• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Cara Menghilangkan Keputihan Tidak Normal

Cara Menghilangkan Keputihan Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 8.4 / 10 (7 orang penilai )



Bagaimana cara menghilangkan keputihan yang terjadi secara tidak normal? Tentu banyak wanita yang merasa tidak nyaman dengan keputihan yang dialami secara tidak normal. Sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab Anda mengalami keputihan yang tidak normal.

Keputihan merupakan cairan yang keluar dari Miss V dan berfungsi untuk membersihkan dan melindungi organ kewanitaan dari infeksi. Cairan ini berwarna putih bening sehingga disebut dengan keputihan dan diproduksi melalui kelenjar di dalam vagina, serviks dan akan keluar dengan jaringan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Pada wanita, keputihan merupakan kondisi yang sangat normal untuk terjadi. Jika Anda mengalami keputihan dengan cairan berwarna bening tanpa disertai rasa gatal dan gejala lainnya, maka kondisi ini merupakan normal dan tidak berbahaya.

Namun, Jika Anda mengalami cairan keputihan dengan perubahan warna seperti, berwarna kuning, hijau, bahkan keabu-abua dan disertai oleh gejala yang menyebabkan ketidaknyamanan, maka kondisi keputihan yang sedang Anda alami merupakan keputihan tidak normal.

Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Keputihan tidak normal atau keputihan patologis adalah jenis keputihan yang disebabkan oleh adanya infeksi. Wanita yang mengalami keputihan jenis ini menjadi tanda bahwa adanya gangguan yang menyebabkan kesehatan organ intim menjadi terganggu.

Biasanya, wanita yang mengalami keputihan patologis menjadi salah satu tanda bahwa kesehatan vagina sedang terancam dan menjadi tanda bahwa adanya infeksi yang mungkin disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit. Cairan keputihan tidak normal akan memiliki warna dengan penyebab yang berbeda-beda seperti:

Cairan Keputihan Berwarna Cokelat

Jenis keputihan tidak normal ini biasanya terjadi pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Meskipun, kondisi ini mungkin terjadi pada beberapa wanita tanpa adanya gejala yang jelas. Namun, kondisi seperti ini harus diwaspadai karena mengindikasi munculnya kanker serviks.

Cairan Keputihan Disertai Dengan Nyeri Dan Pendarahan

Pernahkah Anda mengalami kondisi keputihan setelah berhubungan seksual? Waspadalah, kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya penyakit kelamin seperti gonore dan klamidia. Selain itu, Anda juga akan mengalami rasa nyeri pada tulang panggul dan mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan akan menyebabkan kondisi yang semakin buruk.

Cairan Keputihan Disertai Rasa Gatal

Biasanya, kondisi keputihan seperti ini disebabkan oleh infeksi jamur yang menyebabkan cairan keputihan menjadi berwarna putih kental, namun tidak disertai bau. Gejala lain yang mungkin terjadi pada keputihan jenis ini adalah rasa gatal yang sangat parah serta menyebabkan perih di area vagina.

Apakah Keputihan Tidak Normal Itu Berbahaya?

Tentu, keputihan yang tidak normal sangat berbahaya bagi wanita. Kondisi ini dapat mempengaruhi kehamilan bahkan menjadi salah satu adanya penyakit berbahaya yang mungkin di alami. Selain itu, keputihan yang di alami secara tidak normal akan menyebabkan perkembang infeksi dan masalah lainnya yang membahayakan kesehatan wanita.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Keputihan Tidak Normal?

Wanita yang mengalami kondisi ini tentu akan mencari solusi menghilangkan keputihan yang sangat menyebabkan ketidaknyaman. Ada banyak cara untuk menghilangkan keputihan yang tidak normal dan sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab Anda mengalami keputihan ini.

Pertama, cara menghilangkan keputihan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan area kewanitaan Anda agar tetap selalu terjaga dan terhindar dari kondisi lembab yang memudahkan bakteri untuk menginfeksi.

Bersihkan area kewanitaan Anda menggunakan air bersih dan bersihkan menggunakan teknik dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri yang bisa menginfeksi area vagina dan menyebabkan keputihan tidak normal.

Cara menghilanghkan keputihan selanjutnya adalah dengan mendapatkan bantuan dokter ginekologi. Ketika Anda mengalami keputihan tidak normal dan sudah melakukan pencegahan untuk menghilangkan keputihan yang sangat menganggu, maka pilihan yang sangat tepat adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Diagnosa Dokter

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda dengan melakukan tes laboratorium untuk mengetahui penyebab Anda mengalami keputihan yang tidak normal. Selain itu, hal ini juga akan mempermudahkan dokter dalam memberikan pengobatan untuk menghilangkan keputihan yang sedang Anda derita.

Jika selama pemeriksaan ditemukan kondisi yang menyebabkan Anda mengalami keputihan diakibatkan oleh penyakit kelamin tertentu atau kondisi kesehatan lainnya. Maka, dokter akan memberikan tindakan yang sesuai untuk menghilangkan keputihan tidak normal ini.

Bantuan Pemeriksaan Dan Pengobatan Keputihan Tidak Normal

Nah, itulah cara menghilangkan keputihan yang tidak normal yang mungkin Anda derita. Apabila Anda mengalami keputihan yang tidak normal dan membutuhkan pemeriksaan serta tindakan pengobatan, maka periksakan diri Anda dengan Klinik Utama Gracia.

Jika Anda memiliki pertanyaan lainnya seputar keputihan tidak normal atau cara menghilangkan keputihan yang tidak normal, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online yang tersedia di bawah ini atau Anda dapat menghubungi kami melalui via telepon di 081336361555.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berbau Amis Dan Mencegahnya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan