• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Gejala Berdasarkan Fase Penyakit Sipilis

Gejala Berdasarkan Fase Penyakit Sipilis
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Fase penyakit sipilis memiliki beberapa bagiannya, yang memang disetiap fasenya akan menimbulkan gejala serta bahayanya sendiri bagi kesehatan Anda. Seperti yang Anda ketahui jika penyakit sipilis menjadi salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang pada masa infeksinya terdapat fase atau tahapan yang berbeda-beda.

Bakteri sipilis (treponema pallidum) masuk kedalam tubuh melalui kontak lulit ke kulit saat seseorang melakukan aktifitas seksual (vaginal, oral, atau anal). Umumnya sebuah infeksi sipilis akan menimbulkan gejala awalnya pada 1 sampai 3 bulan sebagai masa inkubasi. Perbedaan kondisi yang terjadi antara satu orang dengan orang lain tentu akan mempengaruhi gejala yang ditimbulkan, dengan kata lain Anda mungkin bisa lebih cepat atau lebih lambat untuk mengembangkan infeksinya.

Bagaimana Ada dapat mengenali gejala dan fase penyakit sipilis tersebut?

Fase Primer Sipilis

Ini adalah fase penyakit sipilis awal atau utama yang memang akan menimbulkan sebuah gejala fisik yang dapat terlihat atau terasa pada sebagian orang. Fase ini adalah fase dimana infeksi bakteri penyebab sipilis akan sangat mudah untuk menular atau ditransmisikan, bahkan jika Anda melakukan kontak tidak langsung yang sering tidak dapat disadari dengan orang yang terinfeksi.

Gejala awal dari fase primer sipilis ini mungkin dapat terlihat pada sebagian orang, namun juga bisa tidak terlihat karena letaknya yang ada pada area organ reproduksi bagian dalam. Pada wanita biasanya dapat muncul pada area vulva (bibir vagina), vagina, serviks, serta anus atau dubur. Sedangkan pada pria akan lebih berkembang pada area kepala penis, batang penis, serta anus. Selain itu juga bisa ditemukan pada area mulut, bibir, atau lidah jika ditularkan melalui kontak oral.

Gejala pada fase primer sipilis ini dapat meliputi:

o Ditandai dengan adanya luka tunggal yang disebut dengan chancre

o Luka cenderung berbentuk bulat dengan ciri yang khas

o Biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakito Permukaan luka yang terasa keras ketika disentuh seperti tulang lunak

o Dapat menghilang dengan sendirinya ketika Anda melakukan pengobatan maupun tidak diobati

Baca Juga: Dibutuhkan Pengobatan Sipilis Pada Wanita, Segera!

chat

Fase Sekunder Sipilis

Ketika luka awal sipilis Anda menghilang dengan sendirinya, itu bukanlah tanda membaiknya sebuah infeksi sipilis. Jika Anda masih tetap tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut, fase penyakit sipilis Anda akan berubah atau masuk dalam tahap selanjutnya yaitu fase sekunder. Dimana bakteri yang ada didalam tubuh Anda mulai berjalan dan menyebar pada anggota tubuh lainnya.

Gejala pada fase ini dapat terjadi setelah gejala pada fase awal berlalu, atau juga dapat terjadi bersamaan dengan fase penyakit sipilis lainnya. Gejala fisik pada fase sekunder sipilis ini mungkin dapat terlihat seperti:

o Ruam atau bercak kemerahan maupun merah kecoklatan pada telapak tangan dan telapak kaki (bisa juga pada seluruh bagian tubuh)

o Terlihat bergelombang atau tidak rata pada permukaan kulit

o Terasa kasar saat disentuh

o Tidak menimbulkan rasa gatal atau iritasi

o Pada orang dengan kulit yang lebih gelap, ruam mungkin bisa berwarna lebih terang dibandingkan pada warna kulit disekitarnya

Dengan adanya gejala fisik (terlihat) tersebut, biasanya seseorang pada fase sekunder ini juga mengembangkan beberapa kondisi gejala lain pada tubuhnya misalnya:

o Demam atau menggigil

o Sakit tenggorokan

o Lemah atau kelelahan tanpa sebab

o Kerontokan rambut

o Penurunan berat badan

o Nyeri otot dan sendi

o Pembengkaan kelenjar getah benih, dan juga kondisi lainnya

Fase Tersier Sipilis

Fase tersier adalah sipilis akhir atau juga fase tersembunyi dan terlambat yang paling berbahaya akibat infeksi bakteri penyebab sipilis yang tidak diobati. Sipilis tersier menjadi fase merusak terburuk yang bisa dirasakan oleh seseorang bahkan dalam hitungan tahun setelah gejala awalnya sudah terlewati. Sehingga sifilis pada fase ini juga bisa menyebabkan hilangnya nyawa seseorang atau kerusakan sistem tubuh yang bersifat permanen.

Gejala asimtomatik pada fase tersier yang dapat terjadi diantaranya meliputi:

o Masalah dalam mengontrol atau mengkoordinasi gerakan otot

o Mati rasa

o Kelumpuhan

o Hilangnya kemampuan melihat dan mendengar secara bertahap

o Demensia (hilangnya kemampuan otak)

Gejala pada fase penyakit sipilis ini akan lebih mengarah pada kerusakan sistem tubuh akibat bakteri yang telah menyebar hingga seluruh organ vital didalam tubuh seseorang yang termasuk otak, sistem saraf, pembuluh darah, sendi, tulang, dan lainnya. Kemungkinan seseorang dapat sembuh pada fase ini akan lebih sedikit, dan jika dapat disembuhkan maka kondisinya tidak dapat mengembalikan kerusakan-kerusakan yang telah ditimbulkan.

Perawatan Dan Pengobatan Untuk Penyakit Sipilis

Perawatan dan Pengobatan dibutuhkan untuk setiap fase penyakit sipilis. Penting bagi Anda untuk mengetahui dimana fase penyakit sipilis yang dialami, karena setiap fase memiliki kondis gejala yang berbeda dan menandakan kebutuhan perawatan yang berbeda pula. waktu juga berperan penting dalam sebuah infeksi serta juga menentukan faktor keberhasilan perawatan yang dilakukan.

Jika Anda menyadari riwayat kontak seksual yang berisiko atau memiliki kondisi gejala seperti diatas tersebut, segera lakukan pemeriksaan dan konsultasikan langsung dengan tenaga medis di Klinik Utama Gracia untuk informasi dan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Kontak informasi dan reservasi Anda melalui 081336361555 dalam kemudahan konsultasi Anda.

Baca Juga: Apakah Sipilis Menular Melalui Hubungan Intim Saja?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan