• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Gejala Gonore Pada Pria Yang Harus Dihindari

Gejala Gonore Pada Pria Yang Harus Dihindari
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Gejala gonore pada pria dapat muncul ketika Anda mendapatkan sebuah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri akibat kontak seksual. Gonore atau kencing nanah pada pria termasuk dalam kondisi yang cukup sering terjadi saat ini, hal ini disebabkan karena banyaknya pria yang lebih aktif berganti pasangan dari pada seorang wanita.

Penyebab infeksi gonore adalah jenis bakteri neisseria gonorrhoeae, yang mana bakteri ini menginfeksi selaput lendir saluran reproduksi, membran mukosa, dan juga sistem saluran kemih. Ketika bakteri mulai memasuki tubuh Anda melalui kontak-kontak langsung atau lainnya, dan dalam jangka waktu yang cukup singkat pula Anda mungkin akan mendapatkan gejala-gejalanya.

Gejala gonore pada pria mudah diobati tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau bahaya serius dan kadang juga dapat bersifat permanen. Penyakit gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menimbulkan gejela yang variatif pada setiap orang sehingga Anda mungkin akan merasakan gejala dari yang paling menyakitkan hingga tidak ada gejalanya sama sekali.

Gejala Gonore Pada Pria Akibat Infeksi

Apa saja gejala-gejala gonore pada pria yang diakibatkan oleh infeksi tersebut? Gejala akan muncul ketika dimana masa inkubasi dari infeksi bakteri gonore tersebut telah mulai berkembang dari kondisi awal infeksinya memasuki tubuh Anda. Seseorang mungkin akan mengembangkan ciri-ciri gejala gonore pada pria seperti:

o Buang air kecil (BAK) yang menyakitkan

o Peradangan atau pembengkakan kulup

o Adanya pengeluaran sekresi berwarna kuning kehijauan seperti nanah atau putih keruh seperti air kelapa pada area saluran uretra

o Nyeri pada area testis atau skrotum

Semua gejala gonore pada pria akan lebih didominasi seperti infeksi pada sistem saluran kemih, sehingga Anda tentu akan merasakan gejala-gejala infeksi saluran kemih (ISK) lain seperti:

o Rasa ingin berkemih yang terus muncul atau intensitas yang meningkat

o Buang air kecil (BAK) tidak tuntas

o Aliran urin yang lebih sedikit atau kecil

o Sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil (BAK)

o Nyeri perut bagian bawah atau rasa ketidaknyamanan berlebih

Hal ini terjadi karena saluran uretra pada pria adalah jalan masuk utama dari masuknya infeksi bakteri penyebab gonore. Dan setelah masuk kedalam tubuh melalui saluran uretra barulah bakteri-bakteri tersebut mulai menyebar ke seluruh area organ reproduksi bagian dalam yang akhirnya dapat menyebabkan kondisi komplikasi dan bahaya lain bagi kesehatan sistem reproduksi seorang pria.

Baca Juga: Pengertian Penyakit Gonore

chat

Gejala Lain Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Infeksi Gonore

Selain gejala-gejala utama penyakit gonore seperti diatas, infeksi bakteri neisseria gonorrheae juga dapat menimbulkan gejala lain ketika infeksinya juga ditemukan pada bagian tubuh selain alat kelamin Anda. Dimana saja Anda dapat menemukan bakteri tersebut? Berikut adalah gejala lain dari penyakit gonore yang dapat ditemukan pada bagian tubuh selain alat kelamin:

o Gonore pada mulut atau tenggorokan

Gejala gonore pada pria juga bisa terjadi pada mulut atau tenggorokan, meskipun jarang terjadi namun biasanya kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang melakukan kontak seksual secara oral. Sehingga orang tersebut mungkin akan mengalami gejala seperti pembengkakan, sakit tenggorokan, dan juga kesulitan menelan.

o Gonore pada rektum atau anus

Gejala untuk gonore pada rektum atau anus terjadi jika Anda melakukan kontak seksual secara anal, dan ini mungkin lebih sering terjadi pada seseorang yang melakukan kontak seksual sesama jenis untuk pria. Anda akan mengalami gejala seperti adanya pengeluaran nanah atau abses saat buang air besar, rasa nyeri hingga pendarahan saat buang air besar, atau rasa gatal pada area sekitar rektum atau anus.

o Gonore pada mata

Meskipun kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak atau wanita, tetapi gejala ini juga dapat terjadi pada seorang pria ketika dirinya secara tidak sengaja melakukan kontak langsung dari area infeksi ke area matanya. Dan ini bisa menimbulkan gejala konjungtivitis atau kondisi dimana Ada mengalami mata merah, benkak, kepekaan terhadap cahaya, dan tentunya pengeluaran kotoran yang menyerupai nanah pada mata.

o Gonore pada persendian

Infeksi bakteri neisseria gonorrheae dapat menyebar ke aliran darah dan menyerang area persendian Anda, kondisi gonore ini dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa. Dan gejala gonore ini dapat berupa radang sendi, ruam atau kemerahan kulit, pembengkakan, hingga rasa nyeri pada area persendian Anda.

Gejala Fatal Dan Berbahaya Dari Infeksi Gonore

Gejala gonore pada pria yang harus dihindari dan dapat menyebabkan kondisi yang fatal adalah ketika kondisi infeksi tersebut telah menyebar hingga aliran darah, menyebabkan infertilitas atau kemandulan, bahkan hingga meningkatkan risiko adanya infeksi HIV. Kondisi-kondisi tersebut sudah tidak bisa dibiarkan tanpa pengobatan.

Gejala penyakit gonore pada pria yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem organ reproduksinya. Seorang pria mungkin akan mendapatkan kondisi yang lebih rumit dari gejala keluhan gonore yang didapat misalnya:

o Epididimitis

o Artritis atau tenosynovitis

o Dermatitis atau infeksi kulit kronis

o Prostatitis atau masalah prostat

o Pembentukan jaringan parut pada uretra

o Infeksi pada testis atau buah zakar

o Radang rektum

Setiap gejala gonore pada pria yang terjadi tentu didukung dengan adanya beberapa faktor yang juga mendasari munculnya keluhan tersebut, sehingga gejala gonore pada pria bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius dan fatal jika tidak segera diobati dan ditangani dengan benar. Pengobatan yang tepat dan benar adalah ketika Anda dapat melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter Anda untuk mendapatakan diagnosis pasti.

Jika Anda mencurigai atau merasakan gejala gonore pada pria maupun wanita muncul maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan atau konsultasikan dengan dokter Anda. Penyakit gonore dapat disembuhkan secara total saat kondisinya ditemukan dalam tahap awal dan ditangani dengan benar oleh penyedia layanan medis yang tepat.

Klinik Utama Gracia adalah salah satu penyedia layanan medis yang secara khusus menangani setiap keluhan organ reproduksi dan juga penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore. Silahkan tanyakan atau konsultasikan keluhan Anda melalui layanan chat online kami atau Anda dapat menghubungi dokter kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga: Efek Kencing Nanah Pada Organ Genital

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan