• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ciri Ciri Herpes Kelamin Dan Cara Mengobatinya

Ciri Ciri Herpes Kelamin Dan Cara Mengobatinya
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Herpes kelamin adalah penyakit menular seksual. Sangat penting untuk Anda mengetahui ciri ciri herpes kelamin dan cara mengobatinya. Berikut pejelasannya untuk Anda.

Apa Itu Herpes?

Herpes kelamin atau dikenal juga dengan herpes genital merupakan penyakit menular seksual yang berbahaya dan akan menyerang kulit di area kelamin serta bagian tubuh lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh herpes simpleks virus (HSV).

Herpes simpleks memiliki 2 jenis virus yaitu HSV-1 dan HSV-2. HSV tipe 1 akan menyebabkan benjolan berair yang terdapat pada sekitar mulut dan bibir. Meskipun HSV-1 dapat menyebabkan herpes kelamin dan juga menyebar. Namun, penyebab herpes kelamin dan penularannya lebih sering disebabkan oleh herpes simpleks dengan tipe 2 (HSV-2) yang menular melalui hubungan seksual.

Faktor Penyebab Penularan Herpes Kelamin

Dua jenis virus yang dapat menyebabkan herpes kelamin adalah virus herpes simpleks (HSV-1) dan virus herpes simpleks (HSV-2). Virus akan masuk ke tubuh Anda melalui selaput lendir yang ada didalam tubuh dan menyebar melalui beberapa faktor seperti:

1. Penetrasi Seksual

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki penyakit herpes menjadi faktor penularan penyakit ini. Penetrasi seksual yang dilakukan (penis ke vagina) tanpa menggunakan kondom akan meningkatkan Anda mengidap penyakit herpes kelamin. Anda juga sangat rentan untuk memiliki penyakit ini apabila berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seks.

2. Melakukan Oral Seks

Seks yang dilakukan melalui mulut atau dubur dapat menyebarkan virus herpes. Jika pasangan Anda memiliki herpes di mulut dan melakukan oral seks dengan Anda maka, secara tidak langsung Anda sudah terinfeksi oleh virus ini dan meningkatkan risiko Anda untuk memiliki penyakit herpes kelamin.

Herpes simpleks tipe HSV-1 atau HSV-2 dapat ditemukan pada cairan tubuh orang yang terinfeksi, termasuk:
• Air Liur
• Sperma
• Cairan pada vagina

Penularan virus ini umumnya sangat mudah terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. Ketahui apasajah ciri ciri herpes dan sebaiknya Anda menghindari melakukan hubungan seks yang tidak aman karena bisa menjadi faktor penularan penyakit menular seksual jenis lainnya.

Ciri Ciri Herpes Kelamin

Penderita penyakit ini akan memiliki ciri-ciri seperti:
• Luka kemerahan pada permukaan kulit kelamin
• Luka lepuh mungkin muncul pada mulut dan dibawah bibir
• Benjolan yang akan menjadi luka terbuka disertai dengan adanya cairan
• Kulit akan mengeras seperti koreng setelah luka sembuh

Selain itu, herpes kelamin akan disertai oleh gejala-gejala berikut ini:
• Pembengkakan pada kelenjar getah bening
• Bengkak pada area sekitar kelamin
• Rasa panas dan gatal disekitar luka
• Mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh seperti demam, sakit kepala dan nyeri pada badan
• Susah buang air kecil

Ciri ciri herpes kelamin dapat hilang selama bertahun-tahun dan penderita penyakit ini akan mengalami penyakit ini kembali dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Biasanya gejala herpes yang muncul setelah kambuh lebih ringan daripada herpes pada wabah pertama.



Apakah Herpes Berbahaya?

Hampir semua penyakit menular seksual memiliki bahaya yang berbeda-beda pada setiap jenis dan penyakit yang di alami. Untuk herpes kelamin bahaya yang akan ditimbulkan adalah infeksi yang berulang-ulang dan penularan penyakit ini kepada paangan Anda saat berhubungan seksual. Wanita yang memiliki riwayat atau penderita herpes kelamin akan berisiko menularkan virus ini kepada bayinya.

Selain penularan virus yang semakin meluas bahaya lainnya adalah penderita herpes kelamin akan mengalami berbagai komplikasi serta penurunan kondisi kesehatan yang akan berujung pada kematian.

Pencegahan

Mengetahui ciri ciri herpes kelamin di awal menjadi salah satu bentuk pencegahan yang harus Anda ketahui dan Anda lakukan. Apabila Anda sudah mengetahuinya dan pasangan Anda memiliki ciri ciri tersebut maka, hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki ciri ciri herpes. Sebaiknya hindari berhubungan seksual meskipun Anda menggunakan kondom untuk mencegah penularan infeksi tetapi risiko penularan tetap bisa terjadi.

Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan bantuan penanganan untuk kondisi yang sedang Anda alami sehingga proses pengobatan untuk penyakit ini lebih mudah dilakukan.

Pengobatan Herpes

Setelah Anda mengetahui apasaja ciri ciri herpes dan melakukan berbagai bentuk pencegahan tetapi masih mengalami gejala yang menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang efektif untuk penyakit Anda.

Sejauh ini belum ditemukan pengobatan yang dapat menghilangkan dan menyembuhkan penyakit herpes secara total. Namun, penyakit ini harus tetap diobati karena tujuan pengobatan penyakit herpes dilakukan untuk membantu meringankan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh herpes kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memberikan Anda tindakan pengobatan. Pengobatan yang diberikan dokter ditujukan untuk:
• Mengurangi tingkat kekambuhan infeksi yang berulang
• Mengurangi keparahan gejala
• Mengurangi penularan kepada orang lain

Ketahui ciri ciri herpes dan jangan anggap remeh penyakit ini. Apabila Anda membutuhkan pemeriksaan dan bantuan pengobatan herpes kelamin. Silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia atau dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online gratis.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan