• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Pada Wanita

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )

cara mengatasi keputihan

Keputihan abnormal atau disebut juga keputihan patologis merupakan keputihan tidak wajar yang bisa terjadi karena faktor infeksi ataupun non-infeksi. Penggunaan alat kontrasepsi jenis spiral dan juga adanya penyakit seperti kanker serviks merupakan faktor non-infeksi. Sedangkan faktor infeksi misalnya seperti adanya bakteri, jamur ataupun parasit. Jika terjadi keputihan abnormal, maka wanita akan membutuhkan cara mengatasi keputihan yang tepat.

Sebelum mengetahui cara mengatasi keputihan, sebaiknya Anda mengetahui apa bahaya yang mengintai Anda jika keputihan abnormal atau patologis tidak segera diobati. Keputihan patologis jika tidak segera diobati akan menimbulkan terjadinya komplikasi, seperti terjadinya radang panggul yang diakibatkan infeksi yang berasal dari vagina merambat sampai ke atas. Biasanya wanita akan merasakan nyeri di panggul atau perut bagian bawah dan juga demam jika mengalami radang panggul. Wanita juga bisa mengalami infertilitas atau kemandulan sebagai komplikasi karena terjadinya radang panggul. Selain itu bisa terjadi kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.

chat

Cara Mengatasi Keputihan

Cara yang akan dilakukan untuk mengatasi keputihan sebaiknya dipilih berdasarkan penyebab keputihan itu sendiri, berikut penjelasannya:

• Keputihan yang terjadi karena infeksi jamur bisa diatasi dengan antibiotik baik itu oral ataupun dalam bentuk krim. Namun obat antibiotik yang paling sering digunakan akan menyebabkan efek seperti warna urine menjadi lebih gelap, mual, muntah, dan juga timbul rasa tidak nyaman jika menggunakan antibiotik berupa krim. Sama halnya dengan infeksi jamur, keputihan karena infeksi trikomoniasis juga bisa menggunakan antibiotik, dan akan disarankan untuk tidak berhubungan seksual terlebih dulu. Sedangkan keputihan karena infeksi monilia, maka dokter akan menyarankan penggunaan krim vagina, tapi tidak untuk wanita hamil.

• Mengatasi permasalahan keputihan juga bisa dilakukan dengan cara alami, misalnya dengan membasuh atau membersihkan vagina menggunakan air rebusan daun sirih. Namun jangan gunakan cara ini terlalu sering atau dilakukan setiap hari, karena malah akan menimbulkan efek negatif bagi Anda.

• Menjaga kebersihan vagina juga merupakan hal yang sangat penting untuk mengatasi masalah keputihan. Usahakan juga untuk selalu mengganti pakaian dalam secara rutin dan gunakan pakaian dalam yang bisa dengan mudah menyerap keringat.

• Konsumsi makanan sehat setiap hari untuk menjaga nutrisi tubuh dan membuat tubuh terhindar dari infeksi yang dapat menyebabkan keputihan terjadi. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur, buah dan juga yoghurt dalam menu harian Anda.

Sebenarnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka sebaiknya Anda mencegah terjadinya keputihan daripada harus mencari cara mengatasi keputihan yang Anda alami. Untuk mencegah keputihan Anda bisa mulai dengan selalu menjaga kebersihan area kewanitaan dengan membersihkannya secara rutin dan menghindarkan penggunaan cairan pembersih vagina agar keseimbangan pH vagina tetap terjaga. Ketahui pula cara membersihkan area kewanitaan yang benar yaitu mulai dari arah depan ke belakang agar bakteri yang berasal dari anus tidak berpindah ke vagina dan menginfeksi area tersebut.

Mencegah terjadinya keputihan karena infeksi juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Selain itu jaga asupan cairan dan nutrisi untuk tubuh, agar metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Jika gejala keputihan abnormal pernah Anda alami, sebaiknya langsung periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatan yang tepat. Jika memang keputihan terjadi karena ada penyakit tertentu, maka Anda bisa melakukan pengobatan secara lebih dini. Anda juga bisa berkonsultasi terkait keputihan melalui layanan chatting Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan