• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Epididimis Dan Epididimitis

Epididimis Dan Epididimitis | Fungsi Epididimis
Nilai Rata-rata: 9.3 / 10 (10 orang penilai )

fungsi epididimis

Pengertian  Epididimis Dan Epididimitis

Dokter spesialis klinik utama gracia, menjelaskan bahwa fungsi epididimis adalah merupakan saluran berupa tabung yang ada di bagian belakang testis yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma. Sedangkan penyakit epididimitis adalah infeksi akibat peradangan pada daerah belakang testis yang menyebabkan nyeri menyeluruh pada skrotum.

Biasanya jua epididimistis sudah parah, maka akan menimbulkan nyeri hebat serta muncul adanya pembengkakan dibagian skrotum. Infeksi yang menyebabkan muncul epididimis adalah, infeksi dari saluran kemih atau infeksi karena hubungan seksual.  Bakteri atau kuman yang berada di uretra membawa urin dan sperma dari penis melalui perkemihan dan mengaggu struktur reproduksi pada epididimistis.

Jika epididimis sudah akut/parah maka nyeri yang muncul adalah tak tertahankan atau nyeri hebat, serta muncul pembengkakakan. Jika  gejala tersebut berlangsungalama selama setelah pengobatan maka kondisi tersebut dianggap kronis.

Penyebab nyeri pada skrotum adalah epididimitis. Jika epididimis sudah dalam diagnose akut maka akan muncul nyeri hebat dan pembengkakakan. Jika gejala berlangsung selama lebih dari enam minggu setelah pengobatan dimulai, kondisi ini dianggap kronis. Biasanya epididimistis dapat terjadi pada laki-laki setelah pubertas, dan paling umum terjadi pada usia18 dan 40 tahun.

Jika anda terdiagnosa epididimistis, maka biasanya dokter spesialis andrologi akan memberikan antibiotic untuk dikonsumsi danya menyarankan anda untuk beristirahat dari aktivitas dalam masa penyembuhan.

fungsi epididimis

Penyebab Serta Gejala Epididimitis  

Berikut penjelasan tentang penyebab penyakit epididimitis :

  • Epididimitis disebabkan oleh orgasme atau bakteri dari penyakit menular seksual (PMS), bisa juga dari bakteri setela melakukan operasi prostat. Biasanya jika sudah akut akan mengeluarkan nanah, yang menyebabkan infeksi epididimis bisa dibagian tubuh lainnya .
  • Cedera atau infeksi pada skrotum juga dapat menimbulkan penyakit epididimitis, serta iritasi urin yang menumpuk di bagian saluran jalannya sperma pada skrotum.
  • Ciri-ciri utama yang bisa membantu anda untuk melihat keadaan skrotum anda, apakah terdiagnosa epididimitis yaitu ditandai dengan pembengkakakn dan kemerahan pada skrotum.
  • Beberapa testis akan muncul rasa sakit, ketika terkena epididimitis, dan testis lainnya akan terasa lembut atau nyaman.
  • Anda akan merasa menggigil dan demam

Apabila anda memiliki kelenjar getah bening pada selangkangan, maka akan muncul nyeri yang sangat hebat dan epididimitis yang terjadi akan semakin parah. Resiko yang akan terjadi jika epididimitis di katakana akut, maka akan menyerang infeksi kandung kemih, ginjal, prostat, saluran kemih, serta akan muncul penyakit baru lainnya.

Jika anda sudah merasakan gejala epididimitis, maka secepatnya anda melakukan pemeriksaan ke spesialis andrologi agar cepat diatasi dan dilakukan penanganan untuk penyembuhan secara cepat dan tepat.

Komplikasi Epididimitis 

  1. Epididimitis kronis, yaitu jika tidak diobati maka peradangan akan terjadi secara berkelanjutan
  2. Abses, nananh akan menumpuk pada bagian epididimis atau struktur anttomi bagian lainnya yang nantinya jika tidak diatasi maka akan dilakukan pembedahan untuk mengobati abses tersebut.
  3. Terjadi penghancuran epididimis, penghancuran disini dijelaskan bahwa peradanagn akan muncul secara permanen yang dapat merusak atau bahkan menghancurkan epididimitis dan testis, dan juga menyebabkan infertilitas.
  4. Penyebaran infeksi, infeksi dapat menyebar didaerah skrotum ke struktur lain atau system tubuh.
     

Itulah sedikit Artikel menarik di tentang pengertian Epididimis dan Epididimitis. Masih banyak artikel kesehatan menarik yang lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan