• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pria Dan Wanita

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 7.8 / 10 (4 orang penilai )

Bakteri yang berada pada saluran kencing akan menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kencing atau urinary tract infection. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada wanita, walaupun bisa juga dialami atau terjadi pada pria. Bakteri yang menginfeksi saluran kencing ini bisa berupa bakteri yang biasa ada di usus besar, ataupun bakteri yang menjadi penyebab penyakit menular seksual seperti klamidia. Tak perlu panik, ada beberapa cara mengobati infeksi saluran kencing.

Terdapat beberapa gejala infeksi saluran kencing, seperti anyang-anyangan atau sakit saat buang air kecil, urine yang dikeluarkan sedikit, urine berwarna keruh bahkan berdarah, bau urine menyengat, sering merasa ingin buang air kecil, kram atau nyeri pada perut bagian bawah, dan juga mengalami demam.

Walaupun sering disepelekan, sebenarnya dampak dari infeksi saluran kencing ini bisa sangat membahayakan, terutama bila infeksi bakteri sudah naik ke atas sampai ke ginjal, dan menginfeksi ginjal. Inilah cara mengobati infeksi saluran kencing.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Infeksi saluran kencing bisa dengan mudah diobati dengan memperbanyak minum air putih setiap harinya. Dengan konsumsi air putih yang banyak ini, maka tubuh akan membuang bakteri-bakteri melalui urine, sehingga bakteri tidak lagi menginfeksi saluran kencing. Semakin banyak air yang dikonsumsi, maka urine akan semakin sering dibuang dan bakteri pun akan cepat menghilang. Selain itu, penderita infeksi saluran kencing, dilarang untuk mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, teh, dan soda, minuman beralkohol, dan juga minuman lain seperti minuman manis, jus jeruk, air jeruk nipis, jus lemon ataupun anggur.

2. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Jangan sesekali menahan buang air kecil. Menunda atau menahan buang air kecil ini bisa membuat bakteri semakin banyak berkembang, karena tidak bisa dikeluarkan bersama dengan urine. Buang air kecil juga seharusnya dilakukan pada wanita setelah melakukan hubungan seksual, agar mengurangi resiko bakteri masuk ke saluran kencing.

chat

3. Minum Jus Cranberry

Buah cranberry memiliki kandungan fruktosa dan monosakarida yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk cara mengobati infeksi saluran kencing. Selain kedua kandungan tadi, adapula kandungan senyawa dalam buah keluarga berry ini yang dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita infeksi saluran kencing.

4. Konsumsi Vitamin C

Penderita infeksi saluran kencing memang disarankan tidak mengonsumsi jeruk, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan asupan vitamin C dari makanan yang lainnya. Anda tetap bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi sayuran hijau ataupun tomat. Vitamin C ini akan berguna untuk membuat asam urine Anda, sehingga bakteri dapat dikurangi.

5. Kompres Panas

Rasa sakit atau nyeri yang sering kali muncul saat mengalami infeksi saluran kencing dapat dikurangi dengan kompres panas. Gunakan kain yang sudah direndam air panas untuk diletakkan pada bagian yang terasa nyeri. Lakukan cara ini hanya selama 15 menit.

6. Memperhatikan Kebersihan Area Kelamin

Menjaga kebersihan area kelamin adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh pria maupun wanita. Khususnya pada wanita, yang rentan sekali mengalami infeksi ini, coba lakukan beberapa hal seperti menghindari produk pembersih area kewanitaan, membersihkan alat kelamin dari arah depan ke belakang, dan mengeringkan area kelamin setelah dibersihkan atau setelah mandi. Para wanita juga sebaiknya tidak menggunakan pembersih atau tisu yang mengandung pengharum, dan juga disarankan untuk tidak berendam.

Itulah cara mengobati infeksi saluran kencing yang akan membantu Anda mengatasi permasalahan yang Anda alami. Selain cara-cara di atas, yang paling utama adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, dan periksakan ke dokter bila mengalami gejala yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini diperlukan agar infeksi tidak semakin menyebar dan membahayakan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan