• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Gejala dan Penyebab Raja Singa

Gejala dan Penyebab Penyakit Raja Singa
Nilai Rata-rata: 9.3 / 10 (8 orang penilai )

gejala raja singa

Gejala raja singa bisa menyerang kelamin pada manusia hal ini karena raja singa termasuk ke dalam penyakit menular seksual atau (PMS). Penyakit ini bisa di bilang adalah penyakit sifilis alias raja singa. Sifilis atau raja singa ini biasanya banyak terjadi di beberapa kasus seperti pada pria yang menyukai sesama jenis atau gay. 

Penyakit raja singa atau sipilis adalah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh Bakteri Treponema pallidum bersifat menahun dan kronis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia pria atau wanita melalui selaput lendir (contoh di mulut atau vagina) atau melalui kulit. Penyakit sipilis dapat berkembang dalam 4 tahap, dan gejalanya pun bervariasi di setiap tahapnya. Mungkin tahapannyapun tumpang tindih, serta gejalanya tidak selalu terjadi pada urutan yang sama. Berikut adalah gejala sipilis dan tahapan yang terjadi:

Sifilis Primer

Gejala pada tahapan ini mungkin terjadi mulai dari 10 hari - 3 bulan setelah terpapar bakteri Treponema. Gejalanya adalah:

  1. Pada bagian tubuh yang terjadi di tempat bakteri masuk mungkin terjadi lesi kecil dan terjadi tanpa muncul rasa sakit, biasanya alat kelamin, lidah, bibir atau rektum.
  2. Pembesaran yang terjadi pada kelenjar getah bening di bagian pangkal paha. Bagian yang terasa sakit akan sembuh secara sendiri tanpa pengobatan, namun infeksi tetap ada. Di beberapa orang, raja singa kemudian bergerak ke tahap sekunder.

Sifilis Sekunder

Gejala penyakit raja singa sekunder dimulai pada waktu 2 - 10 minggu setelah luka muncul dan mungkin termasuk:

  1. Timbul ruam pada kulit, yang sering muncul sebagai luka dan berwarna merah atau coklat kemerahan serta berukuran kecil di manapun pada bagian tubuh termasuk di bagian kulit  telapak tangan dan kulit telapak kaki.
  2. Demam
  3. Terasa lelah dan mungkin muncul timbul perasaan tidak nyaman yang samar
  4. Rasa nyeri dan sakit
  5. Kelenjar getah bening yang mungkin dapat membengkak
  6. Sakit di bagian tenggorokan
  7. Ada kutil seperti luka pada mulut atau daerah genital. Gejala dan tanda tersebut dapat hilang dalam waktu beberapa minggu atau bisa juga terjadi secara datang dan pergi selama 1 tahun.

Sifilis Laten

Bila tidak diatasi karena tidak ada gejala, raja singa sekunder akan berubah menjadi raja singa laten (tersembunyi). Tahap raja singa laten dapat berlangsung selama waktu bertahun-tahun. Gejala dan tanda tidak akan pernah kembali, atau penyakit dapat maju ke tahap tersier.

chat

Sifilis Tersier 

Ada sekitar 10 sampai 20 persen orang pernah terinfeksi raja singa yang tidak mendapatkan perawatan secara benar akan mengalami komplikasi yang biasa dikenal sebagai raja singa tersier atau terlambat. Di tahap akhir  penyakit ini dapat merusak bagian otak, mata, saraf, jantung, hati, pembuluh darah, sendi dan tulang. Masalah ini dapat terjadi selama waktu bertahun-tahun setelah infeksi awal.

Sifilis dapat menular selama tahapan primer dan sekunder, dan terkadang dalam periode laten awal. Di kondisi yang jarang terjadi, raja singa dapat menyebar melalui saluran transfusi darah yang telah terinfeksi, hubungan langsung seksual dengan lesi aktif (contoh selama berciuman), atau melalui ibu yang telah terinfeksi dan sedang menyusui kepada bayinya selama masa kehamilan atau persalinan.

Tanda dan gejala penyakit ini haruslah kita pahami sebagai suatu yang harus di lihat dari perspektif positif. Ternyata Bakteri raja singa sensitif terhadap udara, cahaya dan perubahan suhu. Dan karena itu, orang tidak akan tertular penyakit raja singa hanya karena menggunakan toilet yang sama, pakaian atau atau pun peralatan makan orang yang terinfeksi. Atau juga dari tempat berenang atau kolam berendam air panas.

penyebab raja singa

 

Penyebab Penyakit Raja Singa

Seperti yang sudah kita baca di atas bahwa Bakteri Treponema pallidum adalah yang menjadi penyebab penyakit raja singa dapat masuk ke dalam bagian tubuh melalui kontak secara langsung dengan orang yang terinfeksi dengan melakukan hubungan seksual. Penyakit ini juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada sang bayi selama masa kehamilan.

Adapun pengguna narkoba dengan media jarum suntik juga dapat tertular penyakit ini karena mereka mamakai jarum suntik yang sama dipakai oleh orang yang terinfeksi raja singa. Dan walaupun kecil kemungkinannya, sipilis dapat ditularkan melalui transfusi darah. Karena hampir semua transfusi darah yang terjadi  secara rutin dilakukan diskrining untuk berbagai macam penyakit.

Penyebab Raja Singa Atau Sifilis

  • Penyebab raja singa adalah bakteri yang disebut Treponema pallidum. Cara penularan yang secara umum terjadi adalah dengan melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi raja singa selama aktivitas seksual berlangsung.
  • Bekteri Treponema pallidum juga dapat memasuki bagian tubuh melalui luka kecil atau lecet di bagian kulit ataupun selaput lendir.
  • Raja singa juga dapat menyebar ke orang lain melalui aktivitas lain seperti berciuman atau juga  melalui ibu yang telah terinfeksi kepada sang bayi selama masa proses kehamilan atau persalinan.
  • Raja singa tidak dapat menyebar ke orang lain melalui penggunaan toilet, bak mandi, peralatan, pakaian, tempat renang ataupun kolam berendam air panas.

 

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan