• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Pria Dan Wanita

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Ciri ciri penyakit sipilis pada pria dan wanita akan dibedakan berdasarkan tahapan yang terjadi. Umumnya penyakit menular seksual yang terjadi karena infeksi bakteri Treponema pallidum ini, akan mengalami 4 tahapan, dimana dari tahap awal penyakit ini dapat berkembang menjadi lebih serius bila tidak ditangani segera.

Bukan hanya karena keberadaannya yang menimbulkan ketidaknyamanan, namun penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan munculnya dampak yang lebih serius pada penderita, bahkan juga dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan, maka Anda harus mengetahui ciri ciri penyakit sipilis pada pria dan juga wanita berikut berdasarkan tahapannya.

1. Tahap Primer

Kemunculan luka akan terjadi setelah 3 minggu paparan ataupun antara 10 sampai 90 hari, pada lokasi dimana bakteri masuk ke tubuh. Pada pria umumnya luka seringkali terasa sakit, yang muncul pada area kelamin. Sedangkan pada wanita luka tidak terasa sakit, namun seringkali sulit terlihat. Hal ini disebabkan, luka bisa muncul pada bagian dalam kelamin, ataupun pada permukaan kelamin.

Luka akan terjadi selama 3 hingga 6 minggu, dan akan sembuh sendiri tanpa Anda melakukan pengobatan. Pada area sekitar luka, sering terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Walaupun luka telah menghilang, namun penderita masih bisa menularkan penyakit ini ke orang lain.

2. Tahap Sekunder

Setelah 2 hingga 12 minggu luka sembuh, ataupun bahkan sebelum luka sembuh, penderita akan mengalami kemunculan ruam pada seluruh bagian tubuh, walaupun seringkali terlihat pada telapak tangan dan kaki. Ruam ini akan terlihat coklat kemerahan, padat, kecil, datar ataupun terangkat. Namun seringkali diduga permasalahan kulit biasa.

chat

Selain itu, pada tahap ini akan muncul luka kecil terbuka di selaput lendir, yang berisi nanah, dan juga kemunculan kutil pada kelamin. Ruam yang terjadi tersebut biasanya sembuh setelah 2 bulan dengan sendirinya. Namun sama seperti tahap sebelumnya, walaupun gejala sembuh sendiri, namun masih dapat menular. selain itu, pada tahap primer dan sekunder ini, adalah tahapan dimana sipilis akan sangat menular.

Bila pada tahap sekunder ini sipilis tidak juga ditangani, maka penyakit ini dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh, maka penderita akan memiliki ciri demam, sakit pada tenggorokan, tubuh merasa lemah, penurunan pada berat badan, kerontokan rambut, dan juga kelenjar getah bening bengkak.

3. Tahap Laten

Setelah ruam hilang, dan sipilis juga tidak ditangani, maka sipilis akan masuk pada tahap laten dimana gejala sama sekali tidak muncul dalam beberapa waktu. Selama penderita berada di tahapan ini, maka sipilis hanya bisa diketahui keberadaannya melalui tes darah. sipilis masih dapat menular pada tahap ini.

4. Tahap Tersier

Tahapan ini termasuk tahapan akhir sipilis, dimana tahap ini bisa saja muncul sangat cepat bila tidak segera ditangani pada tahap awal. Ketika penderita pada tahap ini, maka bisa terjadi gangguan pada organ tubuh lain, seperti gangguan pada pembuluh darah dan jantung, kebutaan, gangguan sistem saraf, bahkan juga bisa terjadi kematian.

Itulah mengapa Anda harus mengetahui ciri ciri penyakit sipilis pada pria dan wanita di atas, agar penyakit ini tidak menimbulkan permasalahan lain yang berhubungan dengan organ tubuh Anda, yang juga bahkan bisa membahayakan nyawa Anda.

Bila merasakan gejala-gejala di atas yang Anda alami, maka lakukan pemeriksaan untuk mendapat diagnosa yang tepat. sehingga pengobatan bisa segera dilakukan sebelum komplikasi berbahaya di atas terjadi. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan sipilis pada Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan