• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Yang Tepat

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Yang Tepat
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi penyakit menular seksual, seperti misalnya kutil kelamin. Virus penyebab kutil kelamin, umumnya ketika menginfeksi tubuh penderita, tidak selalu akan menunjukkan gejala secara langsung. Kadang membutuhkan waktu sampai virus ini menimbulkan gejala.

Penyebab kutil kelamin adalah human papillomavirus atau HPV yang bisa menyebar melalui hubungan seksual. Penyakit ini sering menimbulkan ketidaknyamanan, karena gejalanya yang akan muncul adalah tumbuhnya kutil di genital yang gatal dan juga nyeri. Hal ini juga yang membuat penderita membutuhkan cara menghilangkan kutil kelamin agar permasalahannya bisa teratasi.

HPV memang merupakan penyebab utama seseorang dapat terinfeksi kutil kelamin, namun ada beberapa faktor pemicu dari kondisi tersebut, misalnya karena tidak menjaga kebersihan area genital, melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seksual, tidak memakai kondom saat melakukan hubungan seksual, dan sudah aktif melakukan hubungan seksual di usia kurang dari 20 tahun.

Bila Anda mengalami kutil kelamin, maka ada ciri-ciri tertentu yang bisa meyakinkan Anda dengan kondisi yang Anda alami. Penderita kutil kelamin umumnya akan menemukan daging tumbuh di area genital atau anus, bahkan kutil ini bisa tumbuh di dalam area genital, kutil akan terlihat mirip kembang kol, kecil dan berkelompok, terasa gatal, nyeri dan terjadi pendarahan saat melakukan hubungan seksual. Bila kutil tumbuh di dalam area genital, kemungkinan tidak akan terlihat langsung, namun Anda bisa memperhatikan gejala lain, seperti pendarahan ketika melakukan hubungan seksual, atau terasa gatal dan juga nyeri.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan cara menghilangkan kutil kelamin berikut ini. Namun sebelum melakukan cara menghilangkan kutil kelamin, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang jelas terkait kondisi yang Anda alami.

chat

1. Obat Topikal

Ketika Anda didiagnosis terinfeksi human papillomavirus penyebab kutil kelamin, maka dokter akan memberikan obat topikal berupa salep, krim atau cairan untuk penanganan awal. Penanganan ini juga akan dilakukan jika kutil yang ditemukan masih belum menyebar.

Obat topikal ini akan membantu untuk menghilangkan kutil dan juga meningkatkan imunitas tubuh agar bisa melawan infeksi virus di tubuh. Namun obat topikal yang digunakan harus sesuai dengan anjuran dokter, bukan obat bebas.

2. Prosedur Ablasi

Bila Anda mendapati kutil kelamin Anda sudah menyebar dan tidak merespon obat topikal yang diberikan, maka dokter kemungkinan akan menganjurkan Anda untuk melakukan prosedur ablasi. Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam prosedur ablasi, tergantung dari kondisi kutil yang tumbuh, dan juga berdasarkan anjuran dokter. Prosedur ablasi ini terdiri dari eksisi, bedah listrik, kriyotherapi, dan juga bedah laser. Pemilihan prosedur ini bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter yang menangani Anda.

Jika Anda masih dalam tahap pengobatan cara menghilangkan kutil kelamin di atas, sebaiknya hindari dulu melakukan hubungan seksual apapun dengan pasangan Anda sampai sembuh. Pasangan juga umumnya akan diminta untuk diperiksa dan juga diberikan pengobatan walaupun tidak didapati adanya gejala yang muncul. Namun hal ini akan tetap dilakukan agar infeksi tidak kambuh lagi.

Anda juga disarankan untuk tidak menghilangkan kutil sendiri tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini malah akan membuat terjadinya infeksi, dan bisa menyebabkan penyebaran dari penyakit tersebut.

Bila Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segera konsultasikan hal tersebut pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting konsultasi pada halaman ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan