• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Cari Tahu Cara Mengatasi Bau Badan Anda

Cari Tahu Cara Mengatasi Bau Badan Anda
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Cara mengatasi bau badan dibutuhkan bagi Anda yang memang memiliki masalah pada bau di area tubuh Anda. Hal ini akan didasari oleh beberapa kondisi yang memang sering kali menjadi penyebab keluhan tersebut, bau badan dapat terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita di berbagai usia. Banyak orang menyangka jika bau badan dihasilkan oleh keringat yang dihasilkan oleh tubuh dan menjadi hal yang menganggu pada sebagian orang.

Bau badan memang tidak selalu sama antara satu orang dengan orang lainnya, hal ini karena setiap orang akan memiliki alasan mengapa dirinya menjadi berkeringat dan biasanya juga akan menghasilkan kondisi yang berbeda-beda. Bau badan yang terlalu buruk atau menyengat tentu akan membuat Anda tidak nyaman dan merasa malu.

Dalam Artikel kali ini, Anda akan mendapatkan tips dan cara mengatasi bau badan yang menganggu. Jika seseorang memiliki kondisi bau badan yang terlalu menyengat maka Anda harus mengatasinya dan perlu disembuhkan. Saat ini penanganan untuk masalah bau badan memang tersedia dan memiliki banyak pilihan metode yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa Anda Memiliki Bau Badan?

Berkeringat dan bau badan adalah umum dan wajar pada kebanyakan orang dan ini juga menjadi cara alami tubuh untuk mendinginkan diri. Anda mungkin akan mendapatkannya ketika berolahraga, mendapatkan suhu yang terlalu hangat, merasa gugup, cemas, stres, ataupun jika Anda dibawah tekanan.

seseorang mungkin akan memiliki kondisi dengan keringat berlebih (hiperhidrosis) atau keringat yang lebih sedikit bahkan tanpa ada keringat (anhidrosis), keduanya akan menjadi sebuah masalah kesehatan yang cukup menjadi perhatian jika tidak segera ditangani. Karena perubahan bau badan juga dimungkinkan untuk menjadi tanda dari adanya masalah medis tertentu.

Tubuh manusia memiliki dua jenis kelenjar keringat (ekrin dan apokrin) yang menghasilkan dua jenis keringat berbeda. Secara alamiah keringat yang dihasilkan oleh manusia tidaklah menghasilkan bau, dan bau badan dihasilkan akibat bakteri yang ada dikulit memakan atau memecah senyawa yang ada pada keringat hingga melepaskan bau yang ada pada badan Anda tersebut.

Bau badan mungkin akan lebih dirasakan dimana seseorang masih dalam masa pubertas, karena kelenjar keringat Anda menjadi jauh lebih aktif. Selain itu kondisi ketiak yang hangat dan lembab juga menjadikannya sebagai lingkungan ideal bagi bakteri berkembang dan menghasilkan bau badan atau bau tidak sedap.

Terkadang jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa menjadi pemicu adanya keluhan bau badan yang dialami, misalnya seperti bawang putih, alkohol, ataupun beberapa jenis obat tertentu. Seorang pria akan lebih cenderung mengalami keluhan bau badan daripada seorang wanita, karena keringat yang dihasilkan pria berasal dari kelenjar apokrin meskipun sebenarnya wanita memiliki lebih banyak kelenjar keringat didalam tubuhnya.

Baca Juga: Penyebab Bau Ketiak Tidak Sedap

chat

Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan Agar Hilang?

Anda tentu mencari tahu bagaimana cara mengatasi bau badan dan adakah tips yang bisa Ada terapkan untuk menghilangkan keluhan tersebut? cobalah beberapa cara mengatasi bau badan seperti berikut:

o Mandi setiap hari dan teratur

Mandi adalah cara mengatasi bau badan yang paling mudah untuk Anda lakukan. namun Anda juga harus memperhatikan mandi Anda secara teratur, selain itu Anda juga akan lebih disarankan untuk mandi dengan menggunakan sabun antibakteri serta pastikan semua area kulit Anda benar-benar kering.

o Gunakan deodoran atau antiperspiran

Solusi ini sering dijadikan sebagai cara mengatasi bau badan yang efektif pada sebagian besar orang. Dimana eodoran atau antiperspiran ini bekerja dengan menutupi atau menyamarkan bau yang dihasilkan akibat bakteri yang bercampur dengan keringat tersebut.

o Pilih dan gunakan pakaian yang sesuai

Pemilihan pakaian apa yang digunakan juga bisa menjadi salah satu tips Anda untuk menghindari adanya bau badan. Memilih jenis bahan pakaian juga bisa memberikan ruang untuk kulit Anda bernafas sehingga tidak memberikan kesempatan adanya keringat atau lembab dan menghadirkan bau.

o Ubah pola diet

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang juga bisa memicu adanya keluhan bau badan. Sehingga Anda mungkin akan disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman seperti yang mengandung kafein, makanan pedas, serta berbau kuat.

Jika Anda menyadari adanya kondisi yang berlebih dan cukup mengangu, maka Anda akan lebih disarankan untuk melakukan kunjungan pada dokter guna melakukan pemeriksaan atau pengecekan secara medis. Memastikan kondisi bau badan dengan pemeriksaan medis juga bisa dilakukan guna menentukan penyebab dasar yang menyebabkan adanya keluhan tersebut.

Perawatan Medis Untuk Mengatasi Bau Badan

Selain cara mengatasi bau badan dengan praktik pribadi, Anda juga bisa melakukan perawatan secara medis untuk bisa menyembuhkan keluhan tersebut. Lakukan konsultasi dengan dokter maupun tenaga medis jika Anda sudah mengalami beberapa kondisi seperti:

o Berkeringat pada malam hari

o Jumlah keringat yang berlebih atau tidak seperti biasanya tanpa alasan yang logis

o Keringat atau bau yang menganggu aktifitas keseharian Anda

o Memiliki keringat dingin

Kondisi medis mendasar pada seseorang dapat mengubah tingkat intensitas seseorang untuk berkeringat, sehingga hal inilah yang menjadi alasan bagi Anda agar melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya saja pada orang-orang dengan kondisi medis seperti masalah pada ginjal, hati, atau diabetes dapat mengubah konsistensi keringat, sehingga orang-orang dengan kondisi tersebut cenderung memiliki aroma yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, cara mengatasi bau badan juga bisa dilakukan dengan metode pembedahan. Yaitu tindakan perawatan diri dan pengobatan untuk meghilangkan bau badan yang parah guna mengontrol keringat dibawah kulit ketiak. Anda bisa melakukan prosedur ini sebagai pilihan terbaik dalam mengatasi keluhan bau badan jika memang kondisi Anda sudah tidak dapat merespon segala bentuk metode pengobatan lainnya.

Klinik Utama Gracia juga memberikan pilihan pengobatan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda serta cara mengatasi bau badan yang dilakukan secara medis dan profesional. Dengan segala keunggulan, klinik kami hadir untuk setiap keluhan khusus Anda maupun pasangan. Pertanyaan lebih lanjut dan konsultasi dokter, silahkan hubungi melalui telepon 081336361555 atau layanan chat online kami secara gratis!

Baca Juga: Cara Mengurangi Keringat Berlebih Secara Tradisional

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan