• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )



Ladies, Tahukah kamu bahwa keputihan yang tidak normal sangat berbahaya? Berikut ini informasi mengenai cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang harus kamu ketahui dan hindari faktor penyebabnya.

Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina wanita dan menjadi kondisi yang normal. Fungsi cairan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita dari infeksi bakteri dan menjaga kelembaban organ intim. Normalnya, cairan keputihan akan berwarna putih bening tanpa disertai bau. Lalu bagaimana dengan keputihan tidak normal? Berikut ini ciri-ciri keputihan normal dan tidak normal.

Keputihan Normal Dan Keputihan Tidak Normal

Beberapa wanita mungkin mengalami keputihan pada periode mendekati menstruasi dan biasanya kondisi ini umum di alami pada keputihan normal. Cairan keputihan ini akan terjadi dengan warna keputihan putih bening tanpa adanya rasa gatal dan tidak berbau. Biasanya jumlah cairan keputihan normal yang keluar dari vagina tidak banyak namun, debit ini dapat meningkat saat berolahraga bahkan saat mengalami peningkatan gairah seksual.

Jika keputihan yang normal keluar dengan debit yang banyak tanpa disertai dengan bau dan rasa gatal. Anda tidak perlu khawatir untuk mengatasi keputihan ini karena ini tidak berbahaya dan masih dalam kondisi yang normal.

Lalu, Bagaimana Dengan Keputihan Yang Tidak Normal?

Keputihan yang bersifat normal pada keadaan tertentu dapat berubah menjadi keputihan yang tidak normal. Cairan keputihan yang tidak normal akan ditandai dengan perubahan warna cairan dan disertai dengan bau dan rasa gatal yang menimbulkan ketidaknyamanan pada wanita yang mengalaminya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal diantaranya, adanya infeksi bakteri yang menyerang vagina, disebabkan oleh infeksi jamur akibat tidak menjaga kebersihan organ intim, keputihan yang tidak normal juga menjadi tanda bahwa seorang wanita sedang memiliki masalah dengan kesehatan organ reproduksinya.

Keputihan yang tidak normal dapat diketahui ciri-cirinya seperti:

• Cairan keputihan yang lebih kental
• Cairan keputihan berubah menjadi warna coklat, kuning bahkan kehijauan
• Keputihan akan menimbulkan rasa gatal dan kadang cairan keputihan disertai dengan bau busuk
• Meningkatnya debit cairan keputihan yang keluar dari vagina

Jika Anda mengalami kondisi keputihan yang tidak normal segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengatasi keputihan yang tidak nomal menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Atau bisa langsung konsultasi dengan dokter kami, dengan cara klik gambar konsultasi.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Kuning

Inilah 3 Penyebab Wanita Mengalami Keputihan Tidak Normal


1. Bakteri Vaginosis

Vaginosis bakteri merupakan jenis bakteri yang umum pada kelamin wanita. Infeksi bakteri ini akan menyebabkan peningkatan cairan keputihan dan menyebabkan bau. Beberapa kasus keputihan yang disebabkan infeksi ini tidak menimbulkan gejala yang begitu jelas. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja cara untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

2. Infeksi Jamur

Selain itu, keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Kondisi ini bisa disebabkan oleh akibat tidak menjaga kebersihan organ intim yang menyebabkan jamur menginfeksi vagina. Kondisi lain yang dapat menyebabkan perkembangan jamur yaitu akibat penyakit tertentu seperti diabetes atau bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan.

3. Infeksi Penyakit Kelamin

Keputihan yang tidak normal pada wanita dapat disebabkan oleh adanya penyakit kelamin yang diderita. Infeksi penyakit kelamin ini akan menimbulkan tanda-tanda keputihan yang tidak normal pada wanita. Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak segera dicegah akan menimbulkan komplikasi penularan infeksi menular kepada pasangan saat berhubungan seksual.

Inilah Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Karena keputihan yang tidak normal akan sangat berbahaya jika terus menerus dibiarkan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan tidak normal diantaranya:

• Gunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat untuk menjaga area vagina tidak lembab
• Hindari menggunakan produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi
• Selalu bersihkan area vagina dari bagian depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus
• Jangan menggunakan pakaian basah dalam waktu yang lama

Selain itu, wanita yang sedang menstruasi agar rutin mengganti pembalut jika tidak akan menimbulkan infeksi dan iritasi yang menyebabkan keputihan tidak normal. Sebaiknya Anda menghindari berhubungan seksual dengan banyak pasangan hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pada vagina.

Jika keputihan terus berlanjut dengan kondisi yang tidak normal disarankan untuk Anda mendapatkan bantuan dokter. Lakukan pemeriksaan dengan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Dokter akan memberikan tindakan pengobatan sesuai dengan penyebab Anda mengalami keputihan tidak normal.

Apabila Anda mengalami keputihan yang tidak normal segera menghubungi dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan dan pencegahan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal sebelum menjadi komplikasi yang berbahaya. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kami melalui layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berbau Amis dan Mencegahnya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan