• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Disini Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis hingga Tuntas

Disini Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis hingga Tuntas
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Cara menyembuhkan penyakit sipilis dan apakah penyakit sipilis dapat disembuhkan? Secara umum, penyakit sipilis dapat disembuhkan sesuai dengan kondisi dan juga tingkat keparahannya. Dalam sebuah kasus untuk penyakit sipilis, dimana seseorang yang terinfeksi oleh mikroorganisme penyebab sipilis biasanya akan mengembangkan beberapa tahapan atau fase dalam masa infeksinya.

Hal tersebut terjadi karena penyakit sipilis memang memiliki beberapa tahapan didalamnya, dan diantara setiap tahapannya juga memiliki cara menyembuhkan penyakit sipilis yang berbeda serta akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Inilah tahapan dan ciri gejala sipilis disetiap tahapannya:

o Sipilis primer

Sipilis primer adalah sipilis tahap I yang memiliki sifat peralihan, mengapa demikian? Karena dalam tahap inilah penyakit sipilis akan sangat mudah menular namun juga menjadi fase awal yang mudah untuk diobati. Gejalanya akan muncul dengan luka (chancre) berbentuk bulat dengan area yang khas dan jika disentuh akan terasa lebih keras namun tidak menimbulkan rasa sakit.

o Sipilis sekunder

Tahap ke II dari infeksi penyakit sipilis yang paling terlihat adalah ketika Anda akan mengalami gejala ruam atau kemerahan di area tangan maupun kaki bahkan tidak jarang juga muncul diseluruh badan tanpa rasa gatal. Dimana fase ini terjadi setelah tahap awal sudah terlewati baik dengan atau tanpa pengobatan yang dilakukan, sehingga bakteri penyebab sipilis mulai menyerang bagian lain pada tubuh Anda.

o Sipilis tersier

Sipilis tahap III atau tahap lanjut dimana infeksi bakterinya sudah mulai merusak bagian atau organ vital ditubuh Anda. Untuk sipilis tahap ini gejalanya akan lebih dirasakan dalam jangka panjang setelah infeksi awal terjadi, sehingga kondisi ini bahkan bisa dirasakan dalam jangka tahunan. Gejalanya akan lebih mengarah pada masalah kardiovaskuler, menurunnya kemampuan otak, atau gangguan penglihatan dan pendengaran dan kondisi kronis lainnya.

Penyebab Infeksi Sipilis?

Jenis bakteri treponema pallidum adalah mikroorganisme penyebab penyakit sipilis yang utama, dimana sipilis juga lebih dikenal dengan sebutan raja singa. Sipilis ini termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS) yang mana penyakit sipilis dapat menyebar melalui beberapa bentuk kontak seperti:

o Kontak seksual anal, oral, atau vaginal

o Ciuman atau kontak langsung dengan luka sipilis

o Berbagi mainan seks

o Kehamilan atau kelahiran dari ibu yang terinfeksi bakteri sipilis

o Melakukan tindakan-tindakan berisiko seperti penggunaaan alat suntk yang tidak steril atau konsumsi jenis obat-obatan tertentu misalnya narkoba

Semua orang yang aktif secara seksual akan berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan infeksi bakteri sipilis dan Anda akan membutuhkan cara menyembuhkan penyakit sipilis yang tepat. Ketika bakteri treponema pallidum masuk kedalam tubuh maka bakteri ini dapat memasuki sistem limfatik atau aliran darah Anda. Dan dalam beberapa jam atau hari bakterinya akan dengan cepat menyebar hingga ke seluruh bagian tubuh termasuk juga otak Anda.

Terkadang dalam beberapa kasus penyakit sipilis juga dapat ditransmisikan melalui kontak tidak langsung yang dilakukan, dimana seseorang yang memiliki gejala penyakit sipilis tidak mengetahui kondisinya dan melakukan kontak seksual dengan orang lain. Atau juga jika Anda melakukan kontak langsung dengan luka sipilis maupun peralatan medis dari orang yang terinfeksi sipilis secara tidak sengaja.

Baca Juga: Menghentikan Gejala Penyakit Sipilis

chat

Diagnosis Untuk Tahu Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis

Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian medis agar tahu cara menyembuhkan penyakit sipilis dengan benar, dan jika dicurigai terhadap infeksi penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Yang mana pemeriksaan dan pengujian akan sangat dibutuhkan dalam proses diagnosis keluhan, guna menentukan perawatan apa yang sesuai serta bagaimana cara menyembuhkan penyakit sipilis yang Anda alami tersebut hingga tuntas.

Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mendatangi dokter atau pelayanan medis terkait dengan keluhan Anda tersebut. Pemeriksaan untuk keluhan penyakit sipilis biasanya akan lebih disesuaikan atau lebih dikhususkan, guna diagnosis yang tepat dan menentukan cara menyembuhkan penyakit sipilis yang tepat. Berikut adalah pemeriksaan atau pengujian yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit sipilis:

o VDRL (venereal disease research laboratory), merupakan suatu pemeriksaan dengan mengambil sampel darah untuk diuji secara laboratorium guna menentukan diagnosis tepat dari gejala-gejala penyakit sipilis yang dialami oleh seseorang.

o TPHA (treponema pallidum hemagglutination assay), tes TPHA cenderung lebih bersifat spesifik atau khusus. Dimana tes ini digunakan untuk mencari antibodi terhadap bakteri sipilis jika pemeriksaan sebelumnya menghasilkan perbedaan meskipun secara gejalanya jelas mengarah pada infeksi sipilis.

Karena setiap pemeriksaan atau pengujian akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi dari orang tersebut maka Anda mungkin hanya akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan saja. Selain dengan pemeriksaan diatas, dokter Anda juga bisa menyarankan beberapa tes penunjang lain guna memberikan informasi jelas mengenai kondisi Anda yang diantaranya adalah:

o Swab atau menyeka area luka (chancre)

Jika Anda menyadari luka sipilis (chancre) timbul pada area kelamin dan segera melakukan pemeriksaan maka dokter Anda mungkin hanya akan melakukan pemeriksaan dengan menyeka area luka untuk mendapatkan sampel dan dilihat dibawah mikroskop.

o Skrining PMS

Mengapa Anda harus melakukan skrining PMS? karena luka sipilis yang muncul pada area kelamin Anda dapat menjadi titik masuknya virus atau infeksi lain dari penyakit menular seksual (PMS) misalnya seperti HIV. Dimana seseorang yang mendapatkan diagnosis sipilis juga berkesempatan lebih untuk terinfeksi HIV.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Dengan Sipilis?

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit sipilis pada seseorang? dan apa yang harus Anda lakukan dengan jika didiagnosis dengan penyakit sipilis? Cara menyembuhkan penyakit sipilis tentunya harus dilakukan secara medis, karena tidak dapat dipastikan jika penyakit sipilis dapat disembuhkan hanya dengan perawatan rumahan atau perawatan yang dilakukan secara sembarang tanpa ada anjuran yang tepat dari dokter maupun tenaga medis.

Setiap penyakit tentunya dapat berpotensi menyebabkan kondisi yang komplikatif atau berbahaya, dan tidak terkesuali juga dengan penyakit sipilis. Salah satu penyakit menular seksual (PMS) ini dapat menyebabkan bahaya fatal bagi kesehatan yang besifat permanen bahkan hingga kematian jika tidak dapat ditangani dengan segera dan tepat.

Pemeriksaan tidak harus dilakukan ketika Anda sudah mendapatkan gejalanya, karena gejala sipilis yang Anda rasakan bisa saja asimtomatik. Jadi jika Anda memiliki riwayat seksual yang berisiko, maka pemeriksaan dapat menjadi salah satu tindakan antisipasi yang bisa Anda lakukan. Cara menyembuhkan penyakit sipilis dari satu orang dengan orang lainnya mungkin akan berbeda, dan hal inilah yang menjadi alasan agar Anda dapat melakukan pemeriksaan personal.

Klinik Utama Gracia memiliki Cara menyembuhkan penyakit sipilis yang berbeda dari pelayanan medis pada umumnya. Dimana kami menangani secara khusus penyakit sipilis sesuai dengan tahapannya, sehingga Anda akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih tepat hingga tuntas. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di nomor 081336361555 atau klik layanan chat konsultasi kami secara gratis.

Baca Juga: Hati-Hati, Bahaya Penyakit Sipilis Mengintai Anda

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan