• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengurangi Keringat Berlebih Secara Tradisional

Cara Mengurangi Keringat Berlebih Secara Tradisional
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Sebenarnya mengeluarkan keringat adalah suatu hal yang wajar, dan juga termasuk sehat. Namun berbeda halnya jika keringat keluar secara berlebihan. Hiperhidrosis atau keringat yang keluar berlebihan akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengurangi keringat berlebih?

1. Cendana Putih

Cara mengurangi keringat berlebih yang pertama adalah dengan menggunakan bubuk cendana putih. Beberapa enzim yang berada dalam bahan ini bisa digunakan untuk menyerap kelembaban yang berlebih dari kulit sehingga kulit menjadi lebih segar dan juga kering. Caranya, campurkan satu sendok makan bubuk cendana putih dengan jus lemon dan juga air mawar hingga membentuk pasta lembut. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh Anda yang sering berkeringat secara berlebihan, yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dulu. Kemudian tunggu hingga campuran yang dioleskan tadi mengering, dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari.

2. Jus Tomat

Bahan lain yang bisa Anda gunakan adalah jus tomat. Caranya, buatlah jus tomat dan konsumsi 1 sampai 2 gelas sehari sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu minggu. Setelah satu minggu, kurangi jumlah takaran jus yang Anda konsumsi. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara membelah tomat menjadi dua, lalu gosokkan pada bagian tubuh yang sering berkeringat. Tunggu sampai 10 hingga 15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Anda bisa melakukan cara ini satu kali dalam sehari.

3. Minyak Pohon Teh

Kadang keringat yang berlebihan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap karena cenderung lembab dan menjadi tempat bakteri dan jamur berkembangbiak. Penggunaan minyak pohon teh ini bisa berkhasiat untuk obat antijamur. Caranya, rendam kapas pada minyak pohon teh, lalu oleskan kapas tersebut pada bagian tubuh yang berkeringat. Namun jika kulit Anda sensitif, maka campurkan minyak pohon teh ini dengan air, setelah itu oleskan pada kulit.

chat

4. Teh Hitam

Kandungan asam tanat di dalam teh hitam bisa membantu menghambat produksi keringat yang berlebihan, karena kandungan tersebut mampu menjadi astringent dan juga antiperspirant yang akan mengonstriksi kelenjar keringat agar produksi keringat menjadi berkurang. Untuk pengaplikasian pada ketiak, dengan cara seduh 2 kantong teh selama 15 menit dalam 3 cangkir air panas. Lalu kompreskan air tersebut menggunakan handuk pada ketiak hingga beberapa menit. Untuk pengaplikasian pada area telapak tangan atau kaki, maka bisa dengan cara merendam kaki atau tangan yang berisi air teh hitam. Rendam bagian tubuh tersebut selama 20 sampai 30 menit.

5. Tepung Jagung

Gunakan tepung jagung pada area yang sering berkeringat secara berlebihan. Tepung jagung ini bisa membantu menyerap keringat berlebihan pada bagian-bagian tubuh tertent. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya lebih memuaskan.

6. Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya akan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Selain itu bisa juga menghindarkan tubuh mengalami dehidrasi yang merupakan akibat dari keluarnya keringat yang berlebihan. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan Anda setiap harinya, minimal 8 gelas air putih per hari.

Itulah beberapa cara mengurangi keringat berlebih yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas. Selain itu ada bahan lainnya yang bisa Anda gunakan seperti anggur, lemon, cuka sari apel, kentang, teh chamomile, baking soda, dan juga teh hijau.

Mengalami hiperhidrosis mengharuskan Anda untuk selalu menjaga kebersihan area-area tubuh yang selalu berkeringat tersebut agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri, jamur dan juga kuman. Konsultasikan cara mengurangi keringat berlebih lainnya pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online pada halaman ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan