• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Fungsi Epididimis, Berfungsi Sebagai ‘Pabrik’ Sperma

Fungsi Epididimis, Berfungsi Sebagai ‘Pabrik’ Sperma
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Sebagai pria, pernahkah anda mendengar mengenai epididimis? Pasti anda merasa asing dengan istilah tersebut. Tetapi bagi anda yang sedang bergelut di bidang kesehatan pasti anda tidak merasa aneh mendengar epididimis. Lalu apa sebenarnya epididimis dan apa fungsi epididimis itu sendiri?

Epididimis merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi pria. Karena letak epididimis sendiri berada pada organ reproduksi pria. Saat kita membahas mengenai epididimis, tentunya kita juga akan menemukan organ lain yaitu, vas deferens.

Kedua organ tersebut merupakan jalur yang dilalui oleh sperma. Saluran sperma dan saluran kencing (uretra) pria memiliki saluran yang berbeda-beda, meskipun ia keluar di tempat yang sama. Untuk itu kita akan membahas lebih banyak tentang fungsi dari epididimis.

Karena organ reproduksi tersebut sangat berkaitan dan memiliki fungsi sendiri-sendiri. Jika kedua atau salah satunya bermasalah, maka anda sebagai pria akan mengalami masalah pada organ reproduksi yang anda miliki. Kita akan membahas apa itu epididimis dan apa fungsi dari epididimis.

Apa Itu Epididimis

Epididimis adalah saluran yang berkelok-kelok yang terletak di dalam skrotum pada testis. Epididimis setiap pria selalu berpasangan, keduanya berada disisi kiri dan kanan. Sperma yang berasal dari testis akan masuk ke epididimis sebelum menuju van deferens.

Fungsi Epididimis

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan penting anda, seperti yang terdapat pada judul, bahwa epididimis sebagai ‘pabrik’ sperma. Mengapa dikatakan pabrik? Sperma sebelum keluar atau menuju vas deferens akan masuk ke epididimis terlebih dahulu.

Saat masuk ke epididimis, sperma belum matang sehingga sperma akan melalui pematangan hingga siap di keluarkan dari dalam organ reproduksi pria (ejakulasi). Pematangan sperma ini memerlukan bantuan lain seperti pengaruh dari hormone testosterone, kalium, nutrium, karbondioksida, dan kondisi pH di dalam epididimis tersebut.

Sperma yang telah masuk ke dalam epididimis akan berada dalam epididimis selama satu minggu sebelum disalurkan menuju vas deferens. Karena sebelum masuk ke dalam epididimis, sperma tidak bisa bergerak dan berenang, bahkan sperma yang masuk ke dalam epididimis bukanlah sperma yang subur. Setelah keluar dari epididimis maka sperma tersebut akan menjadi sperma yang subur dan siap melakukan pembuahan.

chat

Bagian Epididimis

Selain fungsi epididimis, kita akan membahas mengenai bagian-bagian yang ada pada epididimis itu sendiri. Bagian tersebut terdiri dari bagian kepala, ekor, dan badan epididimis. Dan ketiganya memiliki peran yang berbeda-beda.

Kepala epididimis, kepala merupakan tempat awal sperma masuk ke dalam epididimis. Sperma yang sampai di kepala epididimis masih sangat cair.

Badan epididimis, setelah melalui kepala, sperma akan masuk ke dalam badan epididimis. Disinilah sperma akan di matangkan.

Ekor epididimis, ekor memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan kepala. Bahkan pada bagian ekor itulah proses pengentalan sperma terjadi sebelum masuk ke vas deferens.

Vas Deferens

Setelah kita mengenal apa itu epididimis dan fungsi epididimis. Maka selanjutnya kita akan bahas vas deferens. Dari awal, kita selalu membahas epididimis dan vas deferens, maka sebaiknya kita juga mengetahui fungsi dari vas deferens itu sendiri.

Sperma yang telah di matangkan oleh epididimis akan di alirkan menuju vas deferens. Vas deferens dapat dikatakan sebagai tempat penampungan sperma sebelum dikeluarkan melalui proses ejakulasi. Setelah proses ejakulasi, dan sperma masuk ke dalam vagina maka akan terjadi pembuahan di dalam rahim wanita tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai epididimis dan vas deferens. Apabila anda ingin mengetahui seberapa baik kondisi sperma anda. Maka anda dapat langsung mengklik banner konsultasi online di bawah ini. Tim medis kami, akan senang hati menjawab setiap pertanyaan anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan