• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Cara Mencegah Keputihan Tanpa Bahan dan Obat Kimia

Cara Mencegah Keputihan Tanpa Bahan dan Obat Kimia
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Sering sekali seorang wanita mengalami keluarnya lendir berwarna putih bening dari kemaluan. Lendir tersebut keluar tidak bersamaan dengan pendarahan haid. Keluarnya lendir berwarna putih bening disebut sebagai keputihan. Keputihan terbagi menjadi dua jenis, keputihan normal dan keputihan abnormal. Bagaimana cara mencegah keputihan yang normal maupun abnormal? Sebelum itu, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kedua hal tersebut.

Hampir seluruh perempuan pernah mengalami keputihan. Keputihan atau dikenal sebagai fluor albus dapat terjadi secara normal dan tidak normal. Bila keputihan terjadi secara normal, maka keputihan tidak perlu ditakuti. Karena hal itu kondisi alamiah yang dilakukan oleh organ reproduksi wanita untuk melindungi dari serangan virus, bakteri, jamur, dan berbagai jenis protozoa yang ada di vagina.

Karena di vagina hidup berbagai jenis bakteri dan jamur jahat. Yang apabila jumlah bakteri dan jamur jahat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan bakteri dan jamur baik akan menyebabkan vagina mengalami infeksi. Infeksi tersebutlah yang menyebabkan munculnya keputihan tidak normal yang sering ditakuti oleh para wanita.

Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal merupakan keputihan yang harus dicegah. Bagaimana cara mencegah keputihan tersebut? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan. Tetapi anda harus mengetahui lebih dahulu, penyebab keputihan tidak normal yang menyerang organ reproduksi anda.

Fluor albus yang tidak normal merupakan hasil dari infeksi jamur, bakteri, protozoa, dan virus yang masuk ke dalam vagina, dan rahim serta masuk ke dalam organ reproduksi wanita lainnya. Wanita yang mengalami kondisi fluor albus secara tidak normal, maka dapat dikatakan bahwa ia sedang memiliki masalah pada organ reproduksi yang dimiliki.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Infeksi Jamur

Jamur yang biasanya menyerang organ vagina dan menyebabkan keputihan yang tidak normal adalah jamur candida albicians. Jamur candida adalah jamur yang dapat hidup dan berkembang biak lebih aktif ketika vagina sedang dalam keadaan lembab, maka hindarilah kondisi vagina lembab.

Infeksi Bakteri

Selain jamur, penyebab keputihan tidak normal selanjutnya adalah infeksi bakteri vaginosis. Bakteri jenis ini akan menyebabkan keputihan dengan cairan yang keluar akan lebih banyak. Cara mencegah keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah dengan menggunakan obat antibakteri baik itu yang alami maupun obat-obat keputihan resep dokter.

chat

Infeksi Trikomoniasis

Trikomoniasis sendiri adalah jenis protozoa yang masuk ke vagina karena tertular dari orang lain, baik itu karena melakukan hubungan seks, maupun dari penggunaan handuk secara berbarengan. Trikomoniasis akan menyebabkan keputihan berwarna kuning, hijau, dan juga menggeluarkan bau yang tidak sedap.

Human Pappilomavirus (HPV)

Virus penyebab keputihan yang sering menyerang adalah human pappilomavirus. Jenis virus ini merupakan virus yang menular. Dalam jangka panjang, jika virus tidak diobati, maka penderita dapat mengalami kanker serviks. Kanker yang menjadi pembunuh nomor dua di Indonesia saat ini.

Cara Mencegah Keputihan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari keputihan. Yaitu dengan melakukan cara-cara berikut ini:

• Selalu menjaga kebersihan kemaluan, dengan selalu mencucinya
• Mencuci bersih vagina, dan anus usai melakukan buang air kecil dan buang air besar
• Hindari penggunaan pembersih kimia untuk organ kewanitaan
• Selalu menggunakan pakaian yang nyaman, terutama pakaian dalam
• Hindari menggunakan pakaian dalam saat kondisi basah, karena akan membuat vagina lembab
• Saat menstruasi, usahakan selalu mengganti pembalut tiga hingga empat kali dalam sehari
• Jangan melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan
• Jangan menggunakan pelumas dari bahan kimia saat ingin berhubungan seks

Cara di atas mungkin bisa anda lakukan untuk mencegah keputihan. Apabila cara mencegah keputihan dengan tips yang telah diberikan tersebut tidaklah berhasil, maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Ginekologi, atau datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan