• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Gejala Prostat yang Sering Membuat Tidak Nyaman

Gejala Prostat yang Sering Membuat Tidak Nyaman
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

 

Setiap pria memiliki prostat yang terletak pada organ reproduksi mereka. Prostat sendiri terletak diantara kandung kemih dan rektum. Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang mengelilingi saluran kencing. Namun jika prostat mengalami suatu masalah akan timbul gejala prostat yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman dengan kondisi yang ia alami.

Prostat berfungsi dalam membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma pria. Ketika pria melakukan ejakulasi, maka prostat akan mengantarkan sperma menuju saluran kencing untuk dikeluarkan. Ukuran prostat tidak begitu besar, hanya sebesar biji kenari. Tetapi ketika prostat mengalami pembesaran, ukurannya bisa seperti buah jeruk.

Prostat juga bisa bermasalah, ada beberapa masalah yang sering timbul dari prostat yakni pembesaran prostat, prostatitis, dan kanker prostat. Jika pembesaran prostat, dan prostatitis merupakan gangguan pada prostat yang menyebabkan ukuran prostat menjadi lebih besar.

Karena prostat berada diposisi mengelilingi saluran kencing atau uretra, maka ketika prostat mengalami pembesaran, akan mempengaruhi saluran kencing anda, yakni menghambat saluran kencing sehingga menyebabkan anda mengalami kesulitan dalam membuang air kencing.

Gejala Prostat

Gejala masalah pada prostat terdapat beberapa jenis, tergantung masalah yang dialami oleh penderitanya. Apakah itu prostatitis atau pembesaran prostat atau BPH (Benign Prostatic Hyperplasia). Gejala yang ditimbulkannya pun berbeda-beda, Berikut gejala-gejala gangguan prostat tersebut.

Gejala BPH

• Sulit mengeluarkan urine
• Harus mengejan saat buang urine
• Rasa sakit atau nyeri saat membuang urine
• Sering ingin berkemih, terutama saat malam hari
• Beser
• Sering merasa buang air kecil tidak tuntas
• Urine keluar bersama darah

Gejala Prostatitis

Prostatitis yakni peradangan atau infeksi pada kelenjar prostat. Kondisi ini sering dialami oleh banyak pria, terutama mereka yang berusia di bawah 50 tahun. Ada beberapa gejala prostat yang disebabkan dari prostatitis, yakni:

• Sakit saat membuang urine
• Sakit pada bagian panggul
• Sakit pada kelamin
• Sakit pada bokong
• Urine akan terasa seperti terbakar
• Sering membuang air kecil, terutama saat malam hari
• Terkadang menimbulkan demam

Apabila anda mengalami gejala prostat seperti yang disebutkan di atas tersebut, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan, dan pengobatan hingga penyakit prostat anda sembuh.

Penyebab Masalah Prostat

Jika pada masalah pembesaran prostat, penyebabnya tidak diketahui secara pasti oleh para ahli. Tetapi banyak yang menduga bahwa pembesaran prostat terjadi akibat dari masalah hormon reproduksi pria. Namun penyebab prostatitis diketahui disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam prostat. Jika prostatitis sudah menjadi akut, maka harus segera mendapatkan penanganan medis.

chat

Faktor Resiko Terkena Gangguan Prostat

Masalah prostat seperti pembesaran prostat dan prostatitis beresiko menyerang beberapa pria. Jika pembesaran prostat lebih sering menyerang pria berusia lanjut, berbeda dengan prostatitis yang bisa menyerang pria dewasa bahkan pria remaja.

Pengobatan

Masalah prostat dapat di obati dengan beberapa jenis pengobatan, dan dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan masalah pada prostat ini.

Pengobatan pada BPH

Biasanya pada pengobatan BPH, dokter akan menyarankan obat dutasteride, dan finasteride. Kedua jenis obat tersebut digunakan untuk menurunkan ukuran prostat yang membesar. Penggunaan obat ini harus sesuai pada resep dokter. Tidak boleh sembarangan.

Selain kedua obat tersebut, dokter biasanya juga menyarankan anda mengkonsumsi obat-obatan jenis alfa, yakni obat-obatan yang digunakan untuk melemaskan otot-otot, sehingga air urine bisa mengalir dengan lancar. Tetapi efek samping yang ditimbulkan cukup menganggu anda, seperti sakit kepala, badan cepat lelah, dan kualitas sperma menurun.

Pengobatan Prostatitis

Karena prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka jenis obat yang harus dikonsumsi biasanya obat-obatan antibiotik yang harus dikonsumsi selama satu hingga dua minggu. Jika sudah akut maka pengobatan dilakukan hingga empat bulan.

Selain antibiotik, dokter biasanya memberikan obat-obat pereda sakit, dan obat jenis alpha broker yang bisa melemaskan otot-otot, dan mengurangi rasa sakit ketika buang air kecil.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan