• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Chlamydia Adalah IMS yang Sering Menyerang Muda Mudi

Chlamydia Adalah IMS yang Sering Menyerang Muda Mudi
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

 

Anda yang sejak muda sudah aktif seksual harus waspada dengan penyakit menular seksual yang mungkin telah mengintai. Karena hampir semua jenis penyakit menular seksual sangat sering menyerang orang-orang yang aktif secara seksual. Salah satunya chlamydia. Chlamydia adalah infeksi menular seksual yang paling umum terjadi namun tanpa menimbulkan gejala.

Wanita lebih beresiko terkena penyakit chlamydia dibandingkan oleh pria. Penularan bakteri chlamydia trachomatis, bakteri penyebab chlamydia melalui hubungan seks tanpa menggunakan pengaman. Ataupun melakukan hubungan seks dengan orang yang tidak anda ketahui riwayat penyakit kelaminnya.

Penyebab Chlamydia

Chlamydia disebabkan oleh bakteri yang bisa menular melalui aktivitas seks, baik itu seks kelamin, seks anal, dan seks oral. Umumnya terjadi pada orang-orang yang sering melakukan hubungan seks tanpa kondom. Di Negara seperti Amerika Serikat, penderita chlamydia bisa mencapai tiga juta penderita setiap tahun. Rata-rata penderita chlamydia mereka yang berusia 14-24 tahun. Sungguh miris bukan?

Bakteri penyebab chlamydia akan menyerang penis, vagina, leher rahim, anus, uretra, mata, dan tenggorokan. Meskipun paling sering terjadi, tetapi chlamydia adalah penyakit menular seksual yang paling mudah disembuhkan menggunakan antibiotik. Tetapi jika tidak disembuhkan, maka penyakit ini dapat berbahaya di masa depan.

Namun, karena cukup banyak penderita chlamydia yang tidak menimbulkan gejala. Sehingga chlamydia jarang terdeteksi oleh si penderita. Sehingga jarang tidak tertangani lebih cepat.

Gejala Chlamydia

Gejala chlamydia biasanya baru akan muncul sekitar satu hingga tiga minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejalanya pun sering diabaikan, bahkan gejala chlamydia sendiri sering dianggap sebagai gejala biasa oleh penderitanya, seperti rasa sakit saat buang air kecil.

Pada pria, biasanya akan menimbulkan rasa sakit pada penis. Rasa sakit akan muncul seperti terbakar, dan terkadang timbul rasa gatal pada bagian penis. Gejala lain yang paling sering muncul adalah keluarnya cairan putih kental dari ujung penis.

Sedangkan pada wanita, gejala chlamydia biasanya terjadi pendarahan pada vagina usai melakukan hubungan intim, keluar cairan seperti keputihan dari vagina, haid yang terjadi terasa lebih berat dibandingkan biasanya, dan timbulnya rasa sakit atau nyeri dari perut bagian bawah.

Ketika bakteri chlamydia terkena mata, maka akan menyebabkan mata menjadi iritasi, bengkak, perih, dan mengeluarkan cairan. Pada tahap ini segeralah untuk menemui dokter anda, untuk bisa mengobati dan menangani chlamydia.

Orang-Orang yang Beresiko Terkena Chlamydia Adalah?

Ada beberapa orang yang sangat beresiko terkena chlamydia, yakni:

• Sudah aktif secara seksual dibawah 18 tahun
• Sering bergonta-ganti pasangan seks
• Sering melakukan seks yang tidak aman
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual

Diagnosis Chlamydia

Ada beberapa cara yang paling sering dilakukan untuk mendiagnosis apakah anda mengalami chlamydia atau tidak. Yakni dengan cara mengambil sampel urine, dan sampel dari saluran kencing. Pengambilan sampel juga biasanya dilakukan pada anus, mata, dan tenggorokan, jika pasien sering melakukan oral seks dan seks anal.

Pengobatan

Chlamydia adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sehingga pengobatannya pun menggunakan obat antibakteri. Biasanya pengkonsumsian obat-obatan dilakukan selama dua minggu hingga bakteri chlamydia benar-benar hilang dari tubuh anda.

Anda harus selalu mengikuti saran dokter dalam mengatasi chlamydia. Agar anda tidak terinfeksi chlamydia kembali. Meskipun anda telah sembuh dari chlamydia, tetapi anda masih tetap beresiko tertular bakteri chlamydia kembali jika tidak melakukan seks secara aman.

Pencegahan

Chlamydia adalah penyakit menular yang dapat anda cegah dengan beberapa cara yang bisa anda lakukan. Seperti:

• Melakukan seks secara aman
• Tidak melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan
• Selalu setia pasangan

Tiga cara tersebut bisa anda lakukan untuk terhindar dari chlamydia yang cukup berbahaya dalam jangka panjang. Agar mendapatkan penjelasan yang spesifik, maka anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi langsung dengan dokter atau mengklik banner dibawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan