• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Cari Tahu Gejala Vulvitis Pada Wanita Disini!

Cari Tahu Gejala Vulvitis Pada Wanita Disini!
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Gejala vulvitis pada wanita memang akan terlihat sama seperti keluhan-keluhan ginekologi lainnya dan akan lebih menunjukan keputihan sebagai ciri gejala utama akibat adanya infeksi. Vulvitis adalah peradangan pada vulva (bagian eksternal alat reproduksi wanita) yang gejalanya dapat meliputi adanya kemerahan maupun pembengkakan yang serius.

Tidak mudah untuk menganalisis sebuah gejala vulvitis secara langsung, karena terkadang kondisi dari satu orang dengan orang lainnya akan cenderung memiliki perbedaan dan begitu juga respon tubuhnya terhadap sebuah keluhan atau infeksi. Riwayat kondisi kesehatan juga akan sangat bermanfaat bagi seorang dokter untuk bisa mendapatkan informasi secara tepat.

Penyebab Dan Gejala Vultitis Pada Wanita

Kebanyakan masalah yang menyebabkan adanya gejala vulvitis wanita sering disebabkan oleh adanya reaksi kulit terhadap iritasi atau alergi. Hal ini terjadi karena tingkat sensitivitas dan juga tingkat kelembaban pada area vulva vagina seorang wanita lebih tinggi. Beberapa diantaranya mungkin akan terkait dengan:

o sabun, deterjen, atau penggunaan bahan pencuci vagina yang tidak tepat

o spermisida, krim pelumas, atau kondom

o tampon atau pembalut

o mandi busa atau douching

Dan jika hal-hal seperti diatas sebelumnya pernah dialami oleh Anda dan tidak menimbulkan adanya kondidi atau gejala-gejala keluhan, maka kondisi lain yang lebih mengarah pada infeksi mungkin akan dicurigai sebagai penyebab mendasarnya. Dan diantaranya mungkin akan dapat disebabkan secara seksual maupun non-seksual misalnya seperti:

o infeksi trikomoniasis, herpes, sifilis, kutil kelamin, atau infeksi jamur

o adanya keluhan kutu kemaluan atau tungau (scabies)

o masalah kulit kronis, seperti eksim atau psoriasis dan semacamnya

Setelah infeksi atau iritasi terjadi pada area ekternal vagina, maka berikutnya Anda akan mendapatkan sebuah gejala. Apa saja gejala vulvitis yang dapat muncul pada organ kelamin seorang wanita? setiap orang mungkin akan mengalami gejala-gejala berikut:

o kemerahan

o pembengkakan

o rasa sakit atau perih akibat iritasi

o gatal

o meningkatnya tingkat sensitivitas

o kulit area vulva yang kering atau seperti bersisik

Untuk beberapa wanit gejalanya mungkin akan lebih berat dirasakan karena disertai dengan munculnya benjolan yang berisi cairan, atau juga membentuk seperti kerak akibat adanya garukan. Untuk gejala-gejala itu mungkin lebih cenderung terlihat seperti masalah kulit kronis yang nantinya akan berisiko terjadi perluasan areanya.

Pengaruh Gejala Vulvitis Dan Kondisi Lain

Jika kondisi gejala vulvitis yang Anda rasakan disebabkan oleh kontak seksual maka Anda juga kan berisiko untuk mendapatkan kondisi-kondisi lain pada area organ reproduksi bagian dalam. Seorang wanita yang sudah memiliki riwayat terhadap peradangan-peradangan ginekologi, tentu akan lebih mudah pula untuk mengembagkan adanya kondisi lainnya.

Begitu pula dengan gejala vulvitis yang didapat pada seorang wanita, kondisi infeksinya dapat mempengaruhi adanya keluhan lain untuk muncul dan berkembang pada organ reproduksinya. Dan diantaranya mungkin akan meliputi kondisi yang seperti:

o Vaginitis (peradangan pada vagina)

o Infeksi saluran kemih (ISK) kronis

o Keputihan abnormal

o Masalah pada kulit (dermatitis) yang juga dapat berisiko menular

o Penyakit menular seksual (PMS)

Sebuah keluhan yang dibiarkan tanpa ada tindakan lebih lanjut dengan pemeriksaan atau perawatan tentu akan memberikan pengaruh buruk pada kondisi kesehatan Anda. Penting bagi Anda, ketika terjadi keluhan atau masalah pada area alat reproduksi maka Anda juga harus memeriksakan kondisinya secara bersama dengan pasangan seksual. Guna menghindari adanya efek timbal balik infeksi jika hanya salah satu yang melakukan pemeriksaan atau pengobatan.

Baca Juga: Vulvitis Wanita

chat

Diagnosis Dilakukan Untuk Tahu Kondisi Pasti Keluhan

Pemeriksaan fisik adalah hal penting yang harus Anda lakukan tanpa terlewat. Setelah itu, barulah Anda akan menjalani beberapa tes atau pemeriksaan lebih lanjut lainnya yang diperlukan guna menunjang diagnosis dokter. Bagaimana pemeriksaan tersebut dilakukan dan apa saja yang termasuk dalam pemeriksaan untuk gejala vulvitis?

o Tes darah

o Urinalisis

o Skrining PMS

o Uji pap smear

Setiap perawatan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter Anda tentunya akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, mengingat perawatan pada gejala vulvitis harus dilakukan secara khusus dan intensif oleh penyedia layanan kesehatan Anda dan juga harus bedasarkan pada beberapa faktor berikut:

o Usia

o Riwayat kesehatan secara menyeluruh

o Penyebab keluhan

o Jenis dan tingkat keparahan gejala

o Reaksi tubuh terhadap beberapa obat, prosedur, dan juga terapi medis yang akan dilakukan

o efek yang diberikan keluhan pada tubuh dalam jangka waktu tertentu.

Sebagian besar wanita yang mendapatkan diagnosis vulvitis dan melakukan pengobatan memang bisa dinyatakan sembuh dan dapat kembali beraktifitas seperti semula. Yang berarti Anda tidak perlu merasa khawatir atau malu untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi jika ditemukan adanya keluhan pada area organ genital Anda.

Klinik Utama Gracia Adalah Pilihan Anda

Dengan keluhan tersebut, Anda mungkin tidak dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara sembarang untuk menghindari adanya kondisi yang bertambah parah, atau resisten karena terlalu banyak tindakan yang dilakukan tanpa ada anjuran yang tepat. Yang artinya adalah Anda harus mendapatkan tempat dan tenaga medis yang tepat untuk mengatasi dan mengobati keluhan Anda tersebut.

Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang memang secara khusus menangani setiap keluhan pada organ genital baik andrologi maupun ginekologi. Didukung dengan teknologi medis yang modern dan canggih, serta tenaga medis yang profesional kami hadir untuk membantu setiap keluhan Anda dengan tepat hingga tuntas.

Untuk memudahkan konsultasi dan pertanyaan Anda silahkan hubungi kami melalui telepon di nomor 081336361555 sekarang juga.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan