• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Menghilangkan Keringat Berlebih Di Ketiak

Cara Menghilangkan Keringat Berlebih Di Ketiak
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Cara menghilangkan keringat berlebih sangat diperlukan bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan keringat yang keluar secara berlebihan. Sebenarnya, keringat adalah tanda bahwa tubuh Anda dalam keadaan baik, dimana terjadi metabolisme dan keringat sebagai hasilnya. Namun seringkali yang terjadi adalah keringat yang keluar secara berlebihan sehingga mengganggu keseharian.

Bila tubuh berkeringat, juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar, sehingga tubuh akhirnya mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar-kelenjar keringat. Namun umumnya yang menimbulkan masalah adalah keringat berlebih, apalagi pada area ketiak yang akhirnya menimbulkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu. Untuk itulah, ketahui cara menghilangkan keringat berlebih di ketiak ini.

1. Antiperspirant

Terkadang orang salah mengerti dengan penggunaan deodoran dan antiperspirant. Kebanyakan dari mereka menganggap keduanya memiliki kegunaan yang sama, padahal itu keliru. Biasanya deodoran digunakan untuk menyamarkan bau ketiak yang tidak sedap. Berbeda halnya dengan antiperspiran, dimana digunakan untuk mengendalikan keluarnya keringat berlebih pada area ketiak. Namun saat ini juga sudah banyak deodoran yang juga memiliki kandungan antiperspiran, sehingga Anda bisa mengatasi permasalahan keringat berlebih yang bisa menyebabkan bau ketiak yang tidak sedap.

2. Pakaian Yang Tepat

Sebaiknya orang yang memiliki masalah pada keringat berlebih di ketiak, menghindari penggunaan pakaian yang tebal ataupun malah berlapis-lapis. Hal ini cenderung akan kulit ketiak sulit bernapas. Selain itu, bila keringat yang keluar berlebihan, dan Anda menggunakan pakaian tebal atau berlapis, malah akan membuat area ketiak semakin lembab dan bakteri dapat dengan mudah muncul sehingga menyebabkan bau. Anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang cerah pada siang hari, dimana tidak mudah menyerap panas yang malah akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat dengan berlebihan.

chat

3. Mandi Dengan Rutin

Bila tubuh sering berkeringat, maka Anda harus rajin untuk membersihkannya dengan cara mandi. Penumpukan keringat yang berlebih dan dibiarkan begitu saja, akan menyebabkan bakteri mudah berkembang dan muncul lah bau tidak sedap. Coba lah untuk mandi dua kali sehari, dan gunakan sabun anti bakteri.

4. Cara Alami

Cara alami yang bisa Anda lakukan agar keringat berlebih tidak menimbulkan bau, adalah dengan mengonsumsi air putih yang banyak. Dengan begitu, tubuh akan membuang racun melalui urine. Karena bila tubuh kekurangan cairan, racun akan dibuang melalui keringat dan akhirnya bau ketiak atau bau badan akan muncul.

5. Prosedur Operasi

Bila memang sudah sangat mengganggu, dan cara sederhana juga tidak bisa membantu mengatasi permasalahan yang Anda alami, Anda bisa mengatasi keringat berlebih dengan melakukan prosedur operasi. Dengan cara ini, kelenjar keringat pasien akan dinonaktifkan sehingga keringat tidak keluar secara berlebihan. Prosedur yang dilakukan biasanya penyedotan lemak dimana dalam prosedur tersebut kelenjar keringat akan diangkat dengan terlebih dahulu menyayat bagian dalam kulit dengan ukuran kecil.

Itulah cara menghilangkan keringat berlebih di ketiak yang sangat mengganggu keseharian. Namun ada baiknya konsultasikan cara tersebut pada dokter untuk penanganan yang tepat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan