• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Gejala Infeksi Kencing Nanah Pada Wanita

Gejala Infeksi Kencing Nanah Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Kencing nanah pada wanita mungkin akan membingungkan bagi sebagian orang, karena terkadang keluhan kencing nanah akan lebih identik dengan seorang pria. Karena seorang pria akan lebih rentan untuk mendapatkan infeksinya dan seorang wanita akan lebih banyak membawakan infeksi tersebut. Secara umum pengertian kencing nanah merupakan salah satu bentuk penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum dialami oleh setiap orang dengan riwayat kontak seksual yang aktif.

Penyakit kencing nanah akan sangat mudah untuk menular dan ditularkan dari satu orang ke orang lainnya dalam segala bentuk aktifitas seksual secara vaginal, anal, maupun oral. Pada gejala awal kencing nanah pada wanita mungkin akan lebih samar dibandingkan dengan gejala yang terjadi pada seorang pria. Berikut adalah gejala-gejala adanya infeksi kencing nanah pada wanita :

• Rasa ingin kencing yang sering muncul.
• Kencing yang terasa menyakitkan atau seperti terbakar.
• Adanya keputihan berwarna kekuningan atau kehijauan pada alat kelamin.
• Rasa gatal pada daerah sekitar alat kelamin.
• Kencing seperti tidak tuntas.
• Keputihan yang berbau kuat.
• Perdarahan abnormal diluar siklus menstruasi yang abnormal.
• Aliran urin yang lebih sedikit dan keruh.
• Sakit atau nyeri pada perut bagian bawah.

Baca Juga : Begini Cara Mengobati Penyakit Gonore

chat

Bagaimana Anda bisa Mendapatkan Infeksi Kencing Nanah?

Apa yang menyebabkan keluhan kencing nanah maka itulah bagaimana Anda bisa mendapatkan infeksinya. Strain atau jenis bakteri neisseria gonorrhoeae merupakan organisme mikroskopik yang menjadi penyebab adanya infeksi kencing nanah pada wanita dan pria. Bakteri ini akan mulai masuk melalui pembukaan vagina atau juga pada saluran uretra untuk menginfeksi saluran kemih Anda.

Setiap orang yang aktif secara seksual tentu bisa meningkatkan kesempatan dirinya dengan adanya infeksi bakteri tersebut. Seorang wanita akan lebih disarankan untuk melakukan pengujian dan pengecekan secara berkala untuk menghindari faktor risiko, seperti pasangan seksual yang memiliki infeksi menular seksual sebelumnya dan untuk menghindari adanya penularan terhadap bayi pada masa kehamilan.

Berikut adalah faktor-faktor lain yang menyebabkan Anda bisa mendapatkan infeksi kencing nanah yaitu :

• Memiliki pasangan dengan riwayat seksual yang berisiko.
• Berhubungan seksual pada usia muda.
• Adanya riwayat infeksi menular seksual lainnya.
• Memiliki kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Banyaknya pasangan seksual.

Selain menyebar pada area alat kelamin bakteri gonore juga bisa ditenukan pada bagianbagian tubuh lainnya misalnya seperti :

• Tenggorokan, kesulitan menelan dan juga pembengkakan pada kelanjar getah bening yang berada pada leher.

• Mata, keluarnya kotoran pada mata dengan warna kehijauan seperti nanah serta kepekaan terhadap cahaya juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri.

• Dubur atau anus, kontak seksual secara anal atau juga pada orang yang melakukan hubungan sejenis biasanya akan merasakan pengeluaran nanah dari dubur atau juga bercak darah saat buang air besar.

• Sendi, nyeri atau sakit pada area sendi adalah salah satu ciri adanya infeksi dari bakteri atau yang disebut dengan septic arthritis dengan rasa yang menyakitkan  disertai kemerahan dan bengkak.

Menyembuhkan Kencing Nanah Pada Wanita

Apakah infeksi kencing nanah pada wanita dapat disembuhkan? Infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae bisa diatasi dan disembuhkan dengan melakukan pemeriksaan atau pengobatan. Tidak semua jenis dan metode pengobatan bisa dilakukan untuk menyembuhkan keluha kencing nanah, penting bagi Anda untuk bisa melakukan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Pengobatan yang dilakukan akan menghentikan infeksi atau gejalanya, namun jika kondisi Anda sudah masuk kedalam tahap yang lebih serius maka pengobatan tidak akan membatalkan kerusakan permanen yang disebabkan oleh infeksinya. Risiko adanya resisten terhadpa obat juga bisa bisa meningkat ketika Anda mendapatkan pengobatan yang tidak tepat.

Seorang wanita akan memiliki risiko lebih dibandingkan jika infeksinya terjadi pada seorang pria, hal ini terjadi karena gejala yang lebih samar sehingga meningkatkan kondisi keluhan yang berlangsung dalam jangka panjang ataupun anggapan yang salah terhadap kondisi yang dialaminya. Ini adalah beberapa bahaya atau risiko jika infeksi kencing nanah terjadi pada wanita yaitu :

• Komplikasi yang mungkin terjadi ialah terkena penyakit radang panggul atau PID.
• Pembentukan jaringan parut yang bisa menghalangi saluran tuba.
• Nyeri panggul atau perut bagian bawah dalam jangka panjang.
• Kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim).
• Peradangan ginekologi kronis.
• Infertilitas atau kemandulan.
• Masalah kehamilan atau persalinan.

Infeksi kencing nanah pada wanita dapat ditularkan dan menular pada bayi ketika dirinya sedang dalam masa kehamilan atau persalinan. Dimana kondisi ini tentu juga bisa mempengaruhi kondisi bayi secara fisik bahkan hingga menimbulkan adanya kematian. Ketika Anda memiliki keluhan keputihan yang tidak seperti biasa maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan pengecekan untuk memastikan kondisi Anda.

Klinik Utama Gracia, pelayanan kesehatan khusus untuk area organ reproduksi baik pria maupun wanita yang membutuhkan penanganan medis khusus untuk keluhan penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual dan juga keluhan pada organ reproduksi lainnya. klinik kami memberikan pelayanan terbaik untuk setiap keluhan demi kesembuhan Anda.

Konsultasikan keluhan Anda sesegera mungkin untuk menghindari adanya bahaya yang lebih serius bagi kondisi kesehatan dan juga bahaya adanya gangguan fungsi seksual akibat adanya infeksi. Jangan biarkan keluhan dengan membiarkannya tanpa ada pengobatan yang dilakukan. Segera hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis ahli dan berkompeten dari klinik.

Baca Juga : Ciri Ciri Gonore Yang Mudah Dikenali Pada Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan