• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ciri Ciri Pria Mandul

Ciri Ciri Pria Mandul
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

 ciri pria mandul

Mandul. Satu kata yang amat ditakuti oleh mereka yang akan atau sudah menikah. Bukan hanya karena kemungkinan memiliki keturunan yang kecil atau bahkan tidak sama sekali, pria yang masuk pada kategori ini juga biasanya sering mendapatkan intimidasi dari orang sekitar,  terutama dari pasangan dan pihak keluarga. Ciri ciri pria mandul memang tidak bisa dilihat oleh orang lain secara fisik, ciri ini hanya akan diketahui melalui pemeriksaan medis.

Pria yang mandul dicap sebagai pria yang tidak produktif secara seksual sehingga mayoritas dari mereka mengalami krisis percaya diri. Di Indonesia pertanyaan “kapan nikah?”, “kapan punya anak?” lazim terdengar terutama pada berbagai kesempatan. Pria mandul yang didesak dengan pertanyaan seperti itu tentunya akan semakin tersudut.

Sebuah keluarga idealnya terdiri dari pasangan suami istri dan anak. Keluarga tanpa keturunan akan terasa sangat hampa karena interaksi sosial di keluarga intern menjadi sangat terbatas. Hampir bisa dipastikan bahwa kemandulan tidak diinginkan oleh semua pasangan yang telah menikah, umumnya mereka menginginkan anak yang lahir dari rahim pasangannya. Memang, sebagian dari pasangan yang telah menikah memilih untuk menunda kehamilan dengan alasan tertentu, namun bukan berarti mereka menghindari kehamilan untuk selama-lamanya.

Berbagai cara ditempuh oleh mereka yang menderita permasalahan seksual ini dengan satu tujuan : segera memiliki keturunan. Uang bahkan tidak menjadi masalah bagi mereka yang mapan secara finansial karena teknologi medis kini sudah kian maju. Adanya in vitro fertilization (IVF) atau program bayi tabung menjadi alternatif solusi yang kerap diambil untuk mereka yang sudah tak sabar untuk menimang seorang bayi.

Klasifikasi Pria Mandul

Kemandulan pada dapat dibagi menjadi dua yaitu:

Kemandulan Primer

Infertilitas primer ditujukan pada pria yang memang tidak pernah subur.

Kemandulan Sekunder

Infertilitas sekunder adalah mereka yang pada awalnya tergolong subur, namun pada perkembangan berikutnya berubah menjadi tidak subur. Kemandulan sekunder dpaat terjadi karena pengaruh varikokel, kemoterapi dan radioterapi, infeksi pada prostat, kondisi setelah tindakan vasektomi, serta faktor-faktor eksternal lain seperti penggunaan obat-obatan, traumatis parah pada testis, penyakit yang bersifat akut (torsi testis, infeksi testis dan epididimis), dan tuberkulosis.

konsultasi dengan dokter

Mengapa Kemandulan Bisa Terjadi?

Kemandulan atau infertilitas ialah kesulitan yang dialami salah satu pasangan dewasa atau keduanya dalam mendapatkan kehamilan meskipun telah berhubungan intim dalam rentang waktu 12 bulan tanpa alat kontrasepsi. Pada pria yang dalam hal ini sebagai ‘donatur sperma’ pada pasangannya disinyalir memiliki sperma yang tidak subur atau lemah dalam membuahi sel telur pada rahim pasangannya.

Subur atau tidaknya sperma seorang pria dapat dianalisis dari faktor-faktor berikut:

  • Volume total cairan tidak kurang dari 2 ml
  • Konsentrasi minimal 20 juta sperma/ml
  • Morfologi dengan bentuk normal minimal 15%
  • Mobilitas mani lebih dari 50% yang bergerak ke arah depan kurang dari 1 jam pasca ejakulasi
  • Sel darah putih kurang dari 1 juta/ml
  • Tes reaksi antiglobulin sebagai analisa lebih lanjut menunjukkan adanya partikel ikutan kurang dari 10% dari total sperma

ciri ciri pria mandul

Bagaimana Ciri Ciri Pria Mandul?

Anda sudah menikah selama beberapa tahun namun pasangan Anda belum kunjung menunjukkan tanda-tanda kehamilan? Atau Anda pria yang belum menikah namun ingin memprediksi apakah Anda masuk pada ‘zona aman’ atau justru mandul? Anda perlu waspada jika memilki ciri-ciri berikut:

Kualitas Sperma Buruk

Kualitas sperma sangat berpengaruh dalam menentukan kehamilan. Kualitas sperma yang buruk ditandai dengan bentuk dan gerakannya yang tidak sempurna. Sperma yang baik memiliki bentuk kepala oval dengan ekor yang panjang dan lancip, serta bergerak maju secara cepat dan lurus.

Dari 1 juta sel sperma, hanya sekira 200 yang bisa mencapai sel telur pada rahim. Dan diantara 200 sel tersebut hanya satu yang dapat membuahi sel telur tesebut. Sperma dengan pergerakan yang lambat dan buruk tentunya memiliki kemungkinan yang kecil untuk proses pembuahan pada rahim.

Ukuran Testis

Ukuran testis bertanggung jawab sebagai pembentukan sperma. Ukuran testis yang tidak normal berpengaruh pada massa sperma.

Kelainan Gen

Ciri ciri pria mandul berikutnya adalah mereka yang mengalami mutasi gen pada beberapa kromosom sehingga kesuburannya terganggu.

Kriptorkismus

Merupakan kondisi dimana penis tidak dapat bergerak ke arah skrotum yang pada akhirnya sperma menjadi sulit untuk diproduksi.

Demam

Produksi sperma selama 3 bulan ke depan akan berubah pada pria yang sedang mengalami demam.

Gangguan Hormonal

Ciri ciri pria mandul dapat diidentifikasi dari kondisi hormonal. Hormon yang terganggu dapat mempengaruhi jumlah sperma yang diproduksi.

Gangguan Ejakulasi

Berbagai gangguan ejakulasi menyebabkan cairan sperma sulit keluar dari Mr. P.

Impotensi

Penis tidak akan mengalami ereksi dan ejakulasi apabila pria mengalami impotensi karena aliran darah menuju penis tidak normal.

Varikokel dan saluran sperma tersumbat

Kedua hal ini dapat terjadi karena adanya varises pada testis.

Faktor Psikologis

Stress dan depresi juga memberikan andil dalam menyebabkan turunnya kualitas sperma.

Prostatitis

Infeksi pada prostat dapat memicu kanker prostat sehingga dapat menyebabkan kemandulan sementara bahkan selamanya.

Faktor-faktor penyebab kemandulan lainnya adalah tindakan kemoterapi, obesitas, dan kebiasaan mengonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, ganja, narkoba dan rokok. Sebaiknya Anda menghindari benda-benda di atas agar kualitas sperma Anda tidak mengalami penurunan sehingga Anda tidak memilki risiko terhadap infertilitas.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan