• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Coba Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Ini

Coba Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Ini
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Bau ketiak bisa terjadi dengan penyebab utamanya adalah bakteri yang bercampur dengan keringat. Namun selain itu, bau ini juga bisa muncul karena beberapa hal, seperti makanan, kebiasaan, ataupun dari faktor psikologis. Namun tak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau ketiak permanen yang tepat.

Banyak orang yang keliru, yang mengatakan bahwa bau ketiak terjadi karena keringat. Padahal keringat sebenarnya tidak memiliki bau yang tidak sedap, hanya saja mengeluarkan aroma khas dari setiap orang. Namun ketika keluarnya keringat ini bercampur dengan bakteri yang ada di ketiak, maka akhirnya terjadi bau tidak sedap yang pastinya sangat mengganggu.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa Anda coba.

1. Mandi

Cara menghilangkan bau ketiak permanen ini terbilang cara termudah yang bisa Anda lakukan. Anda hanya cukup mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun antibakteri. Hal ini diperuntukkan agar bakteri yang ada di ketiak dapat dikurangi ataupun dihilangkan agar tidak menyebabkan bau. Tidak mandi secara teratur sebenarnya malah akan membuat bakteri semakin banyak, dan akhirnya bau semakin menyengat dan mengganggu orang-orang sekitar.

2. Mengeringkan Tubuh, Dan Pemilihan Pakaian

Setelah mandi, Anda harus memastikan bahwa tubuh sudah kering ketika akan menggunakan pakaian. Bila tubuh dalam keadaan lembab, maka bakteri dan kuman dapat mudah tumbuh. Dan bila keringat keluar, akhirnya bau pun terjadi. Jangan lupa untuk mencuci handuk yang Anda gunakan minimal sebulan sekali. Selalu jemur handuk setelah dipakai di bawah sinar matahari, agar tidak lembab.

Pemilihan pakaian juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Bila memiliki masalah dengan keringat berlebih, maka jangan gunakan pakaian tebal atau berlapis, dan hindari warna gelap saat siang hari. Hal ini untuk mencegah keringat keluar secara berlebihan, yang akhirnya mengendap di ketiak dan menyebabkan bakteri muncul.

chat

3. Mencukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak juga dapat menjadi sarang kuman dan bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak. Agar tidak bercampur dengan keringat, maka Anda harus menghilangkan ‘sarang’ tersebut dengan mencukur bulu ketiak.

4. Pemilihan Makanan Dan Minuman

Hindari konsumsi rempah-rempah, junk food, daging merah, makanan berkarbohidrat rendah, produk susu, soda, teh, kopi, coklat, dan juga minuman beralkohol agar tidak menyebabkan bau ketiak. Anda bisa memilih makanan dan minuman yang lebih menyehatkan tubuh, agar tidak mudah terserang mikroorganisme yang merugikan.

5. Deodoran dan Antiperspiran

Kombinasi kedua produk ini bisa Anda manfaatkan untuk mencegah bau ketiak yang disebabkan oleh keringat berlebih. Dengan deodoran, Anda dapat menyamarkan bau tidak sedap yang berasal dari ketiak, dan antiperspiran digunakan sebagai pengontrol keringat yang keluar dari kelenjar keringat. Gunakan antiperspiran ketika akan tidur di malam hari, dan deodoran ketika akan memulai aktivitas di pagi hari.

6. Operasi

Operasi juga dapat dilakukan sebagai jalan terakhir. Pasien operasi akan menjalani pengangkatan kelenjar keringat agar keringat yang keluar tidak berlebihan, dan tidak menyebabkan bau yang mengganggu.

Konsultasikan permasalahan bau ketiak yang Anda alami pada staf medis ataupun dokter Klinik Utama Gracia. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan