• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Faktor Risiko Dan Efek Radang Panggul Wanita

Faktor Risiko Dan Efek Radang Panggul Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Efek radang panggul akan ada ketika seorang wanita memiliki beberapa masalah dalam organ-organ sistem reproduksinya. Radang panggul atau PID adalah salah satu penyakit ginekologi yang sangat berbahaya dan berisiko tinggi bagi kesehatan seksual seorang wanita. Mengapa efek radang panggul wanita sangat berbahaya?

Karena pada panggul seorang wanita dalam sistem organ reproduksi terdapat leher rahim, rahim, indung telur, dan juga tuba fallopi, yang mana setiap bagian-bagian tersebut dalam sistem organ reproduksi memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Dan jika ada seorang wanita yang memiliki masalah atau penyakit radang panggul maka hal itu juga akan berisiko pada area lain disekitarnya.

Sebagian besar wanita memiliki faktor risiko yang lebih untuk mendapatkan keluhan dan juga efek radang panggul baginya. Terkadang Anda mungkin juga tidak akan menyadari keluhannya secara langsung karena tanda-tanda keluhan yang lebih bersifat asimtomatik sehingga Anda tidak dapat menyadarinya pada tahap awal

Apa Penyebab Dan Gejala Dari Radang Panggul?

Banyak faktor yang menjadikan seorang wanita mendapatkan keluhan dan efek radang panggul, yang lebih sering ditemukan biasanya kerena adanya infeksi menular seksual (IMS). Ketika Infeksi dari jenis mikroorganisme menyebar dari vagina menuju ke leher rahim dan terus masuk hingga area lainnya didalam organ reproduksi Anda dan menyebabkan keluhan radang panggul.

Klamidia dan bakteri penyebab keluhan kencing nanah merupakan organisme yang paling sering menjadi penyebab awal adanya keluhan keputihan abnormal pada seorang wanita. Yang dalam jangka waktu panjang jika keluhannya terus dibiarkan tanpa ada pengobatan yang tepat tentu akan menghasilkan infeksi yang terus berjalan hingga mengakibatkan kondisi lebih fatal.

Seorang wanita yang mengalami keluhan radang panggul biasanya akan mulai mengalami beberapa gejala-gejala dan efek dari infeksi bakteri tersebut misalnya seperti:

o Keputihan tidak normal yang keluar dalam waktu lama

o Keputihan berbau, gatal, berwarna, serta bertekstur yang tidak biasa

o Nyeri atau sakit pinggang, pinggul, serta perut bagian bawah

o Nyeri atau pendarahan saat kontak seksual

o Gejala-gejala infeksi saluran kemih kronis

o Flek atau bercak darah diluar siklus menstruasi

o Periode menstruasi yang lebih terasa menyakitkan

Secara umum, gejala-gejala diatas tersebut mungkin akan terlihat sama dengan smeua jenis peradangan ginekologi kronis lainnya. Yang mana setiap gejala dari adanya penyakit ginekologi pada seorang wanita akan diawali dengan keluarnya keputihan abnormal yang berlangsung lebih intensif atau jangka panjang.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Pinggang Kanan Sakit Pada Wanita

chat

Meningkatnya Risiko Dan Efek Radang Panggul

Sebuah keluhan akan menjadi lebih berbahaya atau Anda akan berkesempatan lebih untuk mendapatkan keluhan tersebut jika didukung dengan adanya beberapa faktor-faktor yang meningkatkannya. Sejumlah tindakan atau aktifitas tertentu seperti berikut adalah beberapa faktor risiko tersebut, yang diantaranya adalah:

o Seorang wanita yang aktif dalam kontak seksual di usia muda

o Memiliki banyak pasangan seksual atau sering berganti-ganti pasangan

o Melakukan kontak seksual dengan pasangan yang memiliki lebih dari satu pasangan atau tindakan berisiko lainnya

o Douching (pembersihan vagina dengan menyemprotkan cairan) yang terlalu sering dilakukan

o Riwayat infeksi menular seksual atau peradangan ginekologi sebelumnya

Kondisi-kondisi tersebut tentu akan meningkatkan risiko dan juga efek radang panggul yang dihasilkan dari infeksi tersebut. Berlangsungnya kondisi infeksi yang disertai dengan adanya beberapa faktor risiko diatas maka semakin cepat pula Anda mendapatkan komplikasi atau efek radang panggul terhadap kesehatan Anda. Apa saja efek radang panggul yang bisa terjadi jika tidak diobati dan ditangani?

o Kehamilan ektopik

Kehamilan diluar rahim atau kehamilan ektopik adalah ketika proses pembuahannya terjadi didalam saluran tuba fallopi.

o Infertilitas atau kemandulan

Efek radang panggul yang terlambat akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk hamil karena adanya beberapa masalah pada sistem organ reproduksi.

o Jaringan parut

Pembentukan jaringan parut baik diarea luar maupun dalam tuba fallopi juga bisa muncul dan menyebabkan adanya penyumbatan abnormal pada area organ reproduksi Anda.

o Nyeri panggul atau pinggang

Nyeri panggul hebat dalam jangka panjang juga akan sangat menganggu aktifitas serta kondisi Anda bahkan hingga hitungan bulan bahkan tahun.

o Tuba-ovarium abses

Efek radang panggul dari infeksi juga bisa menyebabkan adanya abses (sekumpulan nanah) yang terbentuk pada tuba uterus dan juga ovarium hingga dapat mengancam jiwa.

Minimalisir Penyakit Radang Panggul Dengan Pengobatan

Apakah penyakit radang panggul dapat diobati dan disembuhkan? Ya, penyakit radang panggul dapat disembuhkan jika Anda dapat didiagnosis sedini mungkin. Meskipun segala bentuk kerusakan atau masalah yang ditimbulkan dari infeksi atau efek radang panggul tersebut tidak dapat diperbaiki seutuhnya, namun dengan perawatan dan pengobatan yang dilakukan maka Anda juga dapat meminimalisir bahaya dan efek radang panggul tersebut untuk lebih parah.

Pengobatan dan perawatan apa yang Anda butuhkan untuk penyakit radang panggul akan memiliki perbedaan yang lebih disesuaikan dengan kondisi tubuh dan juga tingkat keparahan yang sudah diakibatkan. Beberapa mungkin akan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosisanya secara pasti misalnya seperti:

o Tes dan uji darah ataupun urin

Tes dan uji ini dilakukan secara laboratorium untuk menunjukan penyebab infeksi dan penanda dari peradangan yang Anda alami.

o USG (ultrasonography)

Pemeriksaan secara USG ini akan lebih digunakan sebagai pencitraan untuk membuat gambaran melalui gelombang suara dari sistem organ reproduksi bagian dalam Anda.

o Laparoskopi

Prosedur bedah minor untuk melihat organ panggul Anda dengan memasukan beberapa instrumen tipis kedalam area dinding perut.

o Skrining PMS

Karena sebagian besar penyakit radang panggul disebabkan oleh jenis-jenis mikroorganisme penyakit menular seksual (PMS) maka Anda juga akan dimungkinkan untuk melakukan beberapa pengecekan mengenai penyebabnya.

Semakin lama Anda menunggu, secara jelas pula Anda akan semakin berkemungkinan untuk mengalami komplikasi berat pada sistem organ reproduksi bagian dalam. Karena penyakit radang panggul ini bukanlah sebuah keluhan yang bisa dianggap biasa bagi seorang wanita, sehingga Anda juga diharuskan untuk memperlakukannya secara intensif dengan dokter maupun tenaga medis ahli yang memang berkompeten dalam bidangnya.

Memberitahu kondisi Anda kepada pasangan juga sangat penting agar nantinya tidak saling menginfeksi jika ditemukan penyebabnya adalah PMS. Melakukan pemeriksaan dan pengujian bersama tentu akan sangat disarankan agar menyelesaikan perawatan secara tuntas guna menghindari adanya bahaya radang panggul yang berulang jika Anda terinfeksi PMS.

Seorang wanita yang memiliki riwayat penyakit radang panggul sebelumnya berarti juga akan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan keluhan berulang ketika tidak dilakukan pengobatan dan penanganan yang tepat. Pastikan juga Anda dan pasangan tidak melakukan segala bentuk kontak seksual apapun hingga perawatan dan pengobatan yang dilakukan telah selesai dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Hubungi dokter kami dengan nomor 081336361555 untuk informasi dan konsultasi kesehatan organ reproduksi kewanitaan Anda di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga: Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan