• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengatasi Keputihan Dan Obat Keputihan Alami

Cara Mengatasi Keputihan Dan Obat Keputihan Alami
Nilai Rata-rata: 9.4 / 10 (14 orang penilai )

Semua wanita akan merasa cemas, ketika mengalami keputihan. Sebenarnya, kondisi keputihan yang terjadi pada tubuh anda tak perlu terlalu dikhawatirkan jika masih dalam kondisi normal. Tetapi jika keputihan yang anda alami membuat anda merasa tidak nyaman terhadap kondisi yang terjadi, maka anda harus mencari cara mengatasi keputihan tersebut. Sebenarnya cara mengatasi keputihan tidaklah sesulit dengan apa yang anda pikirkan.

Keputihan bisa segera anda atasi dengan berbagai cara, baik itu menggunakan obat keputihan resep dokter ataupun mengobati keputihan dengan mandiri atau perawatan sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami yang cukup mudah anda temukan.

Anda harus mengenali apa tanda keputihan yang anda rasakan adalah keputihan normal atau keputihan yang tidak normal. Jika keputihan yang anda alami adalah keputihan normal, maka anda tidak perlu melakukan pengobatan apapun. Anda hanya cukup menghindari bahwa keputihan yang terjadi pada tubuh anda tidak menjadi keputihan abnormal.

Keputihan Normal

Keputihan normal biasanya akan selalu muncul ketika anda akan memasuki siklus menstruasi dan setelah melalui siklus menstruasi. Keputihan juga terkadang muncul, saat anda mengandung. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon di dalam tubuh akan bertambah seiring dengan kehamilan, dan menyebabkan keputihan.

Anda yang sedang mengalami kondisi keputihan normal, maka tidak perlu cemas serta mencari berbagai cara mengatasi keputihan. Jika masih dalam tahapan wajar, maka keputihan tersebut tidak perlu di atasi, karena itu adalah bentuk perlindungan dari organ reproduksi.

Keputihan yang normal adalah kondisi keputihan yang terjadi untuk melindungi organ reproduksi dari serangan bakteri, jamur, dan protozoa. Ketika kuman-kuman tersebut masuk ke dalam organ reproduksi, dan menyebabkan keputihan yang berlebihan, hal itu normal karena itu adalah efek dari keputihan yang keluar dengan membawa sel-sel mati dan bakteri jahat yang dapat menyerang vagina.

Keputihan Abnormal

Jika keputihan abnormal muncul, maka kondisi inilah yang harus anda atasi dan anda harus mencari cara mengatasi keputihan yang tidak normal dengan berbagai cara. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi keputihan dengan obat alami, maka sebaiknya anda mencari tahu penyebab keputihan abnormal.

Penyebab Keputihan

  • Infeksi jamur candida
  • Infeksi virus Human Pappilomavirus
  • Infeksi bacterial vaginosis
  • Penyakit menular seksual

Keempat hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya keputihan abnormal pada tubuh anda. Jika anda merasakan beberapa gejala yang tidak wajar maka anda harus segera untuk mencari cara mengatasi keputihan yang anda alami tersebut.

Keputihan abnormal biasanya menunjukan gejala dengan lendir keputihan berwarna cokelat, kuning, hijau, serta abu-abu. Cairan keputihan lengket, keputihan mengeluarkan bau amis, dan keputihan disertai rasa gatal pada vagina. Keputihan abnormal kadang juga menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah, saat buang air kecil, serta ketika melakukan hubungan seks.

Cara Mengatasi Keputihan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan. Berikut beberapa cara yang bisa menyebabkan keputihan tidak normal tersebut menjadi masalah yang cukup serius dan cukup membuat anda merasa cemas dengan kondisi yang anda alami itu.

chat

Mengkompres Dingin Vagina

Cara sederhana yang bisa anda lakukan pada tahap awal untuk mengatasi keputihan tidak normal yang menyebabkan rasa gatal adalah dengan melakukan kompres dingin. Kompres dingin dapat membuat anda merasa sedikit nyaman, dan mengurangi terjadinya pembengkakan pada vulva vagina.

Pisang

Saat keputihan menerjang, segeralah untuk mengkonsumsi buah pisang. Karena kandungan dalam buah pisang akan membantu anda dalam menyembuhkan keputihan, dengan mengatur kadar hormon yang ada di dalam tubuh anda.

Buah Delima

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah delima ketika mengalami keputihan. Kandungan pada buah delima mampu mencegah perkembangan bakteri dan virus yang ada di vagina anda. Sehingga sangat cocok sebagai cara mengatasi keputihan. Karena itu, segeralah memakan buah delima atau menjadikan buah delima sebagai jus, dan minumlah dua kali sehari selama tiga minggu.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki khasiat untuk melembabkan vagina dengan mengataur kadar pH pada vagina. Karena kandungan pada cuka apel bisa membuat bakteri tidak nyaman tinggal disekitar vagina. Anda cukup mencampurkan cuka apel dengan air putih lalu minumlah air tersebut.

Basil

Basil adalah tanaman yang memiliki khasiat herbal pada daun, biji, dan bunganya. Tanaman ini memiliki senyawa yang mampu meningkatkan kadar keasaman pH pada vagina dan menjaga kesehatan vagina. Tanaman basil memiliki bentuk seperti daun kemangi, namun perbedaannya bisa dicium dari aroma yang dikeluarkan dari tanaman ini. Anda bisa menghilangkan keputihan dengan campuran basil dan susu ataupun mencampurkan basil yang telah di jus dengan madu.

Jahe

Bahan herbal lainnya yang bisa anda jadikan sebagai obat untuk cara mengatasi keputihan adalah jahe. Jahe sudah dikenal memiliki senyawa antibakteri dan memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk menghilangkan keputihan. Anda bisa meminum wedang jahe untuk hilangkan keputihan yang anda alami.

Probiotik

Anda yang sedang mengalami keputihan karena bakteri, maka sebaiknya segeralah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak probiotik. Probiotik akan membantu bakteri baik dalam melawan bakteri jahat, makanan yang mengandung probiotik terdiri dari yoghurt, ikan salmon, dan tempe serta masih banyak makanan lainnya.

Fenugreek

Biji fenugreek ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan kadar pH pada vagina, kadar pH tersebut akan membantu anda dalam mengurangi jumlah bakteri dan virus penyebab keputihan. Anda bisa mengkonsumsi biji fenugreek dengan cara merendamnya terlebih dahulu pada air hangat.

Jambu Biji

Buah selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi keputihan adalah jambu biji. Jambu biji bisa menghilangkan keputihan yang anda alami. Anda juga bisa mengkonsumsi jambu biji dengan cara menjadikannya jus dan minumlah dua kali dalam sehari.

chat

 

Air Rebusan Beras Putih

Anda bisa meminum air rebusan beras putih untuk menghilangkan keputihan yang anda alami. Air rebusan ini sangat efektif dalam membasmi kuman penyebab keputihan abnormal. Caranya adalah dengan mencuci bersih beras putih, lalu rebus beras hingga mendidih. Setelah itu anda bisa meminum air rebusannya tersebut untuk mengatasi keputihan.

Lemon

Saat anda mengalami keputihan, maka cobalah untuk mengkonsumsi lemon. Baik itu air perasan lemon, ataupun mengkonsumsi jus lemon. Kandungan antioksidan di dalam lemon bisa membantu anda dalam menghilangkan keputihan yang anda alami.

Daun Sirih

Daun sirih mungkin sudah terkenal sejak lama sebagai obat yang cukup ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada vagina. Anda juga bisa menggunakan daun sirih untuk mencegah terjadinya keputihan. Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci bersih vagina. Namun jangan lakukan hal ini setiap hari, karena dapat membunuh bakteri baik pada vagina.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa anda lakukan mulai setelah membaca artikel ini. Anda bisa melakukannya di rumah, dan cobalah untuk memilih salah satu bahan tersebut yang bisa anda jadikan sebagai obat alami mengatasi keputihan.

Jika sudah lebih dari satu minggu, anda tidak juga mendapatkan hasil yang memuaskan dari penggunaan obat alami tersebut, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan medis sebelum keputihan menjadi lebih parah. Terlebih jika anda sedang hamil, cairan keputihan bisa menyerang janin yang ada pada kandungan anda.

Cara Mencegah Keputihan Wanita

Selain dengan cara mengatasi keputihan, anda juga disarankan untuk melakukan pencegahan keputihan. Sehingga anda dapat mencegah terserang dari keputihan yang tidak normal. Berikut beberapa cara yang disarankan oleh tim medis untuk mencegah keputihan.

Menjaga Kebersihan Vagina

Dengan menjaga vagina agar selalu dalam keadaan bersih bisa membantu anda dalam mengatasi setiap keputihan yang anda alami. Menjaga kebersihan, termasuk setelah anda melakukan buang air besar maupun melakukan buang air kecil selalu mencebok dengan bersih dan benar maka anda akan terhindar dari bakteri penyebab keputihan.

Memilih Pakaian Yang Nyaman

Wanita biasanya tidak peduli dalam memilih pakaian yang mereka gunakan dalam kegiatan sehari-hari, terlebih ketika berada di rumah. Padalah memilih pakaian yang tepat dan nyaman salah satu cara yang penting untuk mencegah timbulnya keputihan. Gunakanlah berbagai jenis pakaian yang memang cocok dan sesuai dengan tubuh anda, hindari menggunakan pakaian terlalu ketat.

chat

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina

Penggunaan cairan pembersih vagina bukan menyebabkan anda terhindar dari bakteri, dan kuman lainnya. Tetapi cairan tersebut hanya menyebabkan anda menambah parah kadar keputihan dan hanya mengundang bakteri, dan jamur penyebab keputihan untuk datang. Sebaiknya anda hindari penggunaannya.

Makan Makanan Sehat

Hal terbaik untuk cara mengatasi keputihan adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Usahakan anda selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami agar terhindar dari keputihan, jangan terlalu sering mengkonsumsi junk food karena itu hanya menyebabkan anda mengalami keputihan.

Hindari Seks Dengan Bergonta-Ganti Pasangan

Keputihan bisa disebabkan akibat terlalu sering dalam melakukan hubungan seks dengan banyak pria. Hindari melakukan hal tersebut, cukup melakukan hubungan seks dengan satu pria saja. Karena anda tidak pernah tahu mengenai riwayat penyakit menular seksual yang dimiliki oleh pria tersebut. Setia pada pasangan menjadi cara terbaik untuk mencegah keputihan.

Jangan Pakai Pembalut Terlalu Lama

Saat anda menstruasi, jangan pernah menggunakan pembalut hingga berhari-hari. Kondisi tersebut menyebabkan penumpukan bakteri, karena darah menstruasi adalah darah kotor yang dipenuhi cukup banyak bakteri. Sehingga cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menganti pembalut minimal 3-4 kali dalam satu hari.

Hindari Penggunaan Pelumas Ketika Berhubungan Seks

Anda mungkin sering melakukan hubungan seks menggunakan pelumas yang memiliki bahan kimia, apabila benar, stop penggunaan pelumas tersebut, karena hanya menyebabkan anda mengalami keputihan.

Perbanyak Olahraga

Anda juga bisa terhindar dari keputihan dengan melakukan olahraga yang lebih banyak dari biasanya. Berolahraga dapat membantu tubuh dalam meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat melawan setiap bakteri maupun virus yang dapat melemahkan metabolisme anda.

Apabila cara-cara diatas sudah dilakukan untuk cara mengatasi keputihan dan mencegah keputihan, tetapi tidak juga berhasil, sebaiknya anda segera temui dokter spesialis. Dengan begitu, maka anda dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab anda mengalami keputihan, dan keputihan yang lebih parah masih bisa dicegah sejak dini.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan