata Ini Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu

Girl, Ternyata Ini Penyebab Keputihan Berwarna Putih Susu
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Kondisi keputihan memang cukup mengkhawatirkan bagi hampir seluruh wanita. Meskipun keputihan bukanlah kondisi yang selalu mengkhawatirkan bagi setiap wanita, karena keputihan terkadang merupakan kondisi yang normal terjadi pada tubuh wanita selain menstruasi. Terkadang yang mengkhawatirkan adalah ketika keputihan berwarna putih susu. Apa penyebab keputihan berwarna putih susu?

Kenapa harus selain menstruasi? Karena keputihan hanya keluar dari dalam vagina seperti menstruasi, namun keputihan bukanlah darah yang keluar dari vagina melainkan lendir berwarna putih yang keluar dari vagina. keputihan ini keluar untuk melindungi vagina dari infeksi virus dan jamur. Apakah jika anda mengalami keputihan berwarna putih susu itu adalah tanda bahaya pada tubuh anda.

Jika anda mengalami keputihan tersebut, maka itu merupakan tanda ada hal yang tidak normal dalam tubuh anda. Sebelum anda mengetahui mengapa keputihan anda berwarna putih seperti susu, maka anda juga harus tahu bagaimana ciri atau tanda dari keputihan yang normal.

chat

Ciri-ciri keputihan normal

  • Keputihan berwarna putih bening
  • Keputihan tidak disertai rasa gatal
  • Keputihan yang tidak berbau
  • Jumlah lendir yang keluar tidak berlebihan
  • Tidak disertai rasa nyeri

Itulah tanda keputihan normal yang harus anda ketahui dengan baik. Namun jika anda mengalami keputihan sebaliknya, yakni tidak seperti apa yang disebutkan seperti diatas. Maka keputihan yang anda alami tidak normal, dan itu menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami masalah pada organ reproduksi anda.

Penyebab Keputihan berwarna Putih Susu

Jika anda bertanya apa penyebab keputihan berwarna putih susu, maka keputihan tersebut disebabkan oleh infeksi jamur, pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada vagina, dan adanya infeksi protozoa yang menyerang organ reproduksi anda. Sehingga anda harus segera mengatasinya dengan melakukan pengobatan.

Keputihan berwarna putih susu biasanya akan timbul menjadi semacam gumpalan-gumpalan yang akan terlihat pada celana dalam anda. Terkadang keputihan tersebut disertai dengan bau yang tidak sedap, dengan disertai rasa gatal yang bisa tidak tertahankan.

Tanda lain yang timbul karena keputihan berwarna putih susu biasanya juga menimbulkan rasa nyeri yang cukup parah pada tubuh wanita. Termasuk rasa sakit ketika berhubungan seks dan usai berhubungan seks. ketika anda menemukan gejala tersebut, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi keputihan yang tidak normal pada tubuh anda tersebut.

Karena dengan melakukan pemeriksaan, anda bisa mengetahui diagnosis dari penyebab keputihan yang anda alami. Sehingga anda bisa menjaga kesehatan pada organ reproduksi anda dengan lebih baik tanpa adanya hal-hal lain. Anda juga tidak usah melakukan hubungan seks terlebih dahulu hingga keputihan abnormal ini kembali normal.

Cara Menangani Keputihan Berwarna putih Susu

Apabila anda sudah mengalami keputihan dengan warna putih susu, maka anda sudah seharusnya dapat menjaga kebersihan tubuh kamu menjadi lebih baik lagi. Dan agar bisa terhindar dari infeksi bakteri, jamur, dan protozoa.

Ketika anda ke dokter, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah dengan mengkonsumsi obat anti bakteri yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi keputihan. Selain itu, anda juga bisa melakukan perawatan mandiri di rumah dengan melakukan hal-hal ini:

  • Selalu menjaga kebersihan pada vagina
  • Hindari penggunaan pembersih kimia untuk mengatasi keputihan
  • Jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat
  • Jangan bergonta-ganti pasangan seks
  • Hindari kondisi lembab pada vagina

Hal-hal itu dapat menghindari anda dari penyebab keputihan berwarna putih susu. Apabila anda sudah mengalami keputihan berwarna putih susu, dan anda ingin melakukan pengobatan, maka anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan