• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengobati ISK Dengan Tepat Dan Aman

Cara Mengobati ISK Dengan Tepat Dan Aman
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Infeksi saluran kemih merupakan kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Ada banyak cara mengobati isk yang dapat Anda lakukan dan tidak sedikit cara tersebut menyebabkan komplikasi dan infeksi yang berlanjut.

Inilah, mengapa sangat penting untuk memperhatikan cara mengobati isk dengan tepat dan aman. sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui lebih jelas tentang infeksi saluran kemih yang mungkin sedang Anda derita.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Saluran kemih merupakan organ ataupun sistem yang berfungsi sebagai pembuangan untuk mengeluarkan urin. Ini meliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebelum menjadi urin, awalnya ini akan diproses melalui ginjal, kotoran yang bercampur didalam darah disaring dan dikeluarkan melalui saluran kemih dalam bentuk urin (air kencing)

Sementara itu, infeksi saluran kemih (isk) adalah sebuah kondisi dimana terjadinya infeksi pada salah satu sistem kemih yang menyebabkan terjadinya peradangan. Hal ini terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang saluran kemih hingga mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem kemih.

Infeksi ini dapat terjadi dengan sangat cepat dan dapat menyerang pria maupun wanita. Tetapi, wanita lebih berisiko tinggi dan sangat rentan untuk mengalami isk dibandingkan pria. Bakteri yang menginfeksi saluran kemih akan menimbulkan banyak ketidaknyamanan ketika buang air kecil.

Hal yang harus Anda ketahu, bahwa infeksi saluran kemih dapat menyebabkan infeksi yang berulang jika cara mengobati isk tidak dilakukan dengan benar dan aman.

chat

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar kasus yang sering terjadi pada infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Escherichia coli (E. Coli) merupakan bakteri yang sangat umum ditemukan pada kasus isk yang terjadi pada wanita maupun pria.

Umumnya, bakteri ini sering ditemukan dan berkembang pada saluran pencernaan (usus besar) manusia dan dapat menginfeksi saluran kemih yang menyebabkan isk. Biasanya, bakteri ini akan menginfeksi seseorang ketika penderita tidak menjaga kebersihan area kelaminnya dengan baik sehingga menyebabkan bakteri berpindah dan menginfeksi dengan sangat mudah.

Biasanya, wanita yang tidak membersihkan area kewanitaannya dengan benar dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Bakteri ini akan menyebar saat buang air kecil atau besar dan tidak membersihkannya dengan metode yang benar, sehingga bakteri mudah berpindah.

Selain itu, aktivitas seksual bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Hal ini dapat terjadi ketika Anda memiliki pasangan seks lebih dari satu dan sering bergonta-ganti pasangan yang menyebabkan penularan infeksi dan akibat terganggunya kinerja sistem kemih.

Apa Saja Gejala Infeksi Saluran Kemih?

Berdasarkan infeksi dibagi menjadi dua bagian, yaitu infeksi saluran kemih bagian bawah dan infeksi saluran kemih bagian atas.

Infeksi bagian bawah meliputi infeksi pada, uretra dan kandung kemih dengan gejala, di antaranya:

• Nyeri dan sakit ketika buang air kecil
• Keinginan buang air kecil yang tidak tertahan
• Terasa tidak nyaman dan nyeri pada perut bagian bawah
• Terasa nyeri pada panggul
• Urin disertai bau yang menyengat
• Perubahan warna pada urin menjadi lebih keruh dan kadang bercampur dengan darah
• Urin yang keluar tidak sepenuhnya

Sementara itu, infeksi bagian atas merupkan infeksi yang menyerang bagian uretra dan ginjal dengan gejala, di antaranya:

• Demam
• Sering merasa kedinginan dan menggigil
• Merasa mual dan ingin muntah
• Nyeri pada bagian punggung dan pinggang
• Terasa sakit ketika ingin buang air kecil

Gejala infeksi saluran kemih akan berbeda tergantung pada jenis infeksi yang sedang menyerang Anda. Sebaiknya, jika Anda mengalami salah satu dari gejala seperti diatas segera hubungi dokter untuk mendapatkan cara mengobati isk sesuai dengan kondisi Anda.

Ketahui, Bahaya Akibat Komplikasi ISK

Jika tidak dilakukan penanganan sedini mungkin untuk mengatasi masalah ini, dapat menyebabkan komplikasi yang mengakibatkan kondisi berbahaya pada kesehatan Anda. Ketahui setiap bahaya yang akan ditimbulkan dari komplikasi isk.

Pria maupun wanita yang menderita isk dan tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan perkembangan bakteri yang semakin luas dan mengakibatkan infeksi pada ginjal. Ketika Anda mengalami isk dan sudah mencapai ginjal, maka berisiko untuk menderita infeksi ginjal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tersebut.

Tidak hanya itu, komplikasi akibat tidak dilakukannya pengobatan akan berujung pada infeksi yang meluas dan menginfeksi ke dalam aliran darah. Jika sudah terjadi seperti ini, maka dapat mengakibatkan kondisi yang mematikan.

Komplikasi ISK jika terjadi pada pria akan menyebabkan penyempitan uretra yang dapat berujung pada gangguang prostat. Komplikasi juga bisa terjadi ketika Anda melakukan pengobatan dengan cara yang salah. Infeksi berulang akan terjadi ketika cara mengobati isk menggunakan langkah dan cara yang salah.

Untuk itu, sangat penting melakukan cara mengobati isk dengan tepat dan aman sesuai dengan tingkat keparahan dan jenis infeksi yang sedang Anda derita.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati ISK Dengan Aman?

Bagi Anda yang menderita isk, sebaiknya lakukan cara mengobati isk dengan bantuan dokter. Pemeriksaan dengan dokter diawal mengalami gejala akan membantu memudahkan proses pengobatan dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Tidak hanya itu, untuk mencegah terjadinya infeksi berulang dan untuk mengobati isk dengan cepat, sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak untuk membantu membuang bakteri yang bersarang pada kandung kemih.

Langkah lain yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses pengobatan dan mencegah terjadinya infeksi berulang dengan cara menjaga kebersihan area kewanitaan dan membersihkan area tersebut dengan metode yang benar untuk mencegah perpindahan bakteri.

Nah, jika Anda membutuhkan cara mengobati isk yang mungkin sedang Anda derita, silahkan hubungi Klinik Utama Gracia atau Anda bisa melakukan konsultasi online dengan tim medis kami melalui tombol konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Waspadai, Anyang - Anyangan Setelah Berhubungan Intim

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan