• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Cara Mencegah Sipilis Agar Tidak Menginfeksi Orang Lain

Cara Mencegah Sipilis Agar Tidak Menginfeksi Orang Lain
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Sipilis menular dari infeksi bakteri yang melewati selaput lendir dari seseorang yang memiliki infeksi. Untuk mengurangi risiko penyebaran atau terinfeksi sipilis maka harus segera mencari cara mencegah sipilis itu sendiri dengan seks yang aman. Infeksinya memiliki 4 tahap, yaitu primer, sekunder, laten dan tersier.

Sipilis dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang atau kematian jika tidak segera mencari cara mencegah sipilis dan tidak segera ditangani secara memadai. Sipilis adalah infeksi bakteri yang menginfeksi penis, tenggorokan atau anus dan kemudian menyebar ke berbagai bagian tubuh melalui aliran darah. Jika sipilis dibiarkan dan tidak ditangani atau tidak mencari cara mencegah sipilis maka dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, tulang, kulit, mata dan otak.

Pengertian Sipilis Pada Umumnya

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang pernah menghancurkan epidemi yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum, yang semakin mengkhawatirkan adalah sipilis meningkat 3 hingga 5 kali lipat risiko penularan dan tertular HIV (Human Immunodeficiency Virus), virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Infeksi sipilis terjadi secara bertahap dengan setiap tahapnya terkait dengan berbagai gejala. Sipilis bergantian antara waktu ketika aktif dan tidak aktif (laten). Pengobatan antibiotik dan cara mencegah sipilis juga dapat menyembuhkan sipilis, mekipun tidak akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh sipilis tahap lanjut.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?

Sipilis disebabkan oleh jenis bakteri Spirochete Bacterium Treponema Pallidum. Yang biasanya memasuki tubuh melalui membran mukosa. Orang yang terinfeksi dapat menularkan penyakit ke orang lain (menular) kapan pun adanya luka atau ruam. Siapapun yang melakukan kontak kulit dengan kulit yang terinfeksi dapat menyembangkan sipilis. Tidak selalu dari hubungan seksual untuk tertular sipilis, namun paparan dapat terjadi akibat kontak dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur orang yang terinfeksi jika adanya sakit.

Baca Juga : Kenali Bakteri Penyebab Raja Singa Dan Cara Penularannya

chat

Tanda Dan Gejala Sipilis

Infeksi awal menyebabkan ulkus di area yang terinfeksi. Bakteri bergerak ke seluruh tubuh dan merusak banyak organ dari waktu ke waktu. Orang yang belum terinfeksi dan tidak segera mencari cara mencegah sipilis atau tidak segera diobati maka dapat menginfeksi orang lain selama 2 tahap pertama yang biasanya berlangsung 1 tahun hingga 2 tahun. Pada tahap lanjut, sipilis yang tidak diobati, meskipun tidak menular namun dapat menyebabkan kelainan jantung yang serius, gangguan mental, kebutaan, masalah neurologis lainnya dan kematian. Tanda dan gejala sipilis meliputi :

• Sipilis Primer

Gejala pertama sipilis primer adalah ulkus yang disebut chancre. Chancre dapat muncul dalam 10 hari hingga 3 bulan setelah terpapar, akan tetapi biasanya muncul dalam 2 minggu hingga 3 minggu. Karena chancre kemungkinan tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat terjadi didalam tubuh, orang yang terinfeksi kemungkinan tidak menyadarinya.

Biasanya ditemukan pada bagian tubuh yang terkena ulkus pasangan yang terinfeksi seperti penis, vulva atau vagina. Chancre juga dapat berkembang di serviks (leher rahim), lidah, bibir atau bagian lain dari tubuh. Jika tidak diobati selama tahap utawa, maka akan meneruskannya ke tahap kronis.

• Sipilis Sekunder

Ruam kulit dengan luka berwarna kecokelatan. Ruam muncul dimana saja dari 3 minggu hingga 6 minggu setelah chancre muncul. Sementara ruam dapat menutupi seluruh tubuh atau hanya muncul di beberapa area, hampir selalu di telapak tangan dan telapak kaki. Karena bakteri aktif muncul di luka, setiap kontak fisik seksual atau non seksual dengan kulit yang rusak dari orang yang terinfeksi dapat menyebarkan infeksi pada tahap ini.

Ruam biasanya sembuh dalam beberapa minggu atau bulan. Tanda dan gejala lain juga dapat terjadi seperti demam ringan, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, rambut rontok dan pembengkakan kelenjar getah bening diseluruh tubuh. Gejala-gejala ini kemungkinan sangat ringan dan seperti chancre sipilis primer akan hilang tanpa pengobatan. Tanda dan gejala sipilis sekunder bisa muncul dan berlanjut selama 1 tahun hingga 2 tahun berikutnya dari penyakit.

• Sipilis Laten

Jika tidak diobati, sipilis kemungkinan akan tumpang tindih mejadi tahap laten selama penyakit tidak lagi menular dan tidak ada gejala yang muncul. Banyak orang yang tidak diobati tidak akan menderita tanda dan gejala penyakit.

• Sipilis Tersier

Sekitar dari orang-orang yang menderita sipilis sekunder terus mengembangkan komplikasi dari sipilis akhir atau tersier, dimana bakteri merusak jantung, mata, otak, sistem saraf, tulang, sendi atau hampir semua bagian lain dari tubuh. Tahap ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun atau bahkan selama beberapa dekade. Sipilis lanjut dapat menyebabkan penyakit mental, kebutaan, masalah neurologis lainnya, penyakit jantung dan kematian.

Diagnosis Untuk Sipilis

Langkah pertama dalam mendiagnosis sipilis adalah dengan mendiskusikan riwayat gejala dan aktifitas seksual dengan dokter dan melakukan pemeriksaan fisik. Diagnosis sipilis biasanya dengan beberapa tes, dan salah satu nya tes darah. Jika adanya luka, dokter dapat memeriksa cairan dari salah satu luka dengan mikroskop untuk melihat adanya bakteri sipilis.

Cara Menangangi Sipilis Dan Cara Mencegah Sipilis

Selama tahap apapun, sipilis dapat diobati dengan antibiotik. Perawatan antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan yang sudah disebabkan oleh sipilis pada tahap laten akhir, akan tetapi dapat mencari cara mencegah sipilis akibat kerusakan lebih lanjut. Setelah pengobatan dan cara mencegah sipilis dilakukan, maka harus melakukan tes darah untuk memastikan pengobatannya.

Setiap pasangan yang memiliki infeksi harus melakukan pemeriksaan, melakukan pengujian dan jika terinfeksi, maka dilakukan pengobatan karena sipilis. Hindari berhubungan seks sampai 2 minggu setelah Anda dan pasangan Anda menyelesaikan pengobatan. Untuk mengurangi risiko penyebaran atau terinfeksi sipilis, cara mencegahnya dengan melakukan seks yang aman, seperti :

• Selalu gunakan kondom.
• Hindari kontak seksual jika memiliki gejala infeksi menular seksual (IMS) atau sedang melakukan pengobatan infeksi menular seksual (IMS).
• Hindari kontak seksual dengan siapa saja yang memiliki gejala infeksi menular seksual (IMS atau yang kemungkinan telah terpapar dengan infeksi menular seksual (IMS).
• Risiko untuk infeksi menular seksual (IMS) meningkat jika memiliki beberapa pasangan seks.
• Pastikan untuk melakukan tes sipilis jika sedang hamil.

Luka terbuka sipilis kemungkinan terlihat dan menular selama tahap aktif infeksi. Setiap kontak dengan luka infeksi dan jarngan terinfeksi lainnya serta cairan tubuh harus dihindari untuk mencegah penyebaran penyakit. Seperti banyaknya penyakit kelamin lainnya, dengan menggunakan kondom  lateks pria dengan benar selama hubungan seksual dapat memberikan perlindungan dari penyakit. Skining dan pengobatan seseorang yang terinfeksi atau pencegahan sekunder adalah salah satu dari beberapa pilihan cara mencegah sipilis. Tes dan pengobatan pada awal kehamilan adalah cara terbaik untuk mencegah sipilis pada bayi dan harus menjadi bagian rutin pengobatan prenatal.

Namun ada tempat pengobatan berikut cara mencegah sipilis yang paling efektif, yaitu di Klinik Utama Gracia. Klinik yang sangat merekomendasi untuk mengobati dan cara-cara mencegah sipilis kambuh kembali. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokternya. Untuk mempermudah Anda, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis kami dibawah ini.

Baca Juga : Selain Melalui Hubungan Seks, Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan