• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Coba Lakukan Ini! Untuk Mengatasi Bau Badan Anda

Coba Lakukan Ini! Untuk Mengatasi Bau Badan Anda
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Mengatasi bau badan memang tidaklah mudah dan bisa dilakukan secara singkat, namun Anda juga harus memiliki cara yang tepat untuk mengatasinya hingga tuntas. Bau badan yang sangat kuat sering menjadikan seseorang mudah merasa minder atau malu jika sedang melakukan aktifitas. Kondisi ini tentu akan merusak tingkat kepercayaan diri seseorang dan juga bisa menimbulkan tekanan psikologis serius bagi yang mengalaminya.

banyak orang yang memiliki kesalahpahaman saat dirinya mengalami bau badan, kebanyakan mereka akan berfikir jika keringat adalah penyebab utama adanya bau badan. Namun pada kenyataanya adalah keringat yang dihasilkan oleh tubuh tidak menghasilkan bau apapun, keringat akan berbau ketika mendapatkan reaksi dari bakteri yang ada pada permukaan kulit.

Sebagian besar keringat yang dihasilkan tubuh berasal pada area ketiak, meskipun pada dasarnya manusia memiliki 2 macam kelenjar keringat utama dalam tubuhnya yaitu ekrin dan apokrin. Keduanya akan menghasilkan keringat yang berbeda, dan kebanyakan keringat yang menghasilkan reaksi bau berasal dari kelenjar apokrin.

Lalu bagaimana Anda harus mengatasi bau badan yang dialami?

Mengatasi Bau Badan Dengan Praktik Kebersihan

Cobalah menerapkan beberapa praktik kesehatan seperti berikut sebagai bagian dari cara untuk mengatasi bau badan Anda.

o Mandi setiap hari

o Gunakan sabun antibakteri atau sabun yang dapat mengurangi bau

o Kenakan pakaian dari bahan yang dapat menyerap keringat atau berbahan serat alami seperti katun atau wol

o Mengganti pakaian setiap hari dan bersih

o Pastikan mengeringkan area tubuh Anda secara maksimal

o Bersihkan atau cukur area ketiak secara teratur

Cara mengatasi bau badan dengan praktik kebersihan seperti diatas memang bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda mengalami keluhan bau badan yang maih dalam tahap wajar atau ringan. Hal-hal tersebut efektif untuk mengurangi bau badan yang Anda rasakan jika dilakukan secara teratur, dan dijadikan sebagai praktik kebiasaan setiap harinya guna menjaga kebersihan tubuh Anda.

Baca Juga: Apakah Bau Badan Termasuk Masalah kesehatan?

chat

Diet Sehat Untuk Mengatasi Bau Badan

Cobalah ikuti diet seimbang yang sehat, karena dalam sebagian jenis makanan atau minuman yang Anda konsumsi juga bisa menimbulkan adanya bau. Secara tidak langsung, ada hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh seseorang dengan bau ditubuhnya. Apa saja yang dianjurkan bagi Anda untuk melakukan diet sehat?

o Batasi jumlah konsumsi makanan olahan atau junk food (makanan siap saji)

o Kurangi konsumsi daging merah

o Hindari alkohol, minuman mengandung kafein, atau juga jenis bawang-bawangan (khususnya bawang putih)

o Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan sebagainya

o Kurangi atau hindari makanan yang berminyak atau pedas

Diet sehat juga akan membantu Anda bagi yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan), karena sebagian besar orang-orang dengan kelebihan berat badan juga mengalami peningkatan produksi keringat didalam tubuhnya dan dapat menjadi pemicu adanya keluhan bau badan. Sehingga dengan melakukan diet sehat ini Anda juga bisa mengatasi bau badan serta mendapatkan kondisi tubuh yang lebih fit.

Modifikasi sederhana untuk melakukan beberapa perubahan metode diet dan gaya hidup Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menghilangkan atau mengendalikan bau badan secara alami yang bisa Anda coba. Meskipun tidak dapat memberikan efek langsung dalam jangka pendek, setidaknya Anda sudah bisa meringankan keluhan dengan mengunakan cara tersebut.

Tindakan Medis Untuk Bau Badan Yang Parah

Tindakan medis atau pembedahan mungkinakan direkomendasikan oleh dokter Anda jika memang Anda memiliki kondisi bau badan yang cukup terbilang parah dan tidak dapat diobati dengan metode perawatan mandiri atau alternatif perawatan dengan produk-produk tertentu. Tindakan medis ini mungkin bisa menjadi pilihan terkahir bagi Anda yang mengalami keluhan bau badan berlebih yang sangat menganggu.

Beberapa tindakan medis ini mungkin akan terkait dengan:

o Menghilangkan kelenjar keringat

o Sedot lemak

o Endoskopi toraks simpatektomi (ETS)

Masing-masing tidakan pemebedahan tersebut tentu akan dilakukan sesuai dengan bagian-bagian tubuh mana saja yang memang memiliki peningkatan bau. Namun sebelum Anda memutuskan utnuk melakukan tindakan-tindakan medis tersebut, tentunya Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan secara langsung guna memastikan kondisinya.

Klinik Utama Gracia Menjadi Pilihan Pemeriksaan Anda

Anda mungkin akan berfikir untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi mengenai keluhan bau badan yang dialami. Namun tidak semua penyedia layanan kesehatan dapat mengatasi keluhan Anda tersebut. Klinik Utama Gracia adalah salah satu pilihan bagi Anda dalam melakukan pemeriksaan dan konsultasi mengenai beberapa masalah kesehatan secara khusus.

Didukung dengan metode dan sistem pelayanan terpadu yang modern, Anda akan mendapatkan perawatan secara intensif dengan dokter dan tenaga medis profesional kami. Sehingga kami memiliki metode untuk mengatasi bau badan yang Anda alami secara medis dan terarah. Informasi dan pertanyaan lebih lanjut, silahkan klik layanan konsultasi online kami atau telepon melalui nomor 081336361555 untuk terhubung langsung dengan dokter.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Badan Atau Bau Ketiak Secara Tuntas

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan