• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Gangguan Menstruasi Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

gangguan menstruasi

Gangguan Menstruasi - Menstruasi / haid menjadi tanda bahwa seorang wanita telah beranjak dewasa. Menstruasi merupakan suatu kondisi luruhnya dinding vagina. Hal ini merupakan hal yang umum. Setiap wanita yang sudah pubertas atau beranjak dewasa, hal ini akan terjadi setiap bulannya.

Secara normal, menstruasi terjadi pada wanita yang berumur antara 11 sampai 16 tahun. Tentunya tidak semua wanita 11-16 tahun pasti menstruasi, semua tergantung pada kondisi atau faktor yang dapat memicu terjadinya menstruasi itu sendiri, karena setiap wanita pasti berbeda. Jangka waktu menstruasi yang dialami wanita adalah 28 hari sesudah mengalami menstruasi pada bulan pertama dalam kurun waktu 7-15 hari.

Gangguan Menstruasi Yang Sering Dialami Wanita

Wanita yang mengalami menstruasi / haid akan dapat mengalami banyak gangguan. Adapun gangguan menstruasi tersebut adalah sebagai berikut.

Telat Menstruasi

Gangguan yang paling umum dan banyak meresahkan wanita adalah terlambatnya datang bulan / menstruasi. Gangguan ini dapat disebabkan oleh rendahnya hormon pelepas gonadotropin (pengatur siklus haid), stress, menurunnya berat badan secara ekstrim, serta gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang.

Pendarahan yang berlebih

Gangguan pada menstruasi ini ditandai dengan banyaknya darah yang keluar ketika menstruasi/haid. Menurut beberapa dokter ahli kewanitaan, wanita normal umumnya akan mengeluarkan kurang lebih 30ml darah selama 7 hari menstruasi. Jika darah yang dikeluarkan saat menstruasi nampak berlebih dari itu, makan anda perlu waspada terjadinya gangguan haid/menstruasi.

Penyebab pendarahan berlebih ini adalah tidak seimbangnya jumlah estrogen dalam tubuh dan penyakit lain seperti infeksi pada rahim. Jika anda sering mengalami gangguan haid ini, ada baiknya untuk segera pergi ke dokter.

Nyeri saat menstruasi

Gangguan ketika menstruasi terasa sakit adalah dismenore. Umumnya rasa sakit ini dirasakan pada bagian perut bagian bawah hingga menyebar pada bagian pinggang. Rasa nyeri dan kram pada perut juga dapat dirasakan. Hal tersebut terjadi karena adanya kontraksi dalam rahim.

Gangguan haid/menstruasi ini tidak menjadi gejala atau tanda penyakit tertentu pada remaja wanita, akan tetapi pada wanita yang sudah tua, gangguan ini dapat disebabkan oleh radang panggul, kehamilan estropik, dan fibroid uterus.

chat

Mengatasi Gangguan Menstruasi

Pola makan sehat

Dengan menjaga pola makan serta asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, dapat melancarkan menstruasi yang tidak lancar ataupun gangguan haid/menstruasi. Dengan menjaga asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh maka akan membantu tubuh untuk menghasilkan hormon yang maksimal, sehingga gangguan pada menstruasi dapat dihindari.

Olahraga teratur

Olahraga yang teratur merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi gangguan haid/menstruasi. Dengan rutin berolahraga maka tubuh akan menjadi sehat, dengan tubuh yang sehat maka semua bagian tubuh akan berfungsi baik, termasuk yang fungsinya untuk mengahasilkan hormon. Lakukan olahraga ringan tetapi dilakukan secara teratur merupakan langkah yang baik untuk menjaga kesehatan.

Hindari stres berlebih

Apabila anda sering stres karena memiliki banyak tekanan pada pekerjaan atau hal hal lainnya, maka saebaiknya mulailah belajar mengelola stres dengan baik agar tidak mengalami stres yang berlebih. Stres dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Stres tentunya akan menghambat hormon, sehingga akan menyebabkan gangguan pada menstruasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan