• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Efek Keputihan Abnormal Pada Wanita

Efek Keputihan Abnormal Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Keputihan dapat terjadi dengan 2 kondisi, yaitu keputihan normal dan juga keputihan abnormal. Namun terkadang wanita sulit membedakan keduanya. Padahal perbedaan ini harus diketahui oleh setiap wanita. Sehingga bila keputihan abnormal terjadi, para wanita dapat melakukan penanganan yang tepat agar tidak terjadi efek keputihan abnormal yang merugikan wanita. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal terkait keputihan abnormal yang harus Anda ketahui.

Keputihan Abnormal

Keputihan yang tidak normal atau abnormal, atau disebut juga keputihan patologis, dapat terjadi karena banyak hal, seperti infeksi bakteri, jamur, ataupun penyakit menular seksual. Dengan berbedanya penyebab keputihan abnormal, maka berbeda pula ciri atau gejala yang akan terjadi.

Normalnya, keputihan tidak akan berwarna atau terlihat bening, tidak berbau, dan tidak membuat gatal atau sensasi panas. Namun berbeda dengan keputihan abnormal dimana keputihan dapat terlihat berwarna seperti keabuan, kekuningan, ataupun kehijauan, mengeluarkan bau tidak sedap seperti bau amis atau bau busuk, dan juga menyebabkan gatal serta panas pada area sekitar vagina. bahkan adapula keputihan yang timbul disertai dengan nyeri ketika melakukan hubungan seksual ataupun ketika buang air kecil.

chat

Efek Keputihan Abnormal

Gangguan yang terjadi pada organ reproduksi wanita yaitu vagina, akan membuat terjadinya keputihan abnormal. Bila dibiarkan, maka akan menimbulkan efek keputihan yang merugikan dan juga berbahaya bagi wanita.

Adanya infeksi yang terjadi pada vagina dapat menimbulkan penyakit radang panggul atau PID, dimana diakibatkan oleh infeksi dari vagina yang sudah menyebar dan naik hingga ke panggul. Hal ini sangat sering dialami oleh wanita yang menderita penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia.

Bukan hanya itu saja, bila sudah terjadi radang panggul, maka komplikasi lanjutan yang mungkin terjadi adalah permasalahan kesuburan dan juga kehamilan ektopik dimana kehamilan terjadi di luar rahim. Tentunya hal-hal ini akan merugikan wanita yang mengalaminya.

Keputihan abnormal juga dapat menjadi racun pada tubuh, karena keputihan tersebut cenderung terjadi karena infeksi mikroorganisme jahat pada area kewanitaan.
Ketika keputihan abnormal terjadi, Anda sebaiknya menghindari hubungan seksual. Karena bila penetrasi terjadi saat vagina mengalami keputihan abnormal, malah akan memicu terjadi iritasi karena gerakan penis. selain itu, infeksi dapat meluas dan membahayakan organ reproduksi di sekitar rahim.

Pengobatan

Pengobatan akan dilakukan setelah dokter melakukan pemeriksaan sampel keputihan, ataupun pemeriksaan darah bila dibutuhkan, yang umumnya dilakukan pada penderita penyakit menular seksual. Setelah itu, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Selain itu, Anda harus selalu memperhatikan kebersihan dan kelembaban area kewanitaan agar tidak ada mikroorganisme jahat yang menyerang area kewanitaan. Anda juga disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual yang berisiko yang dapat memungkinkan Anda tertular penyakit menular seksual.

Konsultasikan dan periksakan kondisi yang Anda alami pada Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan