• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ciri-Ciri Keputihan Berbahaya yang Harus Di Waspadai

Ciri-Ciri Keputihan Berbahaya yang Harus Di Waspadai
Nilai Rata-rata: 9.7 / 10 (3 orang penilai )

 

Setiap wanita selalu mengeluhkan kondisi keputihan yang sedang ia alami. Keputihan atau vagina discharge merupakan kondisi keluarnya cairan lendir dari vagina wanita. Cairan keputihan merupakan kondisi normal yang dimiliki oleh wanita. Tapi terdapat keputihan yang berbahaya, berikut beberapa ciri-ciri keputihan berbahaya.

Keputihan yang berbahaya tentunya akan membuat semua wanita merasa cemas. Karena keputihan tersebut menandakan organ reproduksi mereka sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Ada beberapa tanda bahwa keputihan yang terjadi pada tubuh anda sedang dalam kondisi yang tidak normal.

Fluor albus atau keputihan pada wanita terbagi menjadi dua jenis. Yakni keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal. Fluor albus normal, tak perlu dikhawatirkan oleh setiap wanita, karena itu kondisi alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Namun jika keputihan yang muncul merupakan keputihan yang tidak normal dan keputihan yang berbahaya, maka kondisi tersebut harus dicurigai oleh setiap wanita.

Lalu, bagaimana sebenarnya ciri-ciri keputihan yang berbahaya? Ada beberapa tanda yang menunjukan bahwa keputihan yang anda alami dalam kondisi berbahaya atau tidak.

Ciri-Ciri Keputihan yang Berbahaya

Rasa Panas Pada vagina

Ciri pertama yang menandakan seorang mengalami keputihan berbahaya adalah timbul rasa panas pada vagina. Terkadang rasa panas yang muncul dari keputihan ini seperti rasa kulit terbakar, dan terasa amat sangat panas.

Rasa Gatal

Selain panas, ciri-ciri keputihan yang berbahaya selanjutnya adalah timbul rasa gatal pada vagina. Keputihan dengan rasa gatal, dan cairan keputihan yang cair dapat menjadi tanda bahwa keputihan yang sedang anda alami adalah keputihan yang disertai dengan rasa gatal yang berlebihan.

Keluar Aroma Tidak Sedap

Keputihan yang tidak normal pun akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Waspada selalu dengan keputihan yang disebabkan oleh bau tidak sedap, karena hal itu dapat menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami masalah kesehatan organ reproduksi yang cukup berat seperti kista, kanker serviks, kista ovarium, dan gejala endometriosis.

chat

Keputihan yang Berlebihan

Cairan keputihan yang keluar cukup banyak dan secara terus menerus pun dapat menjadi tanda bahwa keputihan yang tidak normal dan sangat berbahaya. Keputihan dengan jumlah berlebihan yang keluar ketika hamil tak perlu dikhawatirkan, karena itu merupakan keputihan dalam kondisi yang normal.

Cairan Keputihan Berwarna

Keputihan yang normal akan menggeluarkan cairang berwarna putih bening. Namun jika cairan keputihan yang keluar dari vagina anda memiliki warna hijau, abu-abu, kuning, putih susu, ataupun merah menjadi ciri-ciri keputihan yang berbahaya dan anda harus mewaspadai kondisi keputihan tersebut.

Keputihan Disertai Darah

Kondisi keputihan yang disertai dengan darah tentunya cukup berbahaya. Karena jenis keputihan ini menandakan bahwa ada masalah serius yang terjadi pada tubuh anda. Bahkan banyak wanita yang mengalami keputihan dengan darah di diagnosis mengalami kanker rahim dan kanker serviks.

Keputihan Disertai Demam

Selain keluarnya darah, keputihan yang tidak normal pun bisa disebabkan oleh keputihan yang disertai oleh demam. Kondisi ini menunjukan bahwa infeksi keputihan yang terjadi pada tubuh anda sudah menyerang sistem imun, sehingga anda mengalami keputihan yang disertai dengan demam.

Ketujuh ciri-ciri keputihan tersebut harus anda waspadai. Karena jika tidak di waspadai, keputihan akan berdampak lebih serius pada masalah organ reproduksi yang anda miliki. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mengetahui penyeban pasti dari keputihan yang sedang anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan