• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Yang Mengganggu

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Yang Mengganggu
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Cara mengatasi sering buang air kecil merupakan cara yang diperlukan bagi mereka yang ‘beser’. Buang air kecil umumnya akan dialami seseorang sekitar 4 hingga 8 kali sehari. Walaupun begitu, banyak pula yang seringkali mengalami sering buang air kecil karena beberapa penyebab. Kondisi ini tentunya mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk itu ketahui penyebab sering buang air kecil dan juga cara mengatasi sering buang air kecil berikut ini.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

1. Sering Minum

Jika Anda termasuk orang yang sering minum, mungkin kondisi ini bukan suatu hal yang aneh bagi Anda. Tubuh akan otomatis sering membuang urine jika Anda mengonsumsi banyak air. Hal ini terjadi karena adanya mekanisme tubuh yang akan membuang kelebihan cairan di dalam tubuh, bila tubuh telah mendapat persediaan yang cukup. Pada saat ini, tubuh akan membuang kelebihan cairan tersebut lewat keringat dan juga urine.

2. Makanan Dan Minuman Tertentu

Beberapa makanan dan minuman tertentu akan merangsang pembuangan urine, seperti kopi, teh, soda, alkohol, cokelat, makanan dan minuman berpemanis buatan, dan makanan pedas. Bila Anda sering buang air kecil, coba ingat-ingat kembali makanan dan minuman apa yang sebelumnya Anda konsumsi.

3. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau infeksi saluran kencing akan membuat penderitanya mengalami gejala sering buang air kecil, urine keluar sedikit-sedikit dan disertai dengan nyeri. Kondisi ini dikenal dengan sebutan anyang-anyangan. Terjadinya infeksi pada sistem kemih ini disebabkan oleh adanya bakteri, sehingga pengobatannya akan dilakukan dengan antibiotik.

chat

4. Diabetes

Penderita diabetes akan sering merasakan keinginan untuk buang air kecil. Hal ini terjadi karena kadar gula di dalam tubuh yang tinggi. Sifat gula yang cenderung menarik cairan akan membuat seseorang sering buang air kecil, merasa sering haus, kesemutan dan juga lemas. Untuk itu, Anda harus menyeimbangkan kadar gula di dalam darah untuk mengatasinya.

5. Obat

Sering buang air kecil juga bisa disebabkan karena konsumsi obat, seperti obat hipertensi yang mengandung sifat diuretik. Hal ini akan membuat mekanisme pembuangan cairan yang melalui ginjal akan meningkat, sehingga akan sering buang air kecil.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil

1. Senam Kegel

Melakukan latihan senam kegel akan membuat otot dasar panggul dan kandung kemih menjadi lebih kuat, sehingga otot ini akan lebih mampu mengatur kontraksi yang terjadi pada kandung kemih, dan membuat Anda tidak lagi sering buang air kecil.

2. Menentukan Jumlah Tepat Dalam Mengonsumsi Cairan

Bila terlalu banyak mengonsumsi cairan dapat membuat Anda sering buang air kecil, berarti Anda harus menentukan jumlah yang tepat dalam mengonsumsi cairan. Konsultasikan dengan dokter terkait seberapa batasan jumlah cairan yang harus Anda konsumsi. Bila Anda memiliki permasalahan sering terbangun ketika sedang tidur di malam hari untuk buang air kecil, maka mengatur jumlah cairan yang Anda konsumsi juga harus Anda lakukan ketika akan tidur.

3. Pemeriksaan Ke Dokter

Bila Anda belum yakin apa yang menyebabkan Anda sering buang air kecil, maka cara mengatasi sering buang air kecil yang terakhir adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Hal ini juga bisa menjadi pilihan awal ketika Anda mengalami kondisi tersebut, karena ditakutkan penyebabnya adalah diabetes. Bila telah diketahui apa penyebabnya, maka Anda bisa diberikan penanganan atau pengobatan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Sebelum memeriksakan ke dokter, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu pada staf Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini. Staf kami akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan Anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan