• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Cara Menghilangkan Bau Keringat Yang Efektif

Cara Menghilangkan Bau Keringat Yang Efektif
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Bagaimana cara menghilangkan bau keringat pada tubuh? Bagi beberapa orang yang mengalami keluhan bau kerigat seseorang mungkin akan mendapatkan kondisi yang tidak menyenangkan dan bahkan Anda mungkin akan merasakan bagian-bagian yang terlihat menonjol pada tubuh ketika kondisinya sedang berlangsung.

Secara alamiah keringat tidaklah menimbulkan bau, karena cairan keringat terbuat dari air, protein, dan minyak garam dan cenderung berwarna bening serta tidak menimbulkan bau. Keringat akan berbau ketika bakteri yang ada di permukaan kulit mulai memecah protein dan minyak hingga mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan.

Tubuh seseorang merupakan rumah bagi jutaan jenis bakteri yang membantu atau berfungsi sebagai pertahanan alami kulit seseorang. Bagian-bagian tubuh yang lembab merupakan lingkungan yang mendukung mereka untuk bertahan hidup dan tumbuh misalnya pada bagian-bagian seperti :

• Selangkangan
• Ketiak
• Alat kelamin

Ketiga bagian tubuh tersebut adalah baian yang paling sering atau umumnya mendapatkan tingkat kelembaban yang tinggi sehingga menghasilkan keringat yang berlebih dan merupakan tempat terbaik untuk bakteri berkembang. Anda mungkin akan selalu memikirkan bagaimana cara menghilangkan bau keringat yang Anda miliki tersebut.

Apa Yang Menyebabkan Munculnya Bau Keringat?

Kulit Anda memiliki dua jenis kelenjar keringat utama yang menghasilkan cairan keringat Anda yaitu :

• Kelenjar Eccrine

Kelenjar yang berada pada permukaan kulit seseorang yang mana kelenjar ini lebih terbuka langsung pada area tubuh seseorang.

• Kelenjar Apokrin

Kelanjar yang berkembang pada daerah-daerah yang tumbuh dengan folikel rambut dan juga ditemukan pada area payudara untuk menghasilkan tetesan lemak dalam ASI.

Kelenjar apokrin lebih bertanggung jawab untuk menghasilkan bau keringat karena keringat yang dihasilkan tinggi protein sehingga bakteri dapat memecahkannya dengan mudah. Bakteri akan memecah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin untuk digunakan sebagai sumber makanan dan juga metabolismenya sehingga menghasilkan bau yang khas dan menimbulkan gejala seperti :

• Keringat yang lebih banyak dari biasanya.
• Produksi keringat bahkan pada malam hari tanpa alasan yang jelas.
• Adanya perubahan bau pada badan Anda.
• Keringat yang dirasakan menganggu rutinitas dan aktifitas.

Gejala-gejala tersebut tidak selamanya mungkin dapat dirasakan dan muncul pada seseorang, dalam kondisi yang lebih baik mungkin Anda tidak akan menyadari keluhan atau gejala yang terjadi. Setelahnya Anda mungkin akan menanyakan bagaimana menyembuhkan atau cara menghilangkan bau keringat yang dirasakan.

Baca Juga : Coba Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Ini

chat

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Keringat?

Cara menghilangkan bau keringat tidak hanya bergantung pada kondisi yang sedang dialami, namun juga menghilangkan kondisi ini dengan cara yang lebih bersifat permanen. Dengan melakukan pemeriksaan ketika Anda sudah menyadari kondisinya termasuk dalam keluhan yang tidak biasa adalah langkah yang harus Anda lakukan.

Membiarkan kondisi keluhan bau keringat adalah sesuatu yang bersifat tidak bagus ketika keluhannya juga berlangsung dalam jangka panjang. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan begitu Anda mengetahuinya, Anda mungkin akan merasa bahwa kondisi yang berlangsung merupakan kondisi yanhg tidak baik untuk dilakukan.

Bagimana Anda bisa mendapatkan diagnosa secara jelas? Dokter Anda akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang riwayat medis sebelumnya dan juga melakukan pemeriksaan fisik selain itu juga bisa dilakukannya pemeriksaan penunjang seperti tes darah ataupun urin. Pengobatan yang dibutuhkan bisa meliputi :

• Penggunaan Antiperspirant

Antiperspirant kan mengandung senyawa yang berbahan dasar aluminium sehingga akan lebih bersifat sementara untuk memblokir poripori keringat, dan ini yang menghasilkan jumlah keringat yang lebih berkurang untuk bisa mencapai area kulit Anda.

• Deodoran

Menggunakan deodoran adalah salah satu langkah yang paling tepat karena kondisi ini mungkin akan membantu untuk mengendalikan keringat Anda. Namun penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kondisi Anda. Untuk menghindari adanya iritasi dari penggunaan yang dilakukan secara sembarang.

• Pembedahan Atau Tindakan Medis

Pengambilan tindakan medis merupakan pilihan opsional yang bisa Anda lakukan namun juga masih bisa dihindari ketika keluhannya masih diatasi dengan metode lainnya. Pembedahan minor dengan mengangkat kelanjar keringat yang berlebih untuk mengurangi produksi keringat yang dihasilkan.

Pemeriksaan dan konsultasi bisa Anda lakukan dengan mendatangi dokter atau klinik khusus yang menangani keluhan Anda. Karena tidak banyak klinik atau pelayanan kesehatan yang bisa menangani keluhan tersebut, klinik kami hadir untuk Anda yang membutuhkan. Segera lakukan pemeriksaan untuk tahu bagaimana cara menghilangkan bau keringat Anda.

Klinik Utama Gracia selain menangani setiap keluhan penyakit menular seksual (PMS). andrologi, dan ginekologi. Klinik kami juga menangani keluhan-keluhan yang lebih bersifat private atau pribadi dalam diri Anda seperti mangatasi keluhan bau keringat atau bau badan, rekonstruksi selaput dara, rekonstruksi kulup, disfungsi seksual, dan lainnya.

Hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter dan tenaga medis kami yang terpercaya dan berkompeten. Didukung dengan metode dan peralatan medis yang modern untuk menunjang hasil pemeriksaan atau pengobatan Anda. Klinik Utama Gracia adalah pilihan terbaik untuk setiap keluhan dengan memprioritaskan kesembuhan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Badan Atau Bau Ketiak Secara Tuntas

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan