• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih Pada Wanita

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )

Kelenjar pada vagina wanita akan memproduksi cairan yang akan menjadi alat untuk membersihkan area kewanitaan. Cairan yang keluar ini akan membawa mikroorganisme jahat dan juga sel-sel mati, sehingga bagian vital milik wanita ini akan terjaga kebersihannya, dan terhindar dari infeksi. Walaupun begitu, cairan yang juga disebut keputihan tersebut bisa saja keluar secara berlebihan dan menjadi tanda-tanda keabnormalan. Lalu bagaimanakah cara mengatasi keputihan yang berlebih?

Keputihan yang berlebihan cenderung menimbulkan ketidaknyamanan. Hal ini juga merupakan salah satu gejala terjadinya keputihan abnormal. Untuk itu, pahami penyebabnya, dan juga cara mengatasi keputihan yang berlebih berikut ini.

Penyebab

1. Vaginosis Bakteri

Ketidakseimbangan bakteri pada vagina, sehingga bakteri jahat berjumlah lebih banyak daripada bakteri baik menyebabkan terjadinya kondisi vaginosis bakteri. Wanita yang mengalami kondisi ini akan merasakan keputihan yang berlebihan, berwarna abu-abu, dan berbau amis.

2. Infeksi Jamur

Adanya infeksi jamur yang biasanya dipicu dari kelembaban area kewanitaan yang kurang terjaga ini akan membuat wanita mengalami keputihan yang kental, putih, gatal, dan berbau tidak sedap. Salah satu jenis jamur yang sering menyerang vagina adalah jamur candida.

3. Penyakit Menular Seksual

Wanita yang mengalami gonore ataupun klamidia yang merupakan penyakit menular seksual, juga bisa menjadi penyebab keputihan terjadi secara berlebihan. Selain itu, gejala yang akan terjadi yaitu keputihan berwarna kekuningan, mengeluarkan bau busuk dan juga gatal.

chat

4. Kanker

Ini adalah kemungkinan yang pasti akan ditakutkan para wanita. umumnya kanker yang dapat menyebabkan keputihan berlebih adalah kanker serviks dan juga kanker rahim. keputihan yang keluar secara berlebihan ini terjadi karena ada tumor yang merangsang kelenjar vagina untuk memproduksi lendir. Gejala yang terjadi yaitu, keputihan berwarna putih, seperti krim, tidak berbau, namun seringkali disertai darah.

Walaupun begitu, keputihan berlebih juga bisa terjadi karena kondisi yang alami, seperti ketika wanita mendapatkan rangsangan seksual, sedang masa subur, ataupun terjadi peningkatan hormon.

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih

1. Memastikan Penyebab

Pengobatan hanya dapat dilakukan bila sudah mendapatkan penyebab pasti dari keputihan yang dialami oleh wanita. namun penyebab keputihan berlebih ini hanya dapat diketahui bila Anda melakukan pemeriksaan medis pada dokter. Dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan sampel keputihan, untuk mengetahui penyebab yang terjadi.

2. Penanganan Untuk Mendukung Pengobatan

Cara ini umumnya dilakukan secara mandiri, dan mudah sekali diterapkan di rumah. Bila pengobatan dari dokter telah Anda lakukan, maka cara ini akan membantu mempercepat proses pengobatan. Lakukan penanganan dengan selalu menjaga kebersihan dan kelembaban vagina. Anda cukup membersihkan area kewanitaan dengan air bersih setiap harinya, dan keringkan menggunakan handuk yang bersih hingga betul-betul kering.

Penggunaan pembersih vagina sebenarnya tidak disarankan, apalagi bila dilakukan setiap hari. Selain itu, hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat, untuk memberikan area kewanitaan kesempatan untuk mendapatkan aliran udara.

3. Konsumsi Makanan Sehari-Hari

Pengobatan yang diberikan dokter juga akan lebih baik dilakukan dengan disertai konsumsi makanan sehat setiap harinya, termasuk asupan air putih yang cukup. Hal ini akan mendukung tubuh untuk lebih fit sehingga dapat melawan infeksi yang sedang terjadi. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan manis, kafein, ataupun alkohol, agar tidak memicu mikroorganisme jahat untuk mudah berkembang pada vagina.

Konsultasikan permasalahan yang Anda alami terkait keputihan yang berlebih ataupun gejala keputihan abnormal lainnya pada staf Klinik Utama Gracia yang dapat Anda hubungi melalui layanan chatting online di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan