• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Daftar Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita

Daftar Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )



Gejala penyakit kelamin pada wanita akan lebih cenderung berisiko dan juga lebih rentan ketika infeksinya mulai menyebar hingga kedalam organ reproduksi bagian dalam. Penyakit kelamin yang menginfeksi seorang wanita biasanya akan disebabkan oleh kontak seksual dengan pria yang memang membawa mikroorganisme penyebab adanya penyakit menular tersebut.

Dalam beberapa kasus, wanita lebih dijadikan objek infeksi ketika dirinya didiagnosis dengan penyakit kelamin, hal ini karena seorang pria lebih berperan sebagai pembawa infeksinya. Banyak penyakit kelamin yang tidak menunjukkan gejala signifikan pada seorang wanita, sehingga sebagian besar wanita tidak akan menyadarinya dan menganggap sebagai kondisi lain.

Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) juga dikenal sebagai jenis-jenis penyakit yang cukup kompleks antara satu dengan lainnya. Setiap virus, bakteri, ataupun mikroorganisme lainnya yang mengakibatkan adanya infeksi tersebut masing-masing akan memiliki ciri gejalanya yang berbeda dan bervariasi.

Gejala-Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita

Setelah terjadinya kontak seksual, Anda mungkin tidak akan secara langsung mendapatkan gejala penyakitnya. Ada masa inkubasi bagi sebuah mikroorganisme mengembangkan dirinya didalam tubuh yang akhirnya menghasilkan sebuah gejala baik terlihat maupun tidak terlihat. Secara umum gejala penyakit kelamin pada wanita dapat meliputi:

o Gatal divagina dan area sekitarnya

o Ruam atau kemerahan

o Rasa sakit atau nyeri (buang air kecil atau berhubungan seksual)

o Sekresi atau pengeluaran keputihan yang abnormal

o Adanya lepuhan atau benjolan pada area genital

Tidak semua gejala tersebut dapat dirasakan dan dialami oleh setiap wanita, dan gejala-gejala tersebut juga tidak menggambarkan satu jenis penyakit kelamin saja. Sehingga Anda juga harus tahu beberapa jenis dan klasifikasi dari penyakit kelamin untuk dapat memastikan kondisinya mengarah pada jenis penyakit yang mana.


Baca Juga: Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?

chat

Daftar Penyakit Kelamin Yang Ada Pada Wanita

Berikut adalah beberapa penyakit kelamin yang umum ditemukan pada seorang wanita:

o Kutil Kelamin (Human papilloma virus)

Human papilloma virus (HPV) juga menjadi penyebab utama adanya kanker serviks pada seorang wanita. Yang berarti bahwa jika Anda mendapatkan diagnosis HPV untuk kutil kelamin maka Anda juga bisa berpotensi untuk mendapatkan kondisi lain seperti kanker serviks untuk seorang wanita.

o Klamidia Atau Gonore

Gejala penyakit kelamin pada wanita yang mengarah pada klamidia dan gonore memang hampir sama. Dan yang membedakannya adalah ketika Anda melakukan sebuah pemeriksaan atau pengecekan, maka akan ditemukan dua jenis bakteri yang berbeda. Neisseria gonorrhoeae untuk penyakit gonore (kencing nanah) dan chlamydia trachomatis untuk penyebab klamidia.

o Herpes Genital (HSV-2)

Meski ada dua jenis tipe virus yang menjadi penyebab keluhan herpes, tetapi Herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2) inilah yang menjadi penyebab utama adanya infeksi penyakit herpes genital. Virus ini masuk ke dalam tubuh Anda melalui kerusakan kecil pada kulit (luka atau lecet) ataupun selaput lendir. Untuk gejala awal herpes genital biasanya seseorang akan memiliki gejala dari tahap yang ringan (atau tidak ada sama sekali) hingga paling parah.

o Trikomoniasis

Penyakit trikomoniasis pada wanita adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh parasit mikroskopik satu sel disebut dengan trichomonas vaginalis. Jenis penyakit kelamin ini lebih sering ditemukan pada seorang wanita dan akan menimbulkan iritasi ringan hingga peradangan yang cukup berat pada area vagina.

o Sipilis atau raja singa

Penyakit kelamin sipilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini dapat mempengaruhi alat kelamin, selaput lendir, dan juga kulit seseorang, tetapi dalam jangka waktu panjang ini juga dapat melibatkan banyak organ vital di tubuh Anda seperti otak, jantung, dan sistem saraf.

o Kutu kelamin (pthirus pubis)

Jenis kutu yang termasuk penyakit kelamin ini tentu berbeda dengan kutu yang ada pada area tubuh lainnya. Parasit ini membutuhkan darah manusia untuk bertahan hidup dan biasanya akan tinggal atau ditemukan pada lapisan kulit. Tidak jarang gejala penyakit kelamin pada wanita ini juga menimbulkan adanya bercak kemerahan pada area kemaluan dan disertai dengan rasa gatal yang hebat.

Bagaimana Penyebaran Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita?

Secara langsung memang penyebaran dari penyakit kelamin memang berasalah dari adanya kontak seksual vaginal, anal, dan juga oral. Akan tetapi ada juga beberapa jenis dan gejala penyakit kelamin pada wanita yang dapat menular tanpa ada kontak seksual. Misalnya seperti hepatitis B yang dapat menular melalui sentuhan dengan darah orang yang terinfeksi.

Sebagian besar kontak tidak langsung memang tidaklah memberikan efek yang begitu besar pada penyebaran penyakit kelamin, namun hal ini masih tetap bisa terjadi. Dalam beberapa kasus, misalnya pada seorang ibu yang mengalami penyakit kelamin kemudian hamil dan melahirkan tentunya akan memberikan peluang penyebaran infeksi penyakit kelamin pada bayinya.

Saat ini Anda juga harus mewaspadai adanya gejala penyakit kelamin pada wanita yang bersifat asimtomatik, yaitu dimana Anda tidak dapat menyadari gejala sebuah penyakit akibat infeksi. Meskipun tanpa gejala, Anda akan masih tetap dapat menularkan infeksinya pada pasangan. Jadi sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan atau skrining penyakit kelamin, guna mengidentifikasi dan mengobati infeksinya sebelum menyebar atau menular pada orang lain.

Dapatkan Pemeriksaan Di Klinik Utama Gracia

Jika Anda mencurigai bahwa terjadi gejala penyakit kelamin atau infeksi menular seksual lainnya, maka yang perlu Anda lakukan saat ini adalah melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat dari dokter. Waktu pemeriksaan akan sangat penting bagi jalannya sebuah pengobatan yang Anda lakukan.

Sebuah pemeriksan dan pengobatan dilakukan untuk menghindari atau mencegah masalah kesehatan yang lebih parah akibat gejala penyakit kelamin pada wanita yang terlambat untuk ditangani. Klinik Utama Gracia menghadirkan layanan kesehatan terpadu secara khusus untuk mengatasi setiap keluhan penyakit kelamin, ginekologi, dan juga andrologi.

Dengan menggunakan sistem reservasi yang modern, serta peralatan medis yang canggih kami akan memberikan diagnosis dan perawatan yang disesuaikan dengan kondisi dari pasien. Sehingga akan lebih tepat dengan kebutuhan pengobatan Anda. Untuk kemudahan konsultasi dan pertanyaan Anda, silahkan hubungi kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga: Alat Reproduksi Manusia Dan Penyakit Pada Alat Reproduksi

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan