• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Efek Kencing Nanah Pada Organ Genital

Efek Kencing Nanah Pada Organ Genital
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )



Efek kencing nanah pada organ genital pria maupun wanitanya tentu akan ada dan bahkan bisa berakibat fatal jika terus dibiarkan. Seberapa tahu Anda tentang penyakit kencing nanah atau gonore? Terkadang banyak orang yang keliru menganggap penyakit kencing nanag atau gonore ini dengan menyebut sebagai keluhan sipilis atau raja singa.

Dalam artikel ini, kita akan memberikan sedikit informasi pada Anda mengenai kencing nanah dan juga efek kencing nanah pada organ genital pria dan wanita serta bagi kesehatan organ genital Anda. Penyakit kencing nanah atau gonore adalah salah satu yang termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri neisseria gonorrhoeae.

Kencing nanah termasuk umum dan sering didapatkan dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya melalui berbagai kontak seksual secara aktif sebagai media penyebarannya. Bakteri akan mudah ditemukan dalam cairan dari penis atau cairan vagina orang yang terinfeksi. Akan tetapi tidak akan mudah untuk mengenali bakterinya secara kasat mata, dan terkadang Anda juga mungkin mendapatkan infeksinya dari jenis bakteri yang berbeda misalnya klamidia.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Penyakit Gonore

Mengenali Gejala Kencing Nanah Pada Organ Genital

Munculnya gejala dari sebuah keluhan tentu menandakan adanya infeksi pada bagian tubuh Anda. Dan hal ini tentunya bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak sedang dalam kondisi yang baik bahkan Anda akan berpotensi untuk mendapatkan efek kencing nanah pada organ genital. Setiap keluhan tentu akan memiliki gejala yang bervariasi dari satu orang dengan orang lainnya, hal ini didukung dengan kondisi tubuh atau sistem setiap orang yang berbeda-beda.

Dalam perkembangannya, gejala dari keluhan kencing nanah saat ini akan mulai muncul pada 2 sampai 10 hari setelah infeksinya memasuki tubuh seseorang. Sehingga selama masa inkubasi tersebut Anda mungkin akan merasakan gejala-gejala seperti:

o Keluarnya cairan atau kotoran berwarna kuning kehijauan pada alat kelamin, keputihan dengan warna yang sama biasanya terjadi pada wanita

o Sakit atau nyeri buang air kecil (BAK)

o Kebutuhan buang air kecil (BAK) yang mendesak dan lebih sering

o Kemerahan atau peradangan pada area kelamin

o Sensasi terbakar atau gatal uretra saat buang air kecil (BAK)

o Nyeri perut bagian bawah atau rasa ketidaknyamanan berlebih

o Sakit atau nyeri saat hubungan seksual bahkan hingga perdarahan

Seseorang juga mungkin akan mengembangkan keluhannya pada area rektum atau dubur, mata, dan juga tenggorokan karena infeksi ini mungkin akan menyebar atau berpindah melalui oral dan anal. Anda hanya perlu menyadari gejala dan efek kencing nanah pada organ genital dengan cepat untuk bisa mendapatkan perawatan secara efektif.

Efek Kencing Nanah Pada Organ Genital

Dari setiap gejala keluhan yang Anda rasakan tentunya hal tersebut akan menghasilkan efeknya, dimana kondisi ini tentu akan lebih menyadari kondisi yang lebih bersifat kronis. Siapapun yang memiliki riwayat aktif secara seksual tentu akan berpotensi untuk mendapatkan infeksi kencing nanah. Penting untuk Anda ketahui bahwa infeksi dan efek kencing nanah pada organ genital tentu dapat dikurangi dan dicegah dengan adanya perawatan.

apa saja bahaya atau efek kencing nanah pada organ genital? Beberapa kondisi bahaya dan efek dari kencing nanah pada organ genital diantaranya adalah:

o Epididimitis

Peradangan epididimitis adalah salah satu efek yang bisa dihasilkan dari adanya infeksi dari bakteri penyebab kencing nanah, dimana peradangannya muncul disekitar tabung di testikel yang membawa air mani.

o Sepsis

Ialah kondisi dimana bakteri masuk kealiran darah dan dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa pada bagian tubuh lain.

o Radang panggul pada wanita

PID (pelvic inflammatory disease) atau penyakit radang panggul adalah kondisi yang berbahaya bagi seorang wanita karena juga bisa mengakibatkan adanya kondisi seperti kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim) dan juga infertilitas.

o Komplikasi kehamilan dan persalinan

Efek kencing nanah pada organ genital wanita salah satunya adalah ketika dirinya dalam kondisi hamil dan didiagnosis dengan kelihan gonore, yang berarti dirinya juga berpotensi untuk menularkan infeksinya pada bayinya melalui jalan lahir.

o Prostatitis

Infeksi pada kelanjar prostat dan testikel juga menyebabkan berkurangnya tingkat kualitas produksi sperma yang dihasilkan oleh seorang pria atau dalam artian Anda akan memiliki tingkat kesuburan yang rendah atau infertilitas.

Setiap bahaya atau efek kencing nanah pada organ genital baik pria maupun wanita yang muncul tentunya akan disebabkan oleh kondisi yang sudah berlangsung dalam jangka panjang. Pada sebagian kasus tertentu seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang ditekan tentu akan lebih mudah untuk mengembangkan bahaya dan efeknya pada tubuh.

 

chat

Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari adanya efek kencing nanah pada organ genital Anda? karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, Anda juga harus melakukan beberapa tindakan yang harus dilakukan dalam mengatasi keluhan kencing nanah yang Anda alami. Mendatangi dan melakukan pemeriksaan secara langsung akan sangat penting bagi Anda dalam menjalankan perawatan yang dibutuhkan.

Dimana seseorang mungkin akan disarankan untuk melakukan beberapa tindakan pemeriksaan dan pengecekan seperti:

o Tes urin

o Swab atau pengambilan sampel cairan sekresi pada area kelamin, dubur, maupun tenggorokan

o Cek darah lengkap

o Pap smear untuk wanita

Dalam beberapa tes dan uji tersebut akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan juga apa yang menjadi kondisi mendasar pada keluhan Anda tersebut. Cara kerja dari perawatan untuk keluhan kencing nanah tentunya akan lebih maksimal jika Anda juga melakukan beberapa tindakan perubahan sebagai langkah pencegahan, atau untuk antisipasi terhadap efek kencing nanah pada organ genital yang buruk kesehatan Anda lainnya.

Diantaranya Anda juga bisa melakukan tindakan-tindakan seperti menghindari berbagai kontak seksual yang berisiko, mengubah gaya hidup agar lebih sehat, serta tidak lebih menjaga kesehatan. Beberapa orang mungkin akan merasa gejala yang berulang jika dirinya tidak melakukan perawatan dengan benar dan tuntas. Karena strain bakteri akan mudah resisten terhadap segala bentuk pengobatan yang telah dilakukan sebelmunya.

Untuk menghindari efek kencing nanah pada orga genital yang berkepanjangan atau dapat berbahaya bagi kondisi kesehatan Anda, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi jika Anda menyadari adanya bentuk keluhan tersebut. Klinik Utama Gracia, solusi untuk mengatasi keluhan genital Anda secara medis dengan tepat dan tuntas.

Informasi Lebih Lanjut silahkan klik layanan konsultasi kami via chating online atau hubungi 081336361555 dengan dokter dan tenaga medis kami.

Baca Juga: Gejala Kencing Nanah Pada Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan