• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Menghadapi Penyakit Herpes Genitalis

Cara Menghadapi Penyakit Herpes Genitalis
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (4 orang penilai )

Salah satu penyakit kelamin yang sering menyerang adalah herpes genitalis atau herpes simplexs. Biasanya akan menimbulkan gejala seperti luka yang sakit,dan gatal pada alat kelamin. Herpes genitalis biasa menular melalui hubungan seksual, tetapi herpes simpleks juga dapat ditularkan melalui sentuhan.

Herpes simpleks dapat tertular melalui membran mukosa pada tubuh seperti mulut, kulit, dan kelamin. Virus herpes simpleks dapat hidup menetap pada tubuh manusia, dan terkadang pada suatu saat akan kembali aktif didalam tubuh.

Hingga saat ini jika seseorang mengalami penyakit herpes, maka virus tidak akan pernah hilang dair dalam tubuh. Virus akan menetap, dan bisa kembali aktif. Pengobatan dilakukan hanya dilakukan agar virus tidak selalu aktif didalam tubuh.

Gejala Herpes Genitalis

Meskipun banyak penderita herpes yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terkena herpes simpleks. Karena sebagian besar penderita herpes tidak pernah menyadari bahwa dirinya sudah terkena virus herpes simplexs. Namun ada beberapa gejala yang biasa terjadi pada penderita herpes.

  • Muncul benjolan berwarna merah
  • Luka yang pecah di area kelamin
  • Tumbuh koreng setelah luka sembuh
  • Sakit saat buang air kecil
  • Akan muncul rasa sakit dan gatal disekitar area kelamin termasuk anus

Benjolan atau luka juga dapat muncul di mulut dan tenggorokan apabila anda pernah melakukan seks oral kepada penderita herpes, sehingga menular kepada anda. Wanita lebih rentan terserang herpes simpleks dibandingkan pada laki-laki.

Untuk tahap diagnosis, maka ketika anda sudah menemukan tanda-tanda gejala seperti gejala-gejala diatas, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kelamin. Karena dengan melakukan pemeriksaan, anda dapat mencegah penyebaran virus menjadi lebih parah.

Virus herpes simpleks juga dapat menular kepada bayi yang sedang di kandung oleh penderita herpes. Sehingga ibu hamil yang menderita herpes harus segera melakukan pengobatan dan untuk mencegah bayi yang di kandungnya tertular dan menemukan gejala yang lebih parah.

chat

Obat Herpes

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas, bahwa herpes genitalis tidak dapat hilang dari dalam tubuh. Pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala, dan mencegah herpes kembali aktif pada penderitanya.

Adapun jenis obat-obatan yang diberikan kepada penderita herpes adalah obat antivirus seperti valasiklovir, asiklovir, dan famsiklovir. Harus anda ketahui, obat-obat ini hanya berguna agar virus herpes simplexs tidak berkembang biak didalam tubuh anda.

Pada penderita herpes, biasanya virus akan kembali aktif ketika metabolisme dalam tubuh sedang dalam kondisi yang lemah. Sehingga virus kembali aktif, karena jumlah antibody didalam tubuh pun menjadi berkurang, dan menyebabkan virus menjadi aktif.

Perawatan Mandiri

Luka yang muncul akibat herpes simpleks dapat anda obati di rumah dengan cara tersendiri. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di rumah untuk melakukan perawatan di rumah, seperti:

  • Membersihkan luka agar tidak infeksi. Bersihkan menggunakan air bersih atau air dengan garam
  • Untuk meredakan rasa sakit, anda bisa mengkompres luka dengan es batu
  • Jika ada luka melepuh, untuk menghilangkan rasa sakit maka gunakan saja krim penghilang rasa sakit yang dapat anda beli di Apotek terdekat
  • Gunakan pakaian yang longgar
  • Jangan pernah menyentuh luka anda tanpa alat pelindung

Jika anda memiliki gejala herpes genitalis dan butuh pemeriksaan dan pengobatan medis, maka anda bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Utama Gracia agar luka herpes bisa sembuh dan menghindari semakin parahnya luka.

 

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan