• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Gejala Awal Kutil Kelamin Yang Jarang Di Ketahui

Gejala Awal Kutil Kelamin Yang Jarang Di Ketahui
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (4 orang penilai )



Banyak penderita kutil kelamin yang tidak mengetahui gejala awal kutil kelamin sehingga mereka mengabaikan penyakit ini begitu saja tanpa melakukan pengobatan. Padahal, dengan mengetahui gejala awal dari penyakit kutil kelamin dapat membantu pencegahan penyakit ini sebelum terjadi komplikasi yang merugikan penderitanya.

Tahukah Anda bahwa kutil kelamin merupakan penyakit yang sangat mengerikan jika tidak dilakukan pencegahan di awal. Penyakit ini dapat di alami oleh pria maupun wanita yang menimbulkan ketidaknyamanan di area kelamin penderitanya. Anda harus mewaspadai keberadaan penyakit ini dengan mengetahui apa saja gejala awal kutil kelamin.

Kutil Kelamin Penyakit Berbahaya

Kutil kelamin merupakan jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit kelamin jenis ini juga menjadi salah satu infeksi menular seksual yang sangat umum terjadi pada mereka yang aktif melakukan hubungan seksual.

Anda akan meningkatkan risiko infeksi apabila sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman atau seks bebas. Infeksi ini sangat mudah menular melalui aktivitas seksual, karena virus akan menginfeksi melalui cairan kelamin atau melalui cairan tubuh lainnya.

Inilah Faktor Dan Penyebab Kutil Kelamin

Tahukah Anda bahwa kutil kelamin atau kondiloma akuminata disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV). Virus ini memiliki ratusan jenis virus dengan tipe yang berbeda dan biasanya HPV jenis 6 dan 11 menjadi tipe HPV yang paling umum menyebabkan penyakit kutil kelamin.

Beberapa jenis dan tipe HPV dapat menjadi penyebab utama dari penyakit mematikan bagi kaum wanita yaitu kanker serviks. Karena itu, sangat penting bagi kaum wanita untuk mengetahui gejala awal kutil kelamin agar terhindar dari bahaya yang bisa di munculkan dari penyakit kelamin berbahaya ini.

Selain infeksi HPV, Anda akan meningkatkan risiko infeksi dan rentan untuk mengalami penyakit kelamin berbahaya ini jika Anda memiliki faktor hubungan seksual seperti di bawah ini:

- Aktif Berhubungan Seks Sejak Dini, Saat ini, khususnya remaja indonesia sudah tidak takut lagi untuk melakukan hubungan seksual di luar pernikahan. Banyaknya, remaja yang tidak mengetahui sebenarnya hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan mereka mengalami kutil kelamin dan lebih bahaya lagi tidak hanya kutil kelamin tetapi, jenis penyakit kelamin berbahaya lainnya.

- Memiliki Banyak Pasangan Seksual, Jika Anda aktif melakukan hubungan seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks, maka secara tidak langsung Anda bisa terinfeksi penyakit berbahaya ini. Infeksi ini sangat mudah menular dari satu pasangan ke pasangan lainnya.

- Tidak Menggunakan Pengaman Saat Berhubungan, Anda akan meningkatkan risiko untuk mengalami kutil kelamin jika, tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan baru atau pasangan seks yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Virus HPV akan dengan mudah menular dan menginfeksi Anda sehingga Anda menderita penyakit kutil kelamin.

Lalu, Apa Saja Gejala Awal Kutil Kelamin?

Inilah pembahasan yang sangat penting yang harus Anda ketahui, bahwa tidak sedikit dari penderita penyakit ini yang mengetahui gejala awal kutil kelamin seperti apa dan bagaimana sebenarnya mencegahnya.

Tahukah Anda bahwa gejala awal kutil kelamin akan ditandai dengan munculnya benjolan berupa daging berukuran kecil. Benjolan ini dapat ditemukan di area sekitar organ intim pria dan wanita yang menderita penyakit ini. Pada pria, benjolan daging yang disebut kutil ini akan ditemukan di sekitar batang penis, buah zakar, pangkal paha, dan di sekitar dubur.

Sementara, pada wanita kutil kelamin pertumbuhan kutil dapat ditemukan di area sekitar Miss V bagian luar dan bagian dalam, pangkal paha, sekitar dubur bahkan pada organ reproduksi bagian dalam yang membutuhkan pemeriksaan khusus dan organ reproduksi ini adalah leher rahim. Sehingga, wanita lebih sulit untuk mengetahui gejala awal kutil kelamin dan mereka sering merasakan hal yang biasa saja tanpa mengetahui bahwa kondisi mereka sedang berbahaya.

Selain daging berukuran kecil yang terdapat pada area kelamin, gejala awal kutil kelamin yang jarang diketahui oleh penderitanya yaitu, rasa gatal di sekitar kelamin dan kadang muncul rasa panas seperti terbakar yang sering di abaikan begitu saja. Kutil kelamin juga dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil dan mengakibatkan rasa ketidaknyamanan pada penderitanya.

Dampak Kutil Kelamin Jika Tidak Di Obati Di Awal

Banyaknya penderita kutil kelamin yang tidak mengetahui gejala awal kutil kelamin menyebabkan penyakit ini berkembang semakin besar sehingga mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Dampak dari penyakit kutil kelamin yang tidak di obati pada awal mengalami gejala akan mengakibatkan pertumbuhan kutil menjadi semakin membesar dan berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Anda juga akan menyebabkan perluasan infeksi penyakit ini pada pasangan seksual Anda. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pencegahan saat mengetahui memiliki gejala kutil kelamin.

Tindakan Pencegahan Kutil Kelamin

Untuk melakukan pencegahan penyakit kutil kelamin bisa Anda lakukan dengan menjaga aktivitas seksual dengan menghindari seks bebas, tidak bergonta-ganti pasangan seksual, menggunakan kondom sebagai pengaman untuk menghindari infeksi HPV yang dapat menular.

Hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki pertumbuhan kutil di area sekitar kelaminnya, karena ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit ini. Selain itu, ketahui gejala awal kutil kelamin dan jika Anda memiliki pertumbuhan kutil segera periksakan diri Anda dengan dokter ahli kelamin. Hal ini merupakan bentuk pencegahan yang sangat tepat untuk Anda lakukan.

Apabila Anda memiliki gejala awal kutil kelamin segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari Dokter Ahli kami. Konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online di bawah ini.

Baca Juga : Bahaya, Penyakit HPV Dapat Menyebabkan Kematian

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan