• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Gejala Sistitis Pada Pria Dan Wanita

Gejala Sistitis Pada Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Gejala sistitis atau gejala peradangan pada kandung kemih merupakan bagian dari adanya infeksi saluran kemih (ISK) yang cukup kronis. Kebanyakan untuk kasus sistitis atau infeksi saluran kemih (ISK) biasanya akan lebih mempengaruhi wanita dari pada pria. Selain itu gejala sistitis juga lebih sering terjadi pada wanita yang aktif secara seksual, untuk wanita hamil, dan wanita yang memiliki diabetes (gula darah) namun biasanya tidak terdiagnosis sebelumnya.

Gejala sistitis juga bukan berarti tidak bisa dirasakan oleh pria, namun ketika seorang pria merasakan gejala peradangan tersebut tentu itu akan lebih memperburuk kondisinya. Setiap orang dari berbagai usia bisa memiliki kesempatan lebih untuk mendapatkan infeksi sistitis ini. Dan setiap orang juga akan mengembangkan beberapa gejala yang terkadang dapat dirasakan dari tahap yang ringan hingga yang menyakitkan.

Penyebab Infeksi Sistitis Pada Pria Dan Wanita

Kebanyakan keluhan sistitis biasanya disebabkan oleh bakteri yang hidup diusus besar atau saluran gastrointestinal (GI). Yang mana jenis bakteri Escherichia coli atau E.Coli ini sering ditemukan dan mudah berpindah ke area sistem saluran kemih seseorang. Bakteri tersebut tidak akan berbahaya saat mereka ada didalam usus, namun akan menyebabkan masalah ketika mereka mencapai ke area kandung kemih Anda dan menimbulkan adanya gejala sistitis.

Bakteri akan berpindah saat Anda melakukan kontak langsung dengan area dubur atau anus, ketika membersihkan areanya dengan praktik yang kurang tepat (dari belakang ke depan) dan hal ini lebih sering dialami oleh seorang wanita. Bakterinya akan berjalan atau berpindah hingga akhirnya mencapai area pembukaan uretra seseorang.

Setelahnya bakteri tersebut akan mulai menginfeksi dan menyebar keseluruh bagian sistem saluran kemih Anda dan mencapai ke area kandung kemih (tempat dimana menampung air kemih sebelum dikeluarkan). Dan selain itu, infeksi atau peradangan pada kandung kemih juga dapat terjadi selama hubungan seksual, atau jika Anda memiliki kondisi medis seperti batu kandung kemih serta batu ginjal dan juga adanya pertumbuhan abnormal pada sistem saluran kemih.

Gejala-Gejala Sistitis Untuk Pria Dan Wanita

Gejala umum dari keluhan sistitis pada pria maupun wanita akan muncul secara tiba-tiba, tetapi tidak semua gejala juga akan ada dan Anda rasakan. Dalam beberapa kondisi gejalanya mungkin akan termasuk:

o Urin yang berbau dan juga berwarna lebih gelap atau keruh

o Rasa nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK)

o Aliran urin yang sedikit namun Anda tidak dapat mengontrol kebutuhan buang air kecil (BAK) untuk sesegera mungkin

o Sakit punggung bagian bawah atau nyeri perut bagian bawah

o Hematuria atau urin yang bercampur dengan darah

o Buang air kecil (BAK) yang tidak tuntas atau anyang-anyangan

Apa yang mendasari kondisi gejala sistitis adalah ketika infeksi bakterinya juga sudah mulai berubah atau bergerak hingga menyebar ke area lain disekitarnya. Dimana Anda nantinya juga akan mengembangkan beberapa gejala sisititis tambahan seperti disertai dengan demam atau sakit menggigil, mual muntah, dan juga rasa sakit pada punggung yang berlebih.

Dan ketika kondisi ini terjadi tentu Anda juga harus lebih mewaspadai jika muncul sebuah bahaya atau komplikasi. Karena bakteri yang sudah memasuki area kandung kemih juga bisa terus berkembagn dan akhirnya berjalan hingga ginjal atau menginfeksi prostat pada pria. Sebuah pengobatan akan sangat membantu Anda untuk mengobati dan mengatasi kondisi sistitis agar gejala dan juga risikonya dapat diminimalisir dengan baik.

Baca Juga: Penjelasan Cystitis Adalah

chat

Diagnosis Tepat Untuk Penyakit Sistitis

Untuk mendiagnosis sebuah keluhan memang tidaklah mudah, mengingat keluhan sistitis juga memiliki gejala yang hampir sama dengan beberapa penyakit atau kondisi lain yang termasuk seperti:

o Urethritis (peradangan pada uretra)

o Prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat)

o Pembesaran prostat atau BPH (benign prostatis hyperplasia)

o Sindrom saluran kemih bagian bawah atau nyeri kandung kemih

o Kandida, klamidia, atau gonore (kencing nanah)

Sehingga jika Anda mengalami beberapa gejala seperti keluhan pada saat buang air kecil (BAK) tentunya tidak dapat dipastikan secara langsung bahwa Anda mendapatkan gejala sistitis. Anda akan membutuhkan sebuah pemeriksaan dan pengecekan secara medis guna memastikan kondisi keluhannya mengarah pada gejala dan penyakit yang lebih jelas.

Sebuah diagnosa akan didapat ketika Anda sudah melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara langsung dengan dokter, hal ini berguna juga dalam menentukan jenis perawatan dan obat apa yang tepat untuk Anda. Diagnosis yang tepat akan sangat penting bagi Anda agar terhindar dari pengobatan yang tidak tepat atau dilakukan secara sembarang tanpa anjuran yang sesuai.

Bisakah Gejala Sistitis Dihentikan?

Untuk setiap kasus yang menimbulkan adanya gejala sistitis memang biasanya dapat dihentikan dan disembuhkan hingga total atau tuntas. Dan untuk menghentikan gejalanya maka Anda diharuskan untuk melakukan pemeriksaan fisik langsung guna mempermudah dokter Anda. Dokter akan memberikan saran pengobatan setelah hasil pemeriksaan didapat dan juga setelah menetapakan diagnosis pastinya.

Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pilihan pengobatan seperti berikut untuk mengatasi keluhan sakit saat berkemih yang dialami dengan pemberian jenis obat-obatan yang diantaranya adalah:

o Alkaniser urin

Ini diberikan untuk meredakan sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK) yang bekerja untuk meringankan tingkat keasaman dalam urin Anda. Untuk kondisi orang-orang dengan masalah ginjal mereka mungkin akan lebih disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mereka sebelum melakukan jenis pengobatan ini.

o Obat pereda rasa sakit

Jenis-jenis tertentu obat pereda rasa sakit tentu akan diberikan karena sebagian besar keluhan dan gejala sistitis juga disertai dengan rasa sakit baik ringan hingga berat. Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi serta dosis yang tepat untuk dapat memaksimalkan pengobatan yang dibutuhkan.

o Antibiotik

Antibiotik juga diperlukan untuk mengatasi penyebab keluhannya, karena penyebab sistitis yang berasal dari bakteri akan membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya. Terkadang antibiotik mungkin akan diperlukan dalam jangka panjang untuk mengobati infeksi bakterinya hingga tuntas yang akan lebih disesuaikan dengan kebutuhan.

Jangan tunggu kondisi keluhan Anda semakin buruk dengan membiarkan keluhan dalam jangka panjang tanpa ada pemeriksaan atau pengobatan yang dilakukan. Karena gejala sistitis yang sudah berlangsung lama juga bisa mengakibatkan bahaya atau komplikasi kesehatan yang muncul. Bahaya terberat dari adanya keluhan sistitis tentu akan dirasakan oleh setiap pria dan wanita, yang mana keduanya juga akan mendapatkan kondisinya masing-masing

Klinik Utama Gracia memberikan pelayanan medis terpadu dan terpercaya untuk mengatasi setiap keluhan seputar organ genital Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan lakukan konsultasi dengan tenaga medis profesional kami melalui layanan chat online atau telepon di nomor 081336361555 .

Baca Juga: Apakah Sistitis Adalah Penyakit Berbahaya? Cari Tahu Disini

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan