• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Eritrosit Tinggi

Eritrosit Tinggi | Pengertian Eritrosit Tinggi
Nilai Rata-rata: 9.2 / 10 (13 orang penilai )

eritrosit tinggi

Pengertian Eritrosit Tinggi

Eritrosit adalah sel darah dalam tubuh manusia yang kandungan sel darah eritrosit yaitu hemoglobin, dimana cara kerja hemoglobin adalah dapat membawa oksigen ke dalam tubuh. Eritrosit juga sering disebut dengan sel darah merah (RBC). Eritrosit atau sel darah merah dimiliki semua manusia, terkoordinir di dalam tubuh manusia, dimana sel darah merah mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh anda.

Eritrosit yang tinggi di sebut dengan kelainan erytrocitosis, dimana melebihi rentang normal pada tubuh anda. Untuk rentang normal eritrosit dalam tubuh anda adalah dewasa umumnya pada pria yaitu 700.000 menajdi 5,2 juta sel darah merah per mikrokilometer (MCL) sedangkan pada wanita  yaitu 500.000 menjadi 4,6 juta sel darah merah per MCL.

Pada anak-anak memiliki ambang batas untuk jumlah sel merah atau eritrosit tinggi adalah bervariasi sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Jika anda mengalami eritrosit yang tinggi maka, dokter akan menyarankan anda untuk perbanyak istirahat dan memberikan terapi obat.

Anda sudah mengetahui jika mengalami eritrosit yang tinggi yaitu karena beberapa faktor diantaranya kadar oksigen yang rendah, anda mengalami penyakit ginjal, atau masalah lainnya.

Untuk menentukan jika eritrosit anda tinggi, maka anda perlu melakukan pengecekan darah dilaboratorium. Jika anda mengalami kondisi seperti ini yaitu eritrosit yang tinggi, maka oksigen dalam tubuh anda berkurang, tubuh anda bisa membantunya dengan meningkatkan produksi sel darah merah untuk mengkompensasi kondisi yang dapat menghasilkan kadar oksigen yang rendah.

Jadi tubuh anda sendiri yang berkoordinasi dalam kadar oksigen yang rendah, jika sudah terjadi oksigen yang rendah dan eritrosit semakin tinggi maka akan mengalami beberapa penyakit diantaranya yaitu :

eritrosit tinggi 1

  1. Penyakit jantung bawaan, khusus orang dewasa
  2. Gagal jantung
  3. Hemoglobinopati, yaitu suatu kondisi pada saat lahir dimana mengurangi kapasitas pembawa oksigen dari sel darah merah
  4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan penyakit paru lainnya
  5. Fibrosis paru
  6. Slip apnea
  7. Akan menderita penyakit gagal ginjal
  8. Seseorang yang mengkonsumsi obat yang sudah terlalu lama dengan obat-obatan tertentu
  9. Ketergantungan nikotin dikarenakan merokok

Jika anda mengalami eritrosit tinggi, biasanya dokter akan menemukannya jika sudah melakukan tes darah atau pengambilan contoh darah untuk menentukan suatu diagnose. Anda bisa melakaukan konsultais dengan dokter, tetang hasil tes darah yang anda lakukan.

Jika ditemukan pada anda eritrosit tinggi maka dokter akan memberikan terapi atau menyarankan tes tambahan untuk memantau kondisi anda. Klinik utama gracia, melayani pemeriksaan eritrosit. Jika anda mengkhawatirkan terjadi eritrosit tinggi pada diri anda, anda bisa melakaukan pemeriksaan langsung ke klinik utama gracia. Anda juga bisa berkonsultasi garatis seputar eritrosit tinggi dengan tim medis kami. Sialahkan kunjungi website Klinik Utama Gracia agar anda mendapatkan informasi lebih lanjut. Terima kasih

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan