• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Candida Albicians Adalah Jamur yang Menyerang Saat Imun Lemah

Candida Albicians Adalah Jamur yang Menyerang Saat Imun Lemah
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )

Dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis jamur. Jamur yang sering menyerang tubuh manusia adalah candida albicians. Jamur candida sangat sering menyerang, baik itu menyerang mulut, vagina, dan kulit. Candida albicians adalah jamur yang paling sering menyebabkan infeksi pada tubuh manusia.

Jamur akan terus menyerang ketika sistem imum tubuh semakin melemah. Sehingga sangat sering infeksi dan perkembangan candida albicians adalah ketika penderitanya sedang mengalami penurunan sistem imun. Ketika sistem imun lemah, maka dapat dengan mudah terinfeksi berbagai jenis penyakit.

Siapa yang Beresiko?

Seperti yang dijelaskan diatas sedikit bahwa jamur candida akan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah seperti bayi, anak-anak, pasien ICU, dan pasien yang usai melakukan operasi. Termasuk pasien yang memiliki penyakit kronis seperti HIV/AIDS, leukemia, dan diabetes. Termasuk jika anda sedang mengkonsumsi obat-obat yang mempengaruhi kekebalan tubuh, maka dapat memperparah infeksi.

Gejala Candida Albicians Adalah?

Gejala yang ditimbulkan dari candida albicians akan berbeda-beda tergantung dimana albicians itu menyerang. Berikut beberapa gejala Candida yang sering muncul dilihat dari bagian tubuh apa yang diserang oleh jamur tersebut.

Candida Albicians Menyerang Mulut

Ketika candida albicians menyerang mulut hal ini sering disebut dengan candidiasis oral. Biasanya candida yang menyerang mulut sangat jarang menyerang orang dewasa yang sehat. Namun lebih sering menyerang pada bayi, orang lanjut usia, pasien kemoterapi, dan pasien yang memiliki metabolisme tubuh yang lemah.

Gejala pada mulut biasanya akan muncul seperti timbulnya bercak putih pada rongga mulut ataupun pada lidah, mukosa mulut akan terlihat kemerahan, dan anda akan mengalami nyeri tenggorokan serta anda akan mengalami masalah saat menelan.

chat

Vagina Candidiasis

Jamur candidiasis yang menyerang organ kelamin lebih sering terjadi pada wanita. Jamur candidiasis sangat jarang menyerang pria. Pada wanita biasanya akan menyebabkan vagina terasa gatal, mulut vagina memerah, dan rasa nyeri. Selain itu jamur candida juga akan menyebabkan keputihan berwarna kuning seperti keju dan menggumpal.

Sedangkan pada pria, candida biasanya akan menyebabkan kemerahan pada penis, gatal, rasa panas seperti terbakar ketika buang air kecil, serta akan menyebabkan bau yang tidak sedap pada penis anda. Infeksi jamur yang terjadi akibat jamur candida albicians merupakan penyakit yang menular.

Candida albicians adalah jamur yang sangat menganggu aktivitas harian mu. Sehingga anda selalu ingin mengobati kondisi tersebut agar kembali dalam kondisi normal kembali tanpa adanya jamur. Sebaiknya anda harus segera melakukan pengobatan ketika anda sudah menunjukan gejala-gejala terserang candida albicians.

Pengobatan

Pengobatan dari infeksi jamur candida tentunya berbeda-beda setiap orang. Pengobatan dilakukan sesuai pada tingkat keparahan yang telah terjadi pada si penderitanya. Namun biasanya dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat-obatan antijamur. Obat-obatan ini dapat mudah ditemukan di setiap apotek. Anda bisa membelinya secara bebas.

Namun apabila kondisi infeksi jamur candida pada tubuh cukup parah, maka anda tidak bisa sembarangan dalam mengkonsumsi obat tersebut. Anda diharuskan mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan dosis dan resep yang diberikan oleh dokter.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Apabila jamur candida menyerang organ mulut anda, maka hal yang harus anda lakukan untuk selalu menjaga kebersihan mulut anda. Sementara itu, untuk menghindari jamur candida albicians disekitar kelamin, maka selalu menggunakan pakaian yang nyaman, tidak melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan